6 Kalimat Suami yang Paling Disukai Istri (Bagian 2)

1
Ilustrasi / annamir photography

Kita telah membahas tiga kalimat yang paling disukai istri pada bagian pertama artikel ini. (Baca: 6 Kalimat Suami yang Paling Disukai Istri). Yakni kalimat cinta, kalimat pujian, dan kalimat rindu. Berikut ini pembahasan tiga kalimat berikutnya.

Kalimat Syukur

Dalam bahasa hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad, man lam yaskur linnas lam yaskur lillah. Siapa yang tidak bersyukur kepada manusia, berarti tidak bersyukur kepada Allah.

Bersyukur kepada manusia artinya adalah berterima kasih atas kebaikannya. Dalam hadits yang dishahihkan Al Albani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ

“Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih pada manusia.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Dibandingkan manusia lainnya di dunia ini -selain orang tu siapakah yang lebih banyak kebaikannya dibanding istri? Lalu sudahkah kita berterima kasih kepada istri kita?

Ketika mendapatkan ucapan terima kasih ini, istri pasti senang. Sebab kebaikannya dihargai. Sebaliknya, jika suami tidak pernah berterima kasih kepada istri, bisa jadi istri merasa kebaikan-kebaikannya tidak dianggap. Semakin sering seorang suami mengucapkan terima kasih atas setiap kebaikan istri, sesungguhnya ia menyemai cinta di dalam jiwanya. Semakin lama semakin kokoh cinta mereka berdua.

Kalimat Doa

Doa umumnya dibaca secara sirri, secara rahasia. Dan memang itu bagian dari adab berdoa. Tetapi, suatu saat doa juga perlu dibaca secara jahr. Banyaknya doa ulama dan munajat para sahabat yang sampai kepada kita membuktikan bahwa mereka pernah juga mengeraskan doanya.

Suami istri wajib saling mendoakan. Tetapi doa dalam diam tidaklah diketahui oleh pasangan dan kesannya akan berbeda dengan doa yang didengar oleh pasangan hidupnya. Ada ketentraman, ada rasa haru saat mendengar doa itu.

Di tengah kehidupan yang hedonis dan serba materialis seperti saat ini, mendengar namanya disebut dalam doa-doa dapat menghadirkan suasana spiritual yang kental. Ketulusan cinta akan terasa, kedamaian bersemayam dalam jiwa.

Kalimat Nasehat

Dalam Serial Cinta, Anis Matta menjelaskan bahwa cinta bukan hanya menerima apa adanya tetapi juga melakukan tindakan nyata untuk membantu sang kekasih bertumbuh dan berkembang menjadi lebih baik. Anis Matta menyebut proses ini sebagai penumbuhan.

Nasehat adalah bagian dari kerja penumbuhan. Melalui nasehat, seorang suami meluruskan hal yang bengkok dari istrinya. Melalui nasehat, seorang suami membantu istrinya menjadi lebih baik. Melalui nasehat, seorang suami memerankan fungsinya sebagai imam keluarga.

Ustadz Kusno Hadi pernah menceritakan, seorang wanita yang berkonsultasi kepadanya mengeluh karena selama ini ia tidak pernah dinasehati oleh suaminya. Hingga ia bertindak begitu jauh. Ia ingin sekiranya suami menasehatinya sekalipun hanya dengan berkata “tidak” atau “jangan.” Tetapi selama ini ia dibiarkan dan hanya mengatakan “ya” untuk setiap permintaannya.

Nasehat juga menjadi indikator apakah seorang suami tergolong dayyuts atau tidak. Jika istri melakukan kesalahan –bahkan kemaksiatan- tetapi suami hanya berdiam diri tanpa menasehati, bisa jadi ia memang tidak punya cemburu. Dayyuts, dalam bahasa Nabi.

Dan betapa ngeri hukuman untuk lelaki dayyuts. Ia tidak dapat mencium bau surga. Bukan hanya tak bisa masuk surga, tetapi bahkan tak bisa mencium baunya. Na’udzu billah.

ثَلَاثَةٌ لَا يَنْظُرُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: الْعَاقُّ لِوَالِدَيْهِ، وَالْمَرْأَةُ الْمُتَرَجِّلَةُ، وَالدَّيُّوثُ

“Ada tiga orang yang tidak akan dilihat Allah pada hari kiamat: orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, wanita yang meniru gaya laki-laki, dan dayuts.” (HR. An Nasa’i dan Ahmad)

Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/keluargacinta.com]

Berita sebelumya6 Kalimat Suami yang Paling Disukai Istri
Berita berikutnyaMenikahlah, Meski Sekali Seumur Hidup
CEO BedaMedia Grup, Inspirator di Trustco Gresik, Sekretaris Yayasan (Pendidikan) Al Ummah

1 KOMENTAR

Comments are closed.