4 Gizi Penting Selama Hamil

1
2178
sayur dan buah / nuga.co
sayur dan buah / nuga.co
sayur dan buah / nuga.co

Wanita hamil membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Sebab ketika ia hamil, bukan dirinya saja yang membutuhkan nutrisi melainkan juga janin di dalam kandungannya.

Ada empat gizi penting yang dibutuhkan oleh wanita hamil sebagaimana dijelaskan dr Abu Hana el Firdan dan dr Ummu Hana el Firdan dalam buku Konsultasi Kehamilan. Berikut ringkasannya:

Asam Folat (Vitamin B9)

Wanita hamil membutuhkan vitamin B9 600 mikrogram. Asam folat terutama dibutuhkan selama trimester pertama kehamilan. Asam folat ini bisa ditemukan pada sayuran daun hijau, sayuran berwarna kuning gelap, brokoli, kacang merah, kacang tanah, alpukat, telur dan hati.

Zat Besi

Wanita hamil membutuhkan 30-60 miligramzat besi (Fe). Zat besi bisa didapatkan dalam daging merah, daging ayam tanpa kulit dan lemak, ikan, hati dan bayam. Kekurangan zat besi menyebabkan tubuh lemah karena janin akan mengambil zat besik yang dibutuhkannya dari tubuh sang ibu. Zat besi lebih mudah dicerna jika disertai dengan mengkonsumsi vitamin C seperti jeruk, anggur dan strawberi.

Kalsium

Wanita hamil membutuhkan 1000 miligram kalsium. Kalsium bisa didapatkan pada susu, keju dan yoghurt. Bisa pula ditemukan pada ikan asin serta susu kedelai.

Vitamin D

Wanita hamil membutuhkan 5 miligram vitamin D. Vitamin D bisa didapatkan pada kuning telur, sarden, salmon, tuna dan makarel. Vitamin D bisa pula didapatkan dari sinar matahari sebelum jam 10 pagi.

Selain empat gizi di atas, wanita hamil disarankan banyak minum air putih. Yakni sekitar 8 hingga 10 gelas per hari. Banyak minum membantu pencernaan. Sebaliknya, kekurangan cairan menyebabkan tubuh lelah dan lemah. [Keluargacinta.com]

1 COMMENT

  1. Assalamu’allaikum…

    Terima kasih telah menyajikan banyak artikel yang bermanfaat terutama yg berhubungan langsung dg islam dan anjuran Nabi Muhammad SAW.
    Kebetulan sekali saya sedang mengandung anak pertama, banyak sekali yg saya pelajari mulai dari kehamilan, cara mendidik anak dan tak lupa juga tentang rumah tangga.

    Saya sering dengar mitos orang bahwa ketika kita hamil kita dilarang membunuh hewan / membersihkan ikan yg sudah mati untuk kita masak.
    Sedang saya sebagai perempuan pasti galau apalagi saya tidak ada pembantu dirumah, sedang tuntutan kita adalah memasakan hidangan sehari – hari untuk suami dan utk saya makan.
    jadilah mau tidak mau kita pasti akan membersihkan ikan sebelum dimasak.

    saya ingin bertanya apakah mitos tsb dalam islam disampaikan juga atau mungkin ada anjuran dari Nabi Muhammad SAW tentang hal ini ?

    Saya sangat berharap sda/sdi dapat membantu saya menemukan jawaban tsb. Trims

    Assalamu’allaikum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here