Inilah yang Mengubahku dari Anti-Poligami Jadi Pro-Poligami

344
216766

Waktu itu usiaku masih 20-an tahun. Setiap kali mendengar ada lelaki yang menikah lagi, aku mendoakan kecelakaan atasnya.

“Seandainya aku yang jadi istri pertama, aku akan melemparnya sebagaimana ia telah melemparku,” demikian komentarku yang kemudian menimbulkan perdebatan dengan saudara dan pamanku. Keduanya berusaha memahamkan bahwa poligami dibolehkan dalam Islam. Tetapi aku menjawab culas: “Mustahil aku bersama perempuan lain dalam memiliki suami!”

Tak cukup beromentar dan mendoakan, terkadang aku juga memprovokasi seorang wanita karena dia akan dimadu. Aku bakar semangat perlawanannya hingga kemarahannya tersulut dan akhirnya memberontak pada suami.

Di tengah kebanggaan akan pendirian itu, waktu terus berjalan. Tahun demi tahun berganti sementara aku menunggu seorang pemuda impian melamarku. Lama-lama aku merasakan penantian panjang yang kian menyesakkan dada. Usiaku hampir 30 tahun tapi tak kunjung ada lamaran yang datang.

30 tahun terlewati sudah sejak aku dilahirkan. Ya Salam… haruskah aku mencari suami sendiri? Tidak! Aku tidak mau disebut perempuan tak tahu malu. Yang bisa kulakukan hanya sebatas meminta keluargaku mencarikan calon suami.

Satu hari saat melewati kerumunan orang, tanpa sengaja aku mendengar mereka mengobrol. “Kasihan ya Fulanah kini menjadi perawan tua…” Ya Allah… bukankah itu namaku. Jadi mereka membicarakan aku dan menyebut aku perawan tua. Aku hanya bisa mempercepat langkah. Aku tidak ingin air mata ini tumpah sebelum tiba di rumah. Usiaku kini memang sudah kepala tiga, tapi hari itu aku baru mendengar bahwa aku telah disebut sebagai perawan tua.

“Dik, tadi ada seorang laki-laki yang datang menanyakanmu. Ia ingin melamarmu,” kata kakakku beberapa waktu setelah berlalu peristiwa itu. Aku sangat senang mendengarnya, akhirnya jodohku akan tiba juga.
“Tapi aku menolaknya…” kalimat lanjutan itu bagai petir di siang hari.
“Mengapa kakak menolaknya?” tanyaku terbawa emosi. Perasaanku saat itu tak kalah parah dari seseorang yang mencari untanya yang hilang di tengah padang pasir, tetapi begitu ditemukan, unta tersebut lari lagi.
“Sebab ia melamarmu untuk menjadi istri kedua. Tentu saja aku menolaknya karena aku tahu engkau anti-poligami”

Ya Allah… ingin rasanya aku menjerit. Aku sudah berubah sejak disebut perawan tua. Kini aku rela menjadi istri kedua, ketiga ataupun keempat. Aku pun rela seandainya aku dinikahi lalu suamiku menikah lagi.

Aku kini sadar bahwa yang paling dibutuhkan oleh wanita sepertiku adalah seorang suami. Aku tidak ingin hidup sendiri. Aku ingin memiliki imam. Aku ingin bisa berbagi suka dan duka. Terlalu berat hidup ini tanpa suami yang menemani.

Aku kini sadar mengapa Islam membolehkan –bahkan menurut sebagian ulama menganjurkan- poligami. Di Saudi ini, jumlah wanitanya lebih banyak daripada jumlah laki-laki. Jika laki-laki dilarang poligami, berarti saat ini banyak wanita sepertiku.

Karenanya melalui majalah ini kutulis seruanku, “Wahai para lelaki muslim, berpoligamilah dua, tiga atau empat. Asalkan engkau dapat berlaku adil sebagaimana firman Allah dalam surat An Nisa’ ayat 3.”

“Wahai para muslimah… bersyukurlah kalian yang telah menikah. Dan meskipun berat, ijinkanlah suami kalian berpoligami. Untuk menyelamatkan kami agar tidak menjadi perawan tua selamanya. Juga untuk menyelamatkan janda-janda. Yang semakin lama, semakin sulit bagi mereka hidup sendiri. Jika kau mau berbagi, insya Allah pahala besar menanti.” [Keluargacinta.com/Disarikan dari Majalah Al Usrah edisi 10]

SHARE
Previous articleKisah Cinta Hasan Al Banna, Bermula dari Tilawah Lathifah
Next articleWahai Para Istri, Jangan Pernah Lakukan Ini kepada Suamimu

344 COMMENTS

      • Kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan KI ANGEN JALLO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi KI ANGEN JALLO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan KI ANGEN JALLO meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan KI ANGEN JALLO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik KI ANGEN JALLO sekali lagi makasih yaa KI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja KI ANGEN JALLO DI 0 8 5-2 8 3-7 9 0-4 4 4 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW

    • Sesungguhnya itu semua amat lah benar! Jk diurutkan utk menghabiskan rata semua prempuan di muka bumi ini para pria hrs lah menikahi 4-5 perempuan di bumi ini barulah para perempuan di bumi ini habis dan itu survey di 2012 nmn skrg mgkn lah lbh dr prediksi yg diatas td.

      • Mati.rizki.jodoh.udah ditentukan oleh ALLAH.jadi kita2 ini bisa apa sih.kolo udah di gariskan ALLAH..mau istri 1-2-3-4 bukan urusan kita2.SEPENUHX HAK ALLAH..

    • ada. teman ku sendiri (cewek) pernah berucap “ikhlas untuk dipoligami”, karena kakak perempuannya sendiri sudah tua dan belum juga ada yang melamar. padahal wajah kakaknya biasa saja (7 lah kalo dinilai). disinilah temanku merasakan derita kakaknya tsb

    • tidak ada wanita yang rela di madu, untuk itulah Allah menjanjikan surga bagi wanita yg ikhlas memberi ijin suaminya
      poligami

      • Dimadu artinya disandingkan dengan yang lebih cantik, diracun artinya disandingkan dengan yang kurang cantik. Maunya diberi kekuasaan harta jadi majikan suami…

      • Gak ada manusia biasa yang bisa adil.. hanya alloh yang bisa adil.. ayat itu diturunkan bukan sebagai perintah.. tp larangan untuk kita agar jgan sok adil.. kita bukan nabi yang bisa adil jg.. poligami pasti bukan cari ridho, pasti fisik emata, contoh aa gym. Wanitanya jg pasti harta semata. Hidup terjamin.. takut klo bsok g makan.. istri 2 pasti g tw sakitnya ostri pertama. Jd ya fine aja.. istri kedua sok baik di awal, kejam di perpanjang jlanan.

        • Ayat itu sifatnya memang bukan perintah, tapi memperbolehkan, asal berusaha maksimal supaya adil! Makanya selain ayat Quran baca hadits untuk penjelasan, ada tuh contoh doa dari Rasulullah untuk suami berpoligami AGAR ALLAH SWT RIDHO DENGAN USAHA SUAMI BERPOLIGAMI YANG SUDAH BERUSAHA ADIL SECARA MAKSIMAL!
          Dasar ente bego!

          Istri kedua sok baik di awal??? Memang semua nya begitu?? Kalau anda pakai standar sifat istri, maka bahkan DALAM MONOGAMI PUN ADA KASUS ISTRI YANG BERZINA! Bego banget luuuuuuu!

          • Ngatain orang bego?
            “Bukanlah seorang mukmin orang yang suka mencela, orang yang gemar melaknat, orang yang suka berbuat/ berkata-kata keji dan orang yang berkata-kata kotor/ jorok”. [HR at-Turmudziy: 1977, al-Bukhoriy di dalam al-Adab al-Mufrad: 312, Ahmad: I/ 404-405 dan al-Hakim. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].

      • Mohon diterangkan Surat apa dan ayat berapa dlm Alquran yg mytkan Allah menjanjikan Surga bagi perempuan yg mau dimadu???….

        Atau Dalam hadist mana dan nomor berapa, yg menyatakan bahwa Allah menjajikan surga bagi perempuan yg mau di madu?

      • Saya tidak tahu kalau ada jaminan tersebut. Setahu saya istri itu bisa masuk surga dengan 3 hal:
        Dirikan shalat wajib
        Puasa ramadhan
        Ridho suami

        Nah dalam konteks poligami, kalau suami ingin berpoligami, dan si istri meskipun berat, tetap mengizinkan dan mendukung serta berusaha sekuatnya ikhlas, bukankah ini akan membuat suami terhadapnya?
        Bagaimana suami mau ridho terhadap istri (dalam hati, kalau mulut sih mungkin akan bilang ridho) kalau hanya bisa menahan keinginan berpoligami karena istri tidak pernah merestui???
        Ayooo yang merasa TUNJUK TANGAN!!!

    • gak ada !! kalaupun ada yang dipoligami, pasti gak ada yang ikhlas 100%. yang ada hanya pasrah dan berusaha menerima. bukan ikhlas. terlalu menyakitkan.

      • heheehee,, itulah wanita sulit baginya untuk ikhlas dlm mslh spt itu (DIPOLIGAMI), smg yg blm berpoligami tdk usah aja drpd tambah masalah, bagi yg sdh terlanjur ya gpp, gitu aja kok repoott….setujuuhh

        • iya setujuuhh, dg mas johar, smg para lelaki yg blm berpoligami jangan smp berpoligami, aamiin, kasihan istri pertamanya….pasti sakit hatinya

    • Perempuan mn yg rela di poligami….nmun ada bxk hal sehingga perempuan harus rela. Bukankah berbagi itu indah.

      • Wanita yg lebih mikirin suaminya dari pada mikirin Allah swt. Adalah wanita yg gak mau di poligami.

        Kalau para wanita itu lebih memikirkan dan mengutamakan Allah swt. Saya rasa mereka akan ikhlas karena Allah swt.

  1. Manusia bisa adil ga? Adil bukan segi materi aja tp lahir batin juga..pikirkan itu syarat mutlaknya..klo ga bs memenuhi syarat itu brarti gugur n ga berhak poligami..
    Jgn cm krna alasan prawan tua atw janda jd seenaknya ngambil ksimpulan bolehnya poligami untuk mnyelamatkan hidup mereka..kisah modus..

    • Yg d maksud adil adalah secara lahir,bukan batin (cinta atau kasih sayang). yg d maksud adily adalah maslah nafkah,pembagian waktu dll yg tlihat scara kasat mata. Karen cinta kasih sayang tdk akan bs dbagi secara adil..

    • Klo bleh sya mnambahkan
      Allah berfirman :ولن تستطيعوا ان تعدلوا بين النساء ولو حرصتم فلا تميلوا كل الميل فتذوها كالمعلقة و ان تصلحوا وتتقوا فإن الله كان غفورا رحيما
      Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

      Dlm ayat d atas allah sudah mnyatakan bhwa mnusia tdk akn prnh bsa adil d antara istri2 nya wlaupun dia berusaha keras..
      Dri ayat itu ulama brpndpt bhwa yg d larang adlh sikap condong suami kpd slah stu istri tnpa mnghiraukn istri yg lain nya

    • ya cemburu itu pasti ada, bhkan untuk manusia seadil Rosulullah صلى الله عليه وسلم.
      justru karena suaminya adalah manusia terbaik, maka cinta istri” beliau pun semakin mencintainya dan selalu ingin bersamanya.
      banyak sekali hadist yang meriwayatkan istri Rosulullah صلى الله عليه وسلم cemburu satu sama lain, atau hadist yang meriwayatkan tentang istri beliau yang protes/menegur tentang sikap beliau yang (menurut mereka) kurang adil.

      memang gak ada satu pun umat Rosulullah صلى الله عليه وسلم yg bisa seadil beliau, tp itu g bs djadikan alasan untuk melarang apa yang baik.
      sahabat” dulu juga beristri banyak meskipun gak bs seadil Rosulullah صلى الله عليه وسلم.

    • Adil itu kan sesuai kebutuhan masing2….adil disini bukan istri a d nafkahi 1jt perbulan brarti istri b jg 1jt perbulan.
      tp adil disini adalah sesuai kebutuhan…misal istri a anak nya 2 istri b anaknya 1 ya nafkahnya yg sesuai…jgn sampai ana anak istri yg kebutuhan nya tdk terpenuhi… begitupun nafkah bathin nya harus sesuai…

        • Betul betul betul, Jonah. Sudah 2 tahun 7 bulan 18 hari aku dipoligami dan selama itu pula aku nggak merasakan keadilan, baik dalam pembagian waktu maupun uang belanja.

          • itu suamimu saja yang zhalim. jangan salahin poligaminya. kalau ada biker yang tidak masang tali helm terus ngebut, helmnya terbang dan hantam kepala orang lain sampai benjol, apa yang salah aturan wajib helm???
            Mikir!

        • Dasar korban pemikiran liberal LOL. Atau malah antek?
          Anyway, ini peringatan saja. Kalau anda Muslim, jangan bicara tanpa ilmu. Neraka menanti.
          Kalau anda non Muslim, shut up!

    • Berbuat adil itu memang harus, tapi yg namanya manusia itu hanya berusaha adil. Berusaha semaksimal mungkin untuk berbuat adil.

      Dan yg pasti berbuat ADIL itu hanya Allah swt,

      Buat para wanita, IKHLAS adalah kuncinya.

  2. yakinlah apapun yang difirmankan Alloh itu sesuai dengan fitroh manusia, orang yang menolak poligami adalah orang yang merendahkan martabat manusia

  3. hari gini laki-laki mikir poligami dgn alasan sunah Rasul. padahal intinya cuma nafsu birahi. cari istri kedua & seterusnya pasti yg lbh muda dan kaya. gak mungkin mau nikahin janda tua & tak berpenghasilan.

    • Lho jangan salah mas hend, itu contoh nya A.A Gym, H.Rhoma Irama, Syekh Puji dkk semua melakukan atas dasar sunah Rasul kan heheheheee…… oalaaah enaknya lelaki kaya raya itu

    • TIDAK ADA kewajiban dalam Islam bahwa poligami harus dengan janda tua miskin. Tentunya alangkah baiknya jika dilakukan, tapi BUKAN KEWAJIBAN. Ini peringatan bagi yang Muslim dan Muslimah (yang Kafir ke laut aja sana), jangan terlampau membenci syariat poligami, bisa membahayakan akidah anda.
      Mana yang lebih baik? Seorang suami yang tiap gajian berzina dengan pelacur dan kemudian menularkan HIV, atau herpes, atau kutu vagina ke istrinya atau suami yang menggauli istri mudanya yang sah, halal, dan bebas STD?
      MIKIR!

  4. cerita ini boleh jadi kisah nyata. tp makna dari cara penyampaian kisah ini tidak berimbang. bisa bikin sesat ini!!!! saya pria! seharusnya kamu penulis bisa buat cerita yang gak berat sebelah! yang bacanya juga begok kasih comment yang mendukung! poligami memang halal tp pikir dua kali kalo mau poligami yang cowok! yang cwek juga jng mudah mendukung!! lu usia muda mau diperistri sama pria yang sudah beristri?? gk mau kan!! yang nulisnya goblok!!

    • Nauzubillahimindzalik, katanya2 duuuh, sungguh indah nan permai. Nggak bisa lebih halus lagi om? Berkomentarlah dengan sopan, kalau seperti itu komentarnya, yg ada anda sendiri malah lebih “itu” daripada penulisnya sendiri. Bukannya saya mendukung postingan ini, karena saya sendiri tidak terlalu yakin dengan kebenaran dan keaslian cerita ini, tp yg namanya tidak sopan, ya tetap tidak sopan.
      Dan kalau berkomentar sungguh jauh lebih baik jika disertakan dalil/dasar hukumnya, anda bilang “lu usia muda mau diperistri sama pria yg sudah beristri?”. Lha memang kenapa? apanya yang salah. Bahkan itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan poligami, itu hanya pendapat anda sendiri yg tidak punya dasar hukum serta dalilnya. Wallahua’lam bishoowaab

    • Nyantai aja bos, koment nya ……ucapan mencerminkan kondisi hati dan tingkatan ilmu yg dimiliki. Yg ujung-ujungnya menentukan kamu kelak mati dalam kondisi apa.

    • Bener begok..emang klo itu nyata bnran cwe mau gak dipoligami ama abang becak?klo mau sono gih banyak..plng nyari yg kaya aja..mana ada wanita yg mau dimadu.mana ada istri yg rela suaminya ngobok2 cwe lain

      Aah payah bilang aja gak becus cari yg single..

    • betul. kalo menurut gw, ini sih bukan hidayah. tapi terpaksa menerima lamaran pria beristri karena perawan tua. padahal keputusan menikah bukan seperti itu.
      aah gtw deh, cara berpikir cewek si fulanah ini. entah menikah krn ibadah ato krn perawan tua hny dia yg tau. pastinya dia mencari pembenaran diri.

    • HIDUP, MATI, JODOH, RIZKI… adalah rahasia Sang Pencipta… Takdir Manusia Sudah Digariskan sebelum dia diLahirkan…
      Laki-laki yg diberi Istri adalah Takdir dan KaruniaNya… Demikian Pula Wanita yg diPoligami,
      Tiada satupun Manusia yg Bisa Menolak TakdirNya, seperti halnya Manusia yg Tak Bisa Menghindari KEMATIANnya…

    • Hussshhhh… bikin sesat kepalamu, gak ada sesatnya kisah ini, komentar anda justru bikin panas kaum pria dan wanita… sngatt feminim sekali komentar anda tuh, jangan2 anda ini sbtulnya perempuan ya?

        • Njing?
          “Bukanlah seorang mukmin orang yang suka mencela, orang yang gemar melaknat, orang yang suka berbuat/ berkata-kata keji dan orang yang berkata-kata kotor/ jorok”. [HR at-Turmudziy: 1977, al-Bukhoriy di dalam al-Adab al-Mufrad: 312, Ahmad: I/ 404-405 dan al-Hakim. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].

          • Ini saya quote kata2 si jonah :

            Ya iyalah, mana mungkin boleh Poliandri, wanita itu manusia kelas 2 setelah pria dalam Islam, mau cerai aja harus ada saksi sampe 3 orang, kalau pria? Cukup talak 3x sudah selesai.

            Baru tau ajaran bingung.

            Sekedar istilah “njing” saja ente ribut, tuh dia sudah ngehina Islam (disebutnya ajaran bingung). Kalau ente mau bela si penghina Islam silakan aja dosa tanggung sendiri ya…

  5. Nabi Muhammad menikah lagi ketika istri pertamanya sudah meninggal, apakah yg melakukan poligami mengikuti Nabi Muhammad?

    Nabi Muhammad melakukan poligami setelah istri pertama meninggal, tetapi yang dinikahi adalah janda-janda sahabat Nabi Muhammad, apakah yang melakukan poligami mengikuti Nabi Muhammad? #tanyakenapa

    • Apa yang dilakukan Rasulullah dalam poligami adalah kemuliaan Nabi, dan TIDAK ADA KEWAJIBAN bagi umat beliau harus berpoligami dengan janda tua! Tentunya alangkah mulianya jika harus dilakukan, tapi sebenarnya Rasulullah ada malah menganjurkan pria untuk menikahi gadis yang notabene cantik (relatif)! Lagipula kalau dengan alasan poligami harus tok mengikuti Rasulullah, kenapa para muslim tidak boleh beristri lebih dari 4??! Mikir ente!

  6. Memang benar berpoligami diperbolehkan dlm islam “Wahai para lelaki muslim, berpoligamilah dua, tiga atau empat. Asalkan engkau dapat berlaku adil sebagaimana firman Allah dalam surat An Nisa’ ayat 3.”
    Pastinya akan ada pria betistri yg mau menikahi wanita yg masih perawan walau sdh berumur atau menikahi janda yg layak menurut pandangan pria beristri untuk dinikahi namun apakah pria beristri mau menikahi janda yg kurang beruntung dan memiliki tanggungan banyak anak, dengan alasan yg sama “Sunah Rosul karena Allah SWT” dan memberikan nafkah lahir batin (maaf2 dalam berhuhungan badan juga) semua harus seadil2nya, apakah fulanah akan berfikir yg sama juga dan mau dimadu jika posisi anda menjadi istri pertama yg menikah sesuai dengan harapan anda sebelum usia 30?
    Bisa aja modusnya……

    • Mau modus atau apalah, biar dehh… toh kelak akn dibangkitkan sesuai dengat niatnya masing2… kita jauhin wilayah abu2, karena niat yg sebetulnya hanya Allah SWT yg tau, dan yg mau berpoligami dan dipoligami, silahkan. Yg gak mau juga silahkan. Gak usah diributin.

      • Ngatain orang goblok?
        “Bukanlah seorang mukmin orang yang suka mencela, orang yang gemar melaknat, orang yang suka berbuat/ berkata-kata keji dan orang yang berkata-kata kotor/ jorok”. [HR at-Turmudziy: 1977, al-Bukhoriy di dalam al-Adab al-Mufrad: 312, Ahmad: I/ 404-405 dan al-Hakim. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].

  7. hadist dan alquran sudah sangaaaaaatt jelas sekali mengatur poligami dan sangat2 sah alias di perbolehkan sesuai ketetapan…kadar keimanan orang itu berbeda-beda…rukun iman salah satunnya ya iman kepada kitab alquran , kalo masih ada yang membenci/ sangat anti poligami artinya masih belum percaya sama isi alquran…. ga usah di kaitkan ada modus kek, nafsu kek…atau apalah….kalo masih mikir begituan itu mah paham orang kafiiiiirrr., orang kafir itu tempattnya neraka jahannam……..alquran sudah jelas jelas firman yang di buat oleh gusti allah swt…..menurut anda “anti poligami ” emang alquran iitu buatan embah-mu ,,,..? getu aja kok repoooottt….

    • Al qur’an membolehkan tapi jaman Sekarang laki2 poligami Dengan wanita MUDa cantik Bohay Seksi.. Coba Nikah samA janda Tua banyak anak.. Maaau ga? Aa gym aja Nikah samA janda cantik dan udah bekerjA pula..

      • Memang ada kewajiban dalam Islam menikahi janda tua banyak anak? Kalau ente bahlul tidak usah banyak omong!
        Katakanlah ada suami menikah lagi dengan janda tua peot miskin sbg istri kedua, anda setuju?! Tapi kalau dia mau ambil janda cantik muda sbd istri ketiga, anda langsung tidak setuju?! Bahlul ente!

        • Ngatain orang bahlul?
          “Bukanlah seorang mukmin orang yang suka mencela, orang yang gemar melaknat, orang yang suka berbuat/ berkata-kata keji dan orang yang berkata-kata kotor/ jorok”. [HR at-Turmudziy: 1977, al-Bukhoriy di dalam al-Adab al-Mufrad: 312, Ahmad: I/ 404-405 dan al-Hakim. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].

    • mas agoes iya Al-Qur’an sudah sangat jelas mengatur, yg ga jelas tuh manusia yg ngejalaninnya, ga ada yg keliatan sesuai Al-Qur’an hadist, modus bawa bawa ayat Al-Qur’an

  8. haduuuuh… padahal rasulullah sudah pernah mengatakan bahwa salah satu tanda kiamat itu wanita lebih banyak dr laki2, nah skrg pake logika dong..
    bayangkan aja misal laki2 banding wanita 1:2 aja… kita pake paham anti poligami…dgn jumlah penduduk indonesia 200jt jiwa.. mau ente kemanakan wanita2 shaleha sebanyak 100jt jiwa lg…
    “pikiiiir”.. makanya yg anti polygami mending belajar agama lagi dh… “Allah lebih tau apa yg tdk ketahui.. Dia menciptakan segala sesuatu sesuai dengan takarannya”

    • Orang bodoh komentar ya begini, apa hubungannya jumlah wanita banyak terus ente bisa kawinin wanita sebanyak-banyaknya? Emang ketololan ga ada batasnya.

      • Benar ketololan lu emang nggak ada batasnya. Dalam Islam poligami itu haram jika lebih dari empat. Sudah diam sana dan makan tai njing!

        • Makan tai anjing juga haram, situ nyuruh orang makan yang haram?

          “Bukanlah seorang mukmin orang yang suka mencela, orang yang gemar melaknat, orang yang suka berbuat/ berkata-kata keji dan orang yang berkata-kata kotor/ jorok”. [HR at-Turmudziy: 1977, al-Bukhoriy di dalam al-Adab al-Mufrad: 312, Ahmad: I/ 404-405 dan al-Hakim. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].

    • dalam urusan hatipun ternyata rasulullah SAW juga belum benar2 bisa berlaku adil….beliau mencintai Khadijah melebihi cinta beliau kepada istri2 yg lain…

      sampai aisyah sendiri sering dibuat cemburu karena beliau sering membangga2kan Khadijah di depan Aisyah

      Aisyah radhiallahu ‘anhaa bertutur:

      كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا ذَكَرَ خَدِيجَةَ أَثْنَى عَلَيْهَا فَأَحْسَنَ الثَّنَاءَ قَالَتْ فَغِرْتُ يَوْمًا فَقُلْتُ مَا أَكْثَرَ مَا تَذْكُرُهَا حَمْرَاءَ الشِّدْقِ قَدْ أَبْدَلَكَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ بِهَا خَيْرًا مِنْهَا قَالَ مَا أَبْدَلَنِي اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ خَيْرًا مِنْهَا قَدْ آمَنَتْ بِي إِذْ كَفَرَ بِي النَّاسُ وَصَدَّقَتْنِي إِذْ كَذَّبَنِي النَّاسُ وَوَاسَتْنِي بِمَالِهَا إِذْ حَرَمَنِي النَّاسُ وَرَزَقَنِي اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ وَلَدَهَا إِذْ حَرَمَنِي أَوْلَادَ النِّسَاءِ

      “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika menyebut tentang Khadijah maka iapun memujinya, dengan pujian yang sangat indah. Maka pada suatu hari akupun cemburu, maka aku berkata, “Terlalu sering engkau menyebut-nyebutnya, ia seorang wanita yang sudah tua. Allah telah menggantikannya buatmu dengan wanita yang lebih baik darinya”. Maka Nabi berkata, “Allah tidak menggantikannya dengan seorang wanitapun yang lebih baik darinya. Ia telah beriman kepadaku tatkala orang-orang kafir kepadaku, ia telah membenarkan aku tatkala orang-orang mendustakan aku, ia telah membantuku dengan hartanya tatkala orang-orang menahan hartanya tidak membantuku, dan Allah telah menganugerahkan darinya anak-anak tatkala Allah tidak menganugerahkan kepadaku anak-anak dari wanita-wanita yang lain” (HR Ahmad no 24864 dan dishahihkan oleh para pentahqiq Musnad Ahmad)

      jadi untuk urusan poligami ini yang menjadi takaran adil itu bukan dalam urusan cinta atau hati….tapi dalam urusan yang berbau lahiriyah…seperti nafkah, jadwal kunjungan, perhatian dan lain2….hati tidak termasuk… ^_^

      dan untuk yang anti-poligami….monggo diraba lagi imannya….
      salah satu rukun iman itu bukannya iman kepada kitab Allah tho..???
      kalau alqur-an saja membolehkan kenapa kalian mengharamkan..??? apa kalian masih meragukan alqur-an…??? kalau kalian meragukan alqur-an itu bukannya berarti kalian meragukan Allah juga tho…??? Alqur-an kan firman Allah….nah lhooo….!!

      apa kalian lupa bahwa para malaikat juga sempat menyangsikan keputusan Allah waktu Allah mau menciptakan manusia dulu..!!?? tapi jawaban Allah cuma simpel “INNII A’LAMU MAA LAA TA’LAMUUN” (Sungguh Aku lebih tau tentang hal-hal yang tidak kalian ketahui)
      malaikat saja (yang lebih tau hal2 ghaib dibanding manusia) akhirnya mau mengakui kesalahannya juga…dia merasa ternyata banyak hal yg tidak mereka ketahui….dan akhirnya mau bersujud kepada Adam atas perintah Allah….lalu pantaskah kita yg ilmunya cetek meragukan keputusan Allah..!!??? apa kita merasa lebih tau dan lebih mampu menentukan mana hukum yang sesuai dengan kebaikan manusia dan mana yg tidak..!!?? bukannya ilmu Allah itu jauuuh…jauh dan jauuuuh lebih luas dri para makhluknya…!!??? apalagi manusia..!!??? ingat perkataan Allah tadi “INNII A’LAMU MAA LAA TA’LAMUUN”

      ada pepatah arab yang mengatakan…
      “Akan datang suatu masa dimana kalian akan mengetahui apa yang sebelumnya tidak kalian ketahui”

      Allah juga berfirman

      وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ

      “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216)

      logikanya : ada anak kecil yang melihat pisau…menurut dia itu mainan yg bagus…sampai2 waktu pisau itu diambil darinya dia malah menangis….walau diganti dengan roti, buah atau makanan lain dia tetap menangis dan tetap menginginkan pisau itu…karena anak kecil itu pikir pisau itu lebih menarik dri yg lainnya….sampai akhirnya mereka dewasa dan menyadari…oh iya…ternyata mainan pisau itu berbahaya” (betul nggak???) ^_^

      dan dalam urusan hukum Allah ini….jangan kita gunakan akal kita….karena akal kita itu belum mampu memikirkan kuasa Allah…banyak hal2 yg terjadi yang itu semua kadang tidak bisa dinalar manusia…cukup kita imani saja dan kita amalkan…..yakinlah….suatu saat kita pasti tau ternyata ada kebaikan dan hikmah dibalik semua ketentuan Allah….dan itulah yang disebut “IMAN”.

      wallahu a’lam…

      • kalau tidak mau dipoligami, waktu menikah buat saja perjanjian bahwa selama kalian hidup dan mampu melakukan kewajiban sebagai istri kalian tidak mau dipoligami….dan itu sah-sah saja….Aisyah saja kalau boleh ingin memeiliki Rasulullah seorang diri….itu bukan berarti kalian mengharamkan poligami….hanya saja kalian merasa belum siap untuk dipoligami….ingin menjalani kehidupan pernikahan seperti Khadijah yang semasa hidupnya tidak pernah dimadu oleh Rasulullah…atau seperti Fathimah yg tidak pernah dimadu oleh Ali…dan itu manusiawi….setiap wanita itu pasti ingin memiliki suaminya seorang diri….tidak mau berbagi….oleh karena itu…karena alasan susahnya mengikhlaskan suami untuk orang lain itulah sehingga wanita yang ikhlas merelakan suaminya berpoligami benar-benar wanita yang luar biasa dan kelak akan mendapatkan pahala yang luar biasa pula… ^_^

        • Setahu saya syarat pranikah dari istri untuk tidak berpoligami itu kan bukan pendapat jumhur ulama, dan saya juga pernah membaca pendapat dari mazhab Syafii yang menolak sahnya syarat pra-nikah apapun kalau sampai MENGHARAMKAN YANG DIHALALKAN ALLAH SWT. Mikir donk ente. Saya tidak berani ikut2 menyarankan hal tersebut, kalau si ulama berani ya tanggung sendiri sana resikonya, saya ogah hahahaha…
          Saya sendiri kalau jadi calon suami mendengar syarat tsb diajukan calon istri ya langsung mundur. Apa2an… belum juga dikerjakan sudah dilarang mati2an… padahal HALAL. Heh aneh!

        • Rika…. Realistis, jgn brandai-andai. Poliandri tdk dianjurkan krn ada alasan Alloh yg tdk kt ktahui. Tp sdh bnyak pnemuan yg mngungkap dmpak negatif poliandri…

          • Ya iyalah, mana mungkin boleh Poliandri, wanita itu manusia kelas 2 setelah pria dalam Islam, mau cerai aja harus ada saksi sampe 3 orang, kalau pria? Cukup talak 3x sudah selesai.

            Baru tau ajaran bingung.

          • @ anjing yang mengklaim :
            “Ya iyalah, mana mungkin boleh Poliandri, wanita itu manusia kelas 2 setelah pria dalam Islam, mau cerai aja harus ada saksi sampe 3 orang, kalau pria? Cukup talak 3x sudah selesai.Baru tau ajaran bingung.

            Kau itu kebanyakan makan tai makanya super tolol. Buktikan mana dalil dalam Islam kalau istri mau cerai harus pakai 3 saksi! Dasar anjing tolol kau!

      • kalo boleh aq tambahin. sebagai manusia yang dianugerahi akal. kita harus tetap menggunakan akal sebagai fitrah y manusia sekalipun itu berkaitan dengan ilmu Allah. banyak ayat2 Allah yang diakhir kalimah NYA : ‘jika kamu berpikir, tidakkah kamu berpikir…….dst’. namun akal yang digunakan harus di sertai iman. so gunakan akal dan iman…. thanx…

  9. Cerita di atas, tdk berimbang Isi permasalahannya. Fulan tokoh di atas adalah wanita yg frustasi 30th blm menikah, Dan kebelet pengen nikah.

  10. Topik ttg poligami itu membingungkan. Kalau gak salah ada yg sampaikan jumlah wanita lebih banyak dari pria. Dilihat secara logika ratio populasi antara pria vs wanita, ya bisa jadi poligami itu boleh diterapkan. Kedua mungkin memang sebagian besar wanita bahkan pria tidak dapat hidup sendiri sehingga yang dicari adalah belonging to someone bukan romansa saja. Mungkin juga bila saya seorang wanita, terdapat tekanan sosial tersendiri yang tidak dipahami oleh banyak orang bila tidak menikah, bukankah negara kita ini religius? Dimana menikah menjadi stigma sebagai suatu keharusan? Di negeri luar seperti barat sih tidak terlalu jadi tekanan dan menikah adalah pilihan bukan kewajiban. Bagi orang Muslim bila memang diperkenankan oleh sang Nabi, menurut pandangan saya monggo dijalankan dengan adil. Walau secara perasaan dari wanita mungkin dimadu dan sebagai istri ke 2,dan selanjutnya adalah hal yang berat.

  11. Melihat perintah poligami tdk bisa dilihat dari text ayat yg menunjukkan boleh poligami. Namun melihat seluruh perintah Al Quran secara utuh sehingga maksud dan isi dari Al Quran bs kita mengerti. Hal ini bisa membuat umat Islam tdk saling berdebat dan menyalahkan satu dng yg lain. Sy pernah mendengar saudara muslim dlm sebuah dialog muslim. Beliau mengatakan poligami itu perintah yg terikat kondisi dan situasi sosial, politik, budaya, iptek di masa Rosul saat itu. Salah satu landasan budaya poligami yg masih sy ingat bahwa poligami adalah sarana umat Islam untuk melindungi kaum muslimah dr bahaya kaum kafir saat itu. Krn budaya arab saat itu yg bisa melindungi seorang wanita ada suami dr wanita tsb dan ayah dr wanita tsb. Jika seorang wanita suami dan bahkan ayah sudah tdk melindungi wanita tsb maka saat itu siapa pun boleh melakukan sekehendak hatinya..
    Saat islam datang banyak wanita yg masuk islam yg tdk sedikit juga mereka meninggalkan keluarga mereka yg kafir, hal ini membawa ketakutan bagi wanita muslim, krn tdk ada sanak keluarga yg melindungi mereka, krn dng landasan iman maka Rosul dan yg umat islam yg lain menikahi wanita2 tersebut agar keimanannya terlindungi. Dipahami wanita2 itu bukan wanita yg cantik2 jelita dan muda2 namun mereka kebanyakan bekas budak, janda2 tua dan banyak lagi..
    Dr satu pendekatan itu sy simpulkan apakah poligami zaman ini sudah sesuai dng kondisi dan tuntunan Rosul? Ato jangan2 seperti yg ditakutkan umat2 islam sekarang. Poligami hanya alat pemuas nafsu belaka..
    Semoga kita tetap dalam bimbinganNYA.. amin ya Rob..

    • Perintah dalam Al-Quran sangatlah dan sudah pasti cocok untuk kondisi umat Sejak Jaman Rosululloh sampai akhir jaman. Kalau perintah dalam Al-Quran dipilah-pilah atau disesuaikan dengan kondisi Jaman ngak ada bedanya dengan Kitabulloh yang lain, Yang mampu menafsirkan Al-Quran hanyalah ahli Tafsir, Jangan kita menafsirkan ayat dari Al-Quran semau kita. “Wahai para lelaki muslim, berpoligamilah dua, tiga atau empat. Asalkan engkau dapat berlaku adil sebagaimana firman Allah dalam surat An Nisa’ ayat 3” merupakan perintah dengan syarat mampu berlaku adil.
      Namun di ayat lain Allah berfirman :ولن تستطيعوا ان تعدلوا بين النساء ولو حرصتم فلا تميلوا كل الميل فتذوها كالمعلقة و ان تصلحوا وتتقوا فإن الله كان غفورا رحيما
      Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
      Poligami merupakan perintah Alloh dengan syarat mampu untuk bersikap Adil, sedangkan Alloh Ta’ala tahu manusia (laki2) tidak dapat berprilaku adil. Jadi siapa yang mau berpoligami monggo (silahkan tanpa menghujah yang anti Poligami) dan yang anti Poligami segera beristigfar, karena meragukan perintah Alloh Ta’ala dalam Al-Quran,…..dan mengakui secara jujur “saya belum siap berpoligami” yang benar datang dari Alloh, yang salah karena kebodohan saya. Kepada saudaraku yang membaca saya minta maaf, kepada Alloh saya mohon Ampunan.

      • Maaf saudara/saudariku sesama muslim saya ingin menambahkan sedikit,
        Berat memang tp smua yg diperintah allah adalah laksana jamu pahit tp sehat, dan jgn jadikan ayat Al quran yg sesuai dgn keadaan kita jah tp dibaca smuannya, dan yg namanya pemimpin tuh harus siap buat dibuka perkara” besarnya nanti di yaumil mahsyar jd hrs lebih bijak dalam mengamalkan perintah Allah,, semoga kita smua diberi “ketaatan” dlm melalkukan segala perintah Allah amien.

    • Anda jangan tolol. Justru salah satu guna poligami itu adalah PENYALURAN BIRAHI SECARA HALAL. Justru jika libido seorang suami sangat tinggi, maka poligami jadi WAJIB. Banyak pria pengecut yang memilih berzina dengan pelacur daripada berpoligami. Takut dengan istri tapi berani dengan Allah SWT.
      BODOH!

  12. Maaf tapi saya mungkin belum selogowo perempuan yg rela d madu…buat saya laki2…hanya u 1 wanita…jadi saya tidak menerima dgn adanya poligami

    • jadi maksudnya mbak ayu mau minta cerai kalau suami menikah lagi?? Bahlul ente! Mau jadi wanita tidak mencium bau surga?! minta cerai dari suami karena poligami bukanlah termasuk alasan yang syar’i!!

      • “Bukanlah seorang mukmin orang yang suka mencela, orang yang gemar melaknat, orang yang suka berbuat/ berkata-kata keji dan orang yang berkata-kata kotor/ jorok”. [HR at-Turmudziy: 1977, al-Bukhoriy di dalam al-Adab al-Mufrad: 312, Ahmad: I/ 404-405 dan al-Hakim. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].

        • Ini lagi bukan fokus di poligami malah ke ane. Ngefan ente ama ane? Sori ane bukan artis, nggak butuh. Ke laut aja sono ngomong ama cumi!

  13. Assalamu’alaikum wr wb
    Saudara sekalian melihat permasalahan yang selalu jadi perdebatan ini jangan sampai membuat hati kita jadi saling berprasangka,, yang setuju poligami mari lebih belajar lagi agar kita tidak keluar dari jalur yang seharusnya dan yang tidak mari kita juga belajar lagi..
    kalau bicara nafsu,, nafsu adalah fitroh yang memang diberikan Allah SWT kepada manusia, namanya orang menikah ya karena nafsu,,, sampai-sampai diwajibkan untuk segera menikah bagi yang sudah dikawatirkan dalam menjaga nafsunya.. kalau tidak bernafsu ya masih dihitung sunnah, bahkan pertentangan-pertentangan ini juga karena nafsu kita dalam mencari siapa yang benar,, namun perlu kita tandaskan bahwa ketentuan Allah dan Rosulnyalah yang benar diatas segala yang benar dan pastinya terdapat suatu manfaat yang luar biasa atas ketetapan itu…
    marilah saudaraku sekalian kita belajar lagi dan selalu mengharap hidayah kepada Allah SWT agar kita mampu melihat mana yang baik dan yang kurang,, melihat kemanfaatan dan kemadorotan…
    semoga kita selalu dalam ampunan Allah SWT,, aamiin.

  14. Hukum poligami mnrt beberapa tergantung kondisinya….bisa hukumnya wajib….sunnah…mubah (boleh)..makruh…bahkan haram. Kita yg lebih tahu dgn rahasia hati kita sendiri. Silahkan berpoligami semua ada aturannya dlm Islam. Tidak mngkn Allah menyuruh hamba2NYA dgn suatu ajaran bila tdk ada hikmahnya. Dan bagi yang anti poligami dan pro poligami…silahkan mengeluarkan argumen2 yg rasional dan dalil2 bisa berdasarkan sejarah…sosial-budaya atau psikologis..bukan emosi! Thank’s brother!

  15. Sy sangat salut dg coment Alfatah Sophia, tanpa hrs mencemooh pendapat orang lain, tanpa hrs merasa diri paling benar, pemikiran seperti itulah yg dibutuhkan utk bs menunjukkan ke dunia tentang Islam yg sesungguhnya, wslm.

  16. Sdh jelas poligami itu tdk diwajibkan tdk disunahkan tp diBOLEHkan.kalo sdh boleh berararti terserah msg2 org yg menjalani nya.yg mau poligami ya monggo yg ga mau poligami jg gpp.msg2 org punya alasan.apakah benar2 ngikutin sunah rasul atau hanya modus.tp ingat satu hal Allah mengetahui apa yg tersembunyi apa2 yg tdk terlihat.dan tiap2 org akan diminta pertanggung jawabannya kelak atas apa2 yg telah dilakukan semasa hidup..Allahualam bisshawab

  17. membayangkan poligami saja sudah berat, apalagi (mungkin) menjalani.

    saya sudah beristri, dan istri menganjurkan poligami, bahkan siap membantu memilihkan jika saya mau. tapi sayang, saya belum berani sampai skg.

    bagi saya poligami bukan hanya nambah kenikmatan, seiring dg itu, nambah tanggung jawab lahir batin dunia akhirat.

    siap mental, fisik, materi, emosional, dan yg jelas keluarga besar juga harus siap. apalagi untuk berlaku adil.

    sy merasa belum mampu… mungkin lebih baik tidak dulu..

    • Kalau yang ente bilang ini bener dan bukan cuma trolling/hoax, ente harusnya bersyukur, karena istri sudah ikhlas mengizinkan. Banyak suami2 hanya bisa miris menahan keinginan poligami karena istri siap menentang dengan segala daya upaya mulai dari minta cerai, lapor ke atasan dll. Rezeki ente itu!
      Tapi kalau ente tidak berani poligami tapi iseng zina sama PSK, mati aja ente.

      • sepertinya Anda org yg anti poligami. sepertinya Anda juga belum mendalami Islam secara kaffah (meneyelurh). Oleh karena itu keimanan Anda belum sampai untuk menerima segala ketentuan Allah SWT sekalipun itu pahit adanya.

        Perintah/Hukum Allah harus dengan dengan ilmunya Allah bukan dnga ilmu dunia.

        WAMAN LAM YAHKUM BIMAA ANZALALLAAHU FA ULAAA IKA HUMUL KAAFIRUN. “Barang siapa yg tidak menggunakan hukum Allah maka mereka tu tergolong orang kafir”

  18. poligami itu tentang keadilan dan keiklasan untuk berbagi. tidak semua orang mampu dan bisa. jika tendensinya hanya kebutuhan biologis lebih baik jangan membawa agama sebagai alasan.

    • Afwan Ikhwani fillah… Agama melihat dari semua sisi termasuk sisi biologis, jika itu untuk “menyelamatkan” keimanan, Why not?
      Allah memberikan himbauan kepada hambahNya karena Allah tahu kebutuhan hambanya… Wallahu a’lam bisshowaab…
      Makasih Wassalam.

    • idiot lu. Kebutuhan biologis itu justru bisa jadi alasan poligami wajib. Banyak suami pengecut yang takut poligami, tapi berani berzina dengan pelacur. Berani dengan Allah SWT karena takut bini? BODOH!

  19. Pd hakekatnya mmng diblhkan poligami.tp yg jd pertimbangan adl yg pertama perlu atau tdk perlu poligami bg yg menjalankan.kedua apa pelaku poligami tsb sdh mengkondisikan klgnya,istri/anak2,masyarakat,semua kerabat shg mrk siap menerima konsep poligami?krn msh ada yg berpoligami krn dorongan emosi sepihak shg malah mendtgkan mslh bg dirinya&pihaklain.bahkan menyebabkan si pelaku malah terpuruk dlm habluminah&habluminannas.menyantuni pr janda bkn berarti hrs menikahinya.yg terpenting adl kualitas klg yg dia bangun bkn kwantitasnya.utk berpoligami banyak pertimbangan yg hrs disiapkan

    • Nadya dasar lu tolol. Jadi maksud anda bagaimana? Biarkan dia jadi prawan tua? Atau jadi lesbi? Belum tentu bujangan berminat mengawini perawan tua. Kalau sudah begini, poligami adalah solusi! Mikir!

      • Tolol?
        “Bukanlah seorang mukmin orang yang suka mencela, orang yang gemar melaknat, orang yang suka berbuat/ berkata-kata keji dan orang yang berkata-kata kotor/ jorok”. [HR at-Turmudziy: 1977, al-Bukhoriy di dalam al-Adab al-Mufrad: 312, Ahmad: I/ 404-405 dan al-Hakim. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].

  20. Betul itu…secara logika memang pastinya tidak bisa diterima..apalagi jaman sekarang yg semua mengatasnamakan HAM dan emansipasi wanita dan apalh gitu…tapi yg jelas hukum alloh tidak pernah salah…sama dgn menurut alqur’an bumi itu datar..menurut manusia bumi itu bulat…terus yg bener yang mana?,,,logika gak akan menag dgn hukum alloh…

    • Ngaji yang bener… flatness of earth dalam Quran itu bukan berarti absolute flat, tapi :
      1. Perspektif penghuni bumi
      2. Defiasi naik turun permukaan bumi sangat flat jika dibandingkan dengan luas permukaannya, saya pernah baca kalkulasi kalau bumi ini jika dikecilkan maka permukaannya lebih licin dari permukaan bola golf.

      Ada juga beberapa ayat Quran dan hadits yang mengindikasikan bumi itu bulat. Bahkan bro2 dari Salafi Wahabi yang literalis saja mengimani bumi itu bulat (tidak rata), meskipun (mungkin) mereka menolak adanya orbit bumi thdp matahari.

  21. kalau dibilang pelaku poligami adalah sosok yang egois alias mau enaknya aja,coba difikir lagi,kalau 1 laki2 untuk 1 perempuan dengan perbandingan 1:2 aja ga usah banyak2,lalu setengah dari jumlah perempuan yang ada bagaimana nasipnya,belum lagi kalau ada laki2 yang menyimpang dari kodratnya,….jadi kalau wanita melarang para swaminya berpoligami apa ga egois namanya,tidak perduli nasip wanita yang belum menikah karena tidak mendapatkan bagian laki2…MAHA BENAR ALLAH ATAS SEGALA FIRMANNYA…

  22. Tinggal sesuaikan aja sama situasi dan kondisi masing2.
    Lebih banyak manfaatnya atau mudhorotnya. Kalo lebih banyak manfaatnya ya silakan poligami, kan sudah diperbolehkan oleh Allah. Kalo banyak mudhorotnya ya ngga usah poligami.
    Tiap orang kan punya situasi dan kondisi yang berbeda2.

  23. Do ngopooo iki, yg hawa nafsu banyak LC menanti ,yg mau nerapin alquran monggo di lakukan poligami nya asal yg janda,tua,dan membutuhkan.
    Dan yg muda n cantik buat cow jomblo2 like me jgn di embat juga
    love is life 🙂

    • Oi tolol! tidak ada aturan Al Quran yang mewajibkan harus poligami dengan janda tua! Jangan buat-buat aturan sendiri kau! BODOH KAU!

  24. Wah…..mas2 yg hebat sy salut dg anda yg setuju berpoligami. Sy manusia biasa dan sy berpikir poligami itu intinya ikhlas dan saling menolong. Dan klo boleh sy bicara disini tlg-lah kakak sy, kasihan sdh janda anaknya 5 ditinggal mati suaminya krn sakit jantung. Usia kakak sy 55 thn. Kami dr klrg sederhana tdk ditinggali org tua warisan yg bnyk jd kami murni hidup dr kerja keras kami. Semua saudara sdh bermh tgg msg2 jd kakak sy menjanda dan murni ibu rmh tgg sejati. Klo mas2 mau tlg lah kakak sy utk dinikahi. Berpoligami utk menolong sy pikir lbh itu baik.

    • Oke, tapi kalau setelah ada pria beristri yang mengawini kakak anda itu, kemudian dia ingin menikahi lagi seorang wanita cantik (3rd wife), anda mau apa? Demo? Protes? Nungging? Gabung JIL? Benar memang Rasulullah menikahi janda-janda tua, tapi bagaimana dengan Maryam Qibti yang cantik (Mesir berdarah indo eropa) ?

  25. Saya ucapkan selamat kepada wanita yang sudah beriman dengan seluruh syariat dan ayat Allah……kaffah .
    Yang masih pilih2 dengan berjuta alasannya semoga segera mendapat hidayah .
    Aamiiin…

  26. just share… sy sbg anak yg berasal dr keluarga poligami hanya ingin berbagi.. mnrt sy sih kondisi tiap orang berbeda.. allah tidak melarang poligami..hidup poligami sangat tidak mudah.tapi allah jg menyediakan aneka “tools” untuk spt allah menyiapkan jln keluar untuk berbagai masalah hidup selain poligami.
    tercantum dalam firman Allah bahwa qodar manusia telah Allah tentukan 50.000 th sebelum bumi diciptakan. ada manusia2 yg memang diqodar dan dipilih allah utk menjalani hidup poligami…dan bagi mereka yg allah pilih, allah jg memberikan kekuatan fisik dan batin jg mental utk menjalani nya.
    maka tanyakan dan kembalikan sj semua pada kehendak allah. kan allah jg menyediakan tools berupa solat istikhorog untuk memberi jalan terbaik bagi kita.
    sekuat apa pun manusia berusaha utk berpoligami,jk allah tidak mengijinkan ya tdk akan terjadi. sebaliknya tanpa berusaha berpoligami pun jika allah berkehendak maka bagamanapun caranya akan terjadi juga.
    hal ini terjadi dlm keluarga sy.. ayah sy seorang family man sejati yg tdk pernah mencoba mencari istri kedua.
    namun beliau memahami bhw poligami adlh qodar allah.. sejak sy remaja (belasan thn sblm berpoligami) ayah sy pernah berkata “poligami itu lbh berat bagi suami.mknya bapak ga pernah kepingin poligami. tp seandainya allah meng-qodar bapak utk poligami, semoga allah memberi qodar bpk untuk merawat janda yg punya anak. jd bisa dpt pahala merawat anak yatim sekalian”
    ternyata belasan thn kemudian dtg seorang laki2 tua yg miskin dtg kpd ayah sy meminta tolong spy ayah sy mau menikahi keponakannya seorang janda beranak 2.. tentu sj ayah dn ibu sy tdk langsung setuju. krn scr logika msh ada cara lain utk menolong si janda tanpa harus menikahinya.
    ayah dn ibu sy berbulan2 solat istikhoroh mohon petunjuk allah.. kami, kelima anaknya pun turut melakukan solat istikhoroh.
    trnyt qodar allah memang berkehendak bpk menikah lagi dg janda tersebut. melalui hasil istikhoroh kami sekeluarga, allah memberi petunjuk dan memantabkan hati kami semua.
    awalnya tentu sj tdk mudah. kami sekeluarga pun hrs ikut menyesuaikan diri dan beradaptasi dg adanya anggota keluarga baru (walaupun tdk serumah dg kami) dan perubahan rutinitas sehari2. masalah pun timbul tenggelam.. tp kami semua berusaha menyesuaikan diri. stlh berpoligami pun ayah dan ibu tetap melakukan istikhoroh setiap kali ada masalah timbul.. dan memang benar firman allah: tidak rugi orang yg istikhoroh, untung org yg musyawarah..
    nyatanya atas ijin dan qodar allah juga kami semua skrg menjadi keluarga besar yg slg support.
    5th stlh menikah dg istri kedua, ayah menikahi istri ketiga yg adlh janda dg 5 anak dr suami terdahulu dn bhkn usianya lbh tua dr usia ayah sy.

      • Hai kau bodoh! Tidak ada aturan dalam Islam baik Quran maupun hadits yang mewajibkan menikahi janda tua dan/atau miskin.

    • Sampaikan dengan bapakmu, tidak ada aturan dalam Islam baik Quran maupun hadits yang mewajibkan menikahi janda tua dan/atau miskin. Nah kalau nanti bapakmu sudah tau dan ingin menikahi wanita cantik untuk istri keempat, anda mau apa? Demo? Nungging? Gabung JIL?

  27. Yaa akhi yaa ukhti kembalikanlah ke alquran dan sunnah. Allah swt sudah mengatur hukum poligami dengan jelas dalam alquran. hukumnya boleh saja. Jika anda mengatakan anda anti dengan poligami maka artinya anda menolak ketetapan Allah swt, istighfar ya ukhti ya akhi. Dan adillah dalam hal lahirnya, karena batin itu urusan Allah swt. Tidak akan mampu seorang suami adil dalam hal batin, sekali lagi karena itu ada dalam kuasa Allah swt. Dan telah dijelaskan bahwa akan datang masa dimana umat muslim akan memilih milih hukum dalam alquran. Mengambil mana yg mereka suka dan membuang yang mereka tidak suka, seolah olah mereka berhak melakukannya. Janganlah sampai kita masuk ke dalam golongan tersebut karena itu bukanlah golongan para penghuni surga. Pelajarilah kembali, secara seksama, dari alquran, hadist, dan para syeikh, ustadz, mengapa Allah swt menetapkan hukum ini sebelum anda sembarangan berkomentar anti poligami. Wallahualam bissawwab.

  28. Assalamualaikum.
    Menurut pribadi saya. atas dasar pemahaman yang baru saya miliki.syarat berpoligami.
    1.Kedua belah pihak sadar betul, tidak akan mampu berbuat adil, sehingga tidak akan SALING menuntut keadilan, karena sampai kapan pun tidak akan di dapatkan kecuali Keadilan dari Allah SWT.
    2. Pihak Pria harus mampu memberikan perlidungan secara duniawi (sandang,pangan,papan) dan melindungi secara akherat (akherat, pendidikan,rohaniayah).
    3.Kedua belah pihak Niat dan landasan Poligami adalah melaksanakan Sunah Rosul artinya betul betul ibadah, bukan nafsu duniawi.
    4. Sebagai wanita yang dipoligami, harus mampu mengemban tugas yang amat berat, harus mampu melindungi anak,istri,dan keluarga.seluruh keluarga. bukan keluarga sendiri, ini semua berat, tugas yang mulia. Suami (maaf) cuma (maat) Nahkoda , kalau penumpang pada ribut, kisruh.rewel. Saya jamin kapal (keluarga) akan oling dan karam.
    nah. bagi yang mampu silahkan berpoligami, itu akan lebih MULIA di dunia maupun di akherat, amin

  29. Subhanaallah akhirnya hidayah itu dtg Amiiin ya Rabb…
    Saya akan mengikuti jejak para pendahulu spt H.Rhoma Irama, Syekh Puji & tentunya A.A.Gym yg telah menyelamatkan janda-janda terlantar……………..hmmmmm nyam nyaaammm nikmatnya dunia ini

  30. hal Poligami dgn rambu2nya sdh lengkap di Al-Quran. Penerapan poligami yg bernilai ibadah atau dosa (bagi suami/istri)sifatnya situasional, sangat tergantung niat dan pemahaman agama yg menjalaninya dan sangat tdk tepat bila bersikap dgn kata ‘pro’ atau ‘kontra’. Komentar sebaiknya calm santai aja, tdk usah sewot@Kalau poligami tdk cocok dgn kondisi anda.. ya ikhlas dan sabar aja dgn org yg kondisinya cocok@ada rahasia kebesaran Allah yang terkandung dalam ‘Indahnya Poligami Rasululloh’@saya suami dgn satu istri

    • Poligami itu hukumnya bisa wajib, mubah bahkan haram. Tapi yang pasti berzina dengan pelacur itu HARAM! Kalau anda memang tahan untuk tidak melakukan hubungan seks selain dengan istri anda, ya sudah, bagus. Monogami juga tidak apa-apa.

  31. Poligami sdh ada sebelum Islam. Kalo menurut saya (boleh setuju boleh engga) dipelajari dolo mslh sejarah poligami dan mengapa ada poligami dalam Islam. Begitu jg dipelajari jg ttg fiqih poligami. Kalo sdh ada pengetahuan ttg poligami dari semua referensi, barulah bs komentar dgn benar.

  32. Dan jgn lupa…..kdg qta tau kata tp ga tau rasa. Sepengetahuan saya, sangatlah berat pertggjwbn n pelaksanaan poligami. Tp bukan berarti ga ada yg bisa. Ga mungkin Allah kontraproduktif dalam memberikan suatu hal yg boleh atw tidak. Intinya mah ke Allah dolo…benerin diri dolo…perbaiki yg wajib hidupkan yg sunnah. Tanpa anda minta…bs saja Allah menakdirkan qta ber atau ter poligami. Apa2 ke Allah dolo…lapor ke Allah dolo…

  33. Assalam ‘Alaikum….
    wah komenx semua bagus2, kalo kita berbicara masalah “POLIGAMI” maka tdak ada habisx, bahkan jika kita duduk seharianpun tdak akan selesai karena ini adalah masalah yang sangat panjang, semua orang bisa koment tapi menerapkanx tdak semua bisa…oleh karena itu jangan sampai masalah ini membuat kita saling mencemoh, mari selaku hamba Allah kita belajar lagi dan belajar lagi apa makna yang tersirat dari Sunnah Rasul ini….karena jika laki2 yang tax insya Allah semuax mau dan sebalikx wanita insya Allah banyak yang tdak mau….maka dari itu sebelumx perbaikilah NIAT kita karena niat yang baiklah yang nantix menghasilkan hal yang baik pula….wassalam,Tksh.

  34. Jangan katakan HARUS ADIL hai Hawa.. krn adil adlh milik Allah..kita habya brusaha berlaku adil.. apakah kalian yg sdh punya anak lbh dr 1 bisa adil dlm mendidik anak2..bahkan “hati” kalian “tidak akan condong”..mustahil!!klo tidak bs adil kenapa kalian (pembenci poligami) punya anak lbh dr satu..apa kalian tdk takut dosa??!!kalian hanya bs “berusaha adil”
    Nah anggap anak bs diibaratkan istri..banyak anak ato banyak istri tdk bs m3njamin kalian bs ADIL..tp berusaha memperlakukan adil msh bs diupayakan.. jd jangan meng HARAM kan apa yg di HALAL kan Allah

    • Setuju bro, wajib berusaha adil dalam poligami, bukan wajib adil karena keadilan sejati hanya milik Allah. Makanya ada doa yang diajarkan Rasulullah utk dibaca tiap malamnya untuk suami yang poligami.

  35. Fakta : di negeri paman Sam yg mayoritas tentunya non-muslim sgt dilarang utk berpoligami walhasil jumlah perawan tua semakin meningkat disana dan mereka tdk punya solusi utk itu.
    sungguh Islam adalah agama yg ridho, wassalam…

    • Betul ODHA. Masyarakat sekarang lebih permisif dengan suami yang berzina dengan pelacur dari pada suami yang berpoligami. Seolah-olah pelaku poligami itu evil, egoistic, sex maniac etc. Lucu ya? Suami yang menggauli istrinya sendiri disebut maniak seks, tapi suami yang menggauli wanita yang BUKAN istrinya, plus wanita itu juga digauli puluhan atau ratusan laki-laki hidung belang lain tidak dilabeli demikian.
      MIRIS! MIRIS! Ya Allah, lindungilah hamba dari kebodohan seperti ini…..

  36. tidak ada wanita yang ingin di madu,, tapi coba kita kembali kepada keluarga rasulullah,, tiada satupun istri2 rasulullah yang ingin diceraikan olehnya,, semua berlomba2 mencari perhatian rasulullah dg cara mereka masing2.. begitu baik dan suksesnya rasulullah mendidik para istri beliau… bagi yang ingin berpoligami contohlaah bagaimana rasulullah berpoligami,, poligami itu hal yang boleh dilakukan,, dan sebaik2 tauladan adalah tauladan rasulullah baik dalam keluarganya, masyarakat dll. klo memang poligami karena sunnah rasul,, ikutin juga donk gmna rasul mengelola keluarganya..

  37. Aturan atau Standar oprasional poligami sdh jelas dr Allah.Nah, sukses atau tdk poligami itu tergantung pelakunya, mau ikut aturan Allah apa tdk.alhmd sy sbg anak dr istri kedua bpk, sampai skrg km dgn sdr dr istri pertama bpk ttp akur dan saling membantu.semua krn kedua istri bpk menanamkan hal2 yg baik di antara kami, bukan kebencian.alhmd walau bpk dan kedua istrinya sdh meninggal kami anak2nya tetap saling menyayangi.

  38. aku.lelaki.yg sdh.berpoligagi.akhmdulillah kami.keluarga makin.bahagia setelah berpoligami…istti2ku insyallah.bersedia.utk mencatikan ku lagi utk yg ke 3.alamat hp 087771451253

      • Hei tolol. Bagus mana pria macho dengan pria letoy? Coba kalau suami impoten, maka istrinya pasti minta cerai kan? (atau selingkuh). MIKIR!

  39. Berpoligami itu bisa karena sesuai yg tercantum dalam alquran. Untuk masalah nikah dgn gadis atau janda tua itu semua bukan semata 2keinginan kita namun sdh suratan dari allah swt ….seperti kita ketahui bahwa pertemuan, jodoh, maut dan rezeki allah swt yg atur ….klau pun kita cari gadis cantik yg kaya raya atau cowok yg gagah klau allah swt tidak mengabulkan, mana bisa jadi istri atau suami…..

  40. Kalamulloh dan hadist nabi, untuk di praktekkan, bukan untuk dibicarakan dan bahan perdebatan, kalau sudah melakukan silahkan berbagi pengalaman nya kelibihan dan kekurangan pada waktu menjalan kan, sehingga disitulah peran ulama sebagai pelita dikala kita mengalami suatu masalah

  41. astagfirullahaal azimm… carilah ilmu dulu… positif lah dalam berfikir…
    JANGAN Salah faham tentang makna adil. Para penentang poligami berdalil dengan firman Alloh.
    “Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita lain (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki.” (Q.S. An-Nisaa: 3).
    Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil diantara istri-istri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian….,” (Q.S. An-Nisaa: 129).
    Dengan ayat ini, penentang poligami berpendapat, manusia takkan bisa berlaku adil. Karenanya poligami tidak boleh dilakukan.
    Membenturkan kedua ayat ini sama saja MENUDUH ada FIRMAN ALLAH yang KONTRADIKTIF. Bagaimana mungkin, Alloh dalam satu ayat membolehkan poligami, lalu di lain ayat melarangnya ? Tambahan lagi, ayat pertama bahkan memulai pernikahan dari “dua, tiga atau empat”. Barulah jika yakin diri tak mampu merasa adil, seseorang menikahi satu perempuan saja.
    Para ulama menjelaskan dalam berbagai kitab fiqh dan tafsir, makna “adil” dalam ayat yang pertama berkaitan dengan “keadilan dalam pemenuhan hak dan pelaksanaan kewajiban yang bersifat zohir’. Misalkan nafkah zohir dan batin, termasuk hak bermalam. “Keadilan yang dituntut itu keadilan yang zohir”, kata Ketua Pusat Konsultasi Syari’ah Dr. Surahman Hidayat, MA.
    Adapun ayat kedua, berbicara soal kecenderungan hati, dimana Alloh Yang Maha Memiliki hati manusia. Karena itu Rosul s.a.w. pernah berdoa, “Ya Alloh, inilah pembagianku terhadap yang aku miliki. Maka janganlah Engkau hukum aku pada apa yang Engkau miliki, dan aku tidak miliki.” (H.R. Abu Daud).
    Di sisi lain, peringatan bagi suami yang tidak berlaku adil pada istri-istrinya tidak enteng. Disebutkan dalam sebuah hadits shohih, ia akan datang dengan berjalan dengan pundak miring di akhirot kelak (H.R. Abu Dawud).
    Selain itu, keadilan adalah salah satu prinsip utama Islam. Firman Alloh:
    “Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa.” (Q.S. Al-Maidah [5]:8).
    Menikah atau belum menikah ,atau poligami, seorang Muslim harus bersikap adil dalam kehidupannya.
    SESAMA MUSLIM/MUSLIMAH LEBIH BAIK DIAM dri pd berbicara tmpa ilmu.. ilmu islam bkan ilmu logika… positiflah dgn firman allah dan sunnah rasulallah saw.. pelajari lah hadis2 yg lain jgn berpatokan pd satu patokan…. itu yg mnyebabkan perselisihan sesama qta.. masalah” mana ada wnta yg mau d madu/ iklas/ g cemburu dsb… semua telah di terangkan dalam alquran n al hadis…

    • Good analysis bro! Pemahaman keliru seperti yang anda sudah sebutkan itu sayangnya sudah meracuni pemikiran banyak Muslimah, bahkan dulu sempat disebarkan oleh seorang Ustazah (sudah meninggal). Memang bodoh sekali logika BOLEH TAPI TIDAK BOLEH wkwkwkwk. Maha suci Allah dari hal demikian.

  42. “Dan tidaklah patut bagi seorang mukmin dan tidak pula bagi seorang mukminah bila Allah dan rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, untuk mengambil pilihan lain tentang urusan mereka. ingat lah saudara/i qu. dgan firman allah..Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka sungguhlah ia telah sesat, dengan kesesatan yang nyata”. (Al Ahzab 36). smga qt tdak menjadi manusia yg mendurhakai allah swt.. amin ya robbal alamiin..

  43. saga mohon pencerahan dr pembaca yg benar2 ingin menolong.. saya dg laki2 yg pernah beristri yg kmudian kmbali PD istri pertama sdg says msh JD istrinya.. says merasa TDK d perlakukan scr adil dr sisi lahiriyah.. APA yg hrs saya lakukan? saya ingin kluar dr kemelut ini ..

  44. Sepertinya si pencerita di atas stress berat tidak dapat jodoh karena merasa diri perawan tua. Makanya mau aja dia dmadu, tetapi tanpa mempertimbangkan perasaan si isteri sebelumnya. Poligami sudah disalahtafsirkan, polgami dianjurkan bagi keluarga yg ada masalah upamanya isteri tidak bisa memberikan keturunan, sakit, dll, maka bisa suami menikah lagi dengan persetujuan isteri bukan karena si wanita stress tidak ketemu jodohnya. Dasar,,,,,,,,

  45. Aku pasrah pada takdir yang telah ditentukan oleh Allah Swt ajalah,aku yakin pasti apa yang telah direncanakan oleh Allah ada hikmah yang sangat mendalam..Semoga aku termasuk orang2 yg beriman dan beruntung…Amiin Ya Allah….

  46. HIDUP, MATI, JODOH, RIZKI… adalah rahasia Sang Pencipta… Takdir Manusia Sudah Digariskan sebelum dia diLahirkan…
    Laki-laki yg diberi Istri adalah Takdir dan KaruniaNya… Demikian Pula Wanita yg diPoligami,
    Tiada satupun Manusia yg Bisa Menolak TakdirNya, seperti halnya Manusia yg Tak Bisa Menghindari KEMATIANnya…

  47. Aku ikhlas dipoligami tp suamiku tdk mau menikah lg.apa daya neraka bersamaku setiap hr.ingin pergi kasihan ank2 akhirnya aku hanya bs menangis dan berzikir setiap hr

    • memangnya kenapa mba? koq sampai segitunya ngebet nyuruh suami berpoligamy? kan itu cuma sunnah,, gak wajib koq…

    • Lha suami tidak mau ya jangan dipaksa… kan poligami tidak wajib. Tapi alasan mbak kurang dijelaskan sih. Kalau memang suami mbak kuat sekali libido nya , yaa memang poligami jadi wajib untuk menghindari zina baik dg PSK atau selingkuhan suami.

  48. Untuk wanita yang ingin di poligami, Teguhkan niat dan tekad karena Allah, jadikan perselisihan di keluarga dipecahkan dengan rukun dan damai. tanpa didasari dengan hasut. mudahan2 akan selalu tentram.

  49. lakukan sesuai kemampuan mu..ingat pernikahan entah monogami atau poligami…pihak suamilah yang menanggung smua amal perbuatan istri – (istri)..itu saja…insya Allah…para lelaki akan bisa tahu mana yg menjadi kemampuannya dalam berumah tangga.. wallahu’alam bi showab.

    • Mending mana, pria macho dengan pria letoy? Ente jangan2 termasuk pria letoy yaaaa wkwkwkwkwk makanya iri wkwkwkwk

  50. Allah swt membolehkan poligami karna berbagai alasan.tdk ada satu pun manusia yg adil di muka bumi ini,tapi allah swt maha adil.allah swt maha mengetahui..bila ada keraguan pada firman allah swt berarti kita telah sesat dan ingkar kepada allah swt..ada bnyk alasan islam membolehkan poligami.tapi sy ingin berbagi empat alasan;
    1menolon

  51. Menurut saya poligami hanyalah untuk kesenangan dan nafsu lelaki semata yang dibungkus rapi dengan pernikahan. Perempuan mana yang rela cinta kasih belahan jiwa pendamping hidup nya dibagi oleh wanita lain. Bodoh lah wanita yang mau di madu

    • poligamy itu semata2 demi sunnah,, agar mendapat pahala,,tidak ada unsur nafsu kebinatangan, atau karena faktor sex semata,,h. rhoma irama, syekh puji, aa gym,, lutfi hasan ishaq, Fuad amin, dan pelaku2 poligamy lainnya adalah contoh nyata bahwa perjuangan mereka melakukan poligamy adalah demi sunnah,, demi menolong wanita2 itu agar ada yang memberi nafaqoh,,bukan karena faktor seks semata!!

      • tidak ada faktor sex kepala bapakmu!!! Memangnya istri2 yang poligami itu cuma untuk dianggurin saja??? Bodoh kau!!! Salah satu fungsi poligami adalah penyaluran libido secara halal.

    • Hoi tolol! Kalau kau non muslim, diam dan makan tai sana! Kalau kau muslim, maka tobatlah dengan pikiran iblismu itu! Syahadat ulang untuk amannya! Belajarlah ikhlas dengan hukum Allah!

  52. Hukum Islam pertama kali berasal dari Arab dimana lelaki Arab bernafsu besar. Itu mengapa mereka menghalalkan poligami hahahahaha bangsat!

  53. POLIGAMI itu MUBAH sampai SUNNAH! KLO SANGGUP , tau ilmunya dan MAU!!!!

    Klo poliandry apapun ALASANNYA!!! HARAM di lakukan!!!

    Kata SIAPA yaa! Menurut aturan NYA

  54. Bukan surga ini yang aku inginkan.sekalipun iklas berbagi kalo perbuatan menentang allah blm tentu surga tempatnya

  55. Hadexh,,,, itu sie modus aja cuma krn faktor u..???? Lo mau dikawini ama lelaki yg sudah beristri….,,, apakah anda tau perasaan istri pertamnya…. bayangkn anda menjadi istri pertamanya gimana rasanya saat suami anda meminta ijin menikah lagi….jgn egois mba bro krn anda menjadi perawan tua anda mendukung poligami….itu namnya duri dlm daging…. saiia sebagai istri TIDAK MAU diPOLIGAMI.

    • Jangan jadi penghasut kamu noerbaiti
      Tidak ada 1 pun dalam hukum islam yg melarang untuk poligami.
      Yg ada hanya syarat” harus adil,,,
      Saya tentang km untuk memberikan 1 hukum yg melarang berpoligami

    • jadi kalau kau dipoligami, kau mau minta cerai dari suamimu?? Mau kau jadi wanita yang tidak mencium bau surga?? BODOH KAU

  56. Y klw suami a adil..klw gak gmn?
    Bkan a phala yg d dpat mlh dosa yg d dpt krna mmbiarkan swami brlku tdk adil…lbih prah lg tu…krna kbykn lki2 skrg poligami hny mnuruti nfsu a sj…susah sm yg tua senang sm yg muda ank pun trlntar jd a…poligami kn ug hrus ada alsan yg kuat bukan hny skdr mnghalal kn nfsu blka

  57. Sebagai seorang wanita saya ngk mau di madu, semoga nanti saya hanya menjadi satu2nya wanita untuk suami saya. Aamiin…
    Lagian mana ada sih wanita yg mau di madu? Yg mau berbagi suami? Klu memang ada jg itu dia wanita yg luar biasa tpi utk pribadi saya, saya ngk mau di poligami. Krn ngk semua wanita itu sama bisa mengikhlaskan suaminya utk menikah lagi,.

    • jadi kalau kau dipoligami, kau mau minta cerai dari suamimu?? Mau kau jadi wanita yang tidak mencium bau surga?? BODOH KAU

  58. Poligamy adalah sunah yang paling nikmat,, ini adalah terobosan luar biasa dalam dunia islam,, agama2 lain tidak pernah memikirkan soal ini,, sungguh beruntung laki2 muslim,, bisa memiliki banyak isteri didunia, dan kelak di surga bisa menggauli 72 bidadari,, nikmat apalagi yg engkau dustakan??

  59. Sbg seorg laki2 Lucu aja membaca cerita diatas, kesimpulan sy cuma 2 :
    Pertama, mungkin si wanitanya yg terlalu bnyak memilih, merasa mapan dan terlalu sibuk mengejar karir, jd lupa mencari jodoh..tahu2 sdh kepala 3
    Kedua, sudah kepepet..ibarat pepatah bagai telur diujung tanduk..artinya dgn umur segitu dia hanya menunggu siapa tahu ada yg datang melamar meskipun menjadi isteri ke dua.
    Saya aja sbg seorg laki2 hrs mikir 2 kali bahkan beratus kali utk punya isteri lebih dr satu walaupun dlm agama saya memperbolehkan memiliki isteri lebih dari satu. Pertimbangan sya, menghidupi satu dapur dgn 1 isteri dan 2 org anak sdh cukup membuat sya pusing..apalagi smpai 2-3 dapur bisa2 tambah parah pusingnya…heheheee
    Selain itu takut tidak bisa bersikap adil dan menafkahi dgn layak dgn rejeki yg halal, karena sya sadar level kita sbg manusia tidak bisa menyamai levelnya nabi, masih bnyak yg hrs dibenahi ketimbang memperbanyak isteri. Jangan hanya karena hawa nafsu, lalu kita mengatasnamakan sunah nabi utk memliki banyak isteri.
    Jadi intinya org yg mau dipoligami hanya supaya tidak berbuat zinah itu saja. Nikah siri pun sah menurut agama..

    • Arista, sekarang saya tanya pernahkah kau berhubungan seks dengan wanita selain istrimu selama kalian menikah?? Jika tidak pernah, maka bagus. Monogami juga boleh. Tapi jika kau toh masih berzina juga dengan PSK atau selingkuh dengan WIL, maka kau munafik.

  60. Asslamualaikum.. sekedar kata untuk pengingat … waallahuala. Poligami itu dilakukan untuk menolong para janda, dan wanita yg tidak mampu hidupnya. Jadi poligami bukan asal menikah mengikuti hawa nafsu dengan tulisan seperti diatas “jumlah wanita lebih banyak dan tak ingin perawan tua” itu hanya pembeneran diri sendiri. Astagfirullah. Nabi muhammad S.A.W dan sahabat punya istri banyak bukan karena alasan seperti itu nafsu semata tapi untuk membantu para janda yg ditinggal mati suaminya di medan perang dan wanita yg memiliki anak banyak namun suaminya telah tiada. Istri rasullulah yg paling disayang itu Aisyah ra. Jangan disalah artikan, Allah itu sudah mengatur jodoh, rezeki dan maut pada setiap hambanya. Tidak usah takut tidak laku. Terus perbaiki diri, insha allah segera di pertemukan. apabila lama bertemu bukan berpikiran poligami, tapi lihatlah diri sendiri sudahkah perbaiki diri? Sudahkah dekati Allah yg maha memiliki Cinta?. Pakaian tertutupmu tidak menjamin jodohpun mendekatimu. Akhlak dan ibadah yg akan membantu, kalau dari cerita diatas, maaf sebelumnya dari sikap dan akhlak yg suka memprovokasi dengan hal yg tidak baik dari cerita diatas itu sudah termasuk kemerosotan akhlak. Maka Allah belum memberi pasangan untuknya, lain apabila ia memberitahunya dengan jalan baik2 dan kata2 yg baik untuk mengingati suaminya . Tunjuk diri sendiri, sudahkah pantas diri ini memiliki pasangan dengan akhlak seperti itu?. Ketika susah bertemu, itu kurang ikhtiarnya, dan masih kurang perbaiki dirinya. astagfirullahaladzim semoga kita dilindungi dari informasi2 yg asal share. Astagfirullah astagfirullah astagfirullab lindungi hati dan pikiran kami dari informasi yg tidak jelas dan informasi untuk pembenaran suatu hal. aamiin

    • Hoi tolol! Tidak ada aturan Islam yang mewajibkan poligami harus dengan janda tua dan/atau miskin! Jangan buat-buat ayat sendiri kau! Biar omongan kau santun, kalau sesat tetap saja menyesatkan! Bodoh kau!

  61. poligami boleh dalam islam…. klo mampu adil dalam arti materi dan kasih sayang.. klo cinta gak bisa dipaksakan….

  62. kenapa harus takut tua.. Siti khadijah aja dinikahi rasullulah di umur 40 tahun…dan satu satunya istri nabi yang memiliki keturunan,.. dan ingat selama beristrikan siti khadijah, rasullulah ngak pernah poligami…. itu cinta sejati.. berhadiah sorga sebagai janji Allah.. Bahagialah anda dengan satu istri…

    • Oi tolol! Siti Khadijah itu statusnya janda saat dinikahi Rasulullah. Ya benar, memang Rasulullah tidak pernah poligami selama Siti Khadijah masih hidup, tapi bagaimana saat dengan Siti Aisyah?
      BODOH KAU!

  63. Poligami ditentang, selingkuh jadi trend, prostitusi dilegalkan perbuatan zina jadi kebiasaan..sudahlah kita kembalikan pd pribadi masing2.. Allah lebih tahu dengan semua ciptaanNya..tetaplah dlm ketakwaan.

  64. saya ikhlas seandainya nanti suami saya berpoligami … Jadi istri pertama atau kedua hak dan kewajiban sebagai istri tetep sama menurut saya,, tidak usah berdebat … Yang ikhlas monggo yang ndak ikhlas juga ndak pa” 🙂

  65. Di dlm Alquran mmng membolehkan poligami,utk para laki-laki jgn cm masalah poligami yg dipahami dlm Alquran mending baca n pahami semua isi yg terkandung n terapkan jg dlm hidup kalian para laki laki jgn cm poligaminya saja

  66. Wahai saudaraku jangan lah kalian terpengaruh oleh orang” yg tidak menyetujui untuk bepoligami,karena golongan orang yg seperti itu cuma menginginka umat muslim menyalurkan nafsu nya di jalan setan (zinah),janganlah kalian takut sama yg di ciptakan nya (istri) tapi takutlah sama yg menciptakan nya (Allah.S.W.T),semua orang yg berpoligami pasti punya nafsu tpi bagus sekali kalau nafsu nya itu di salurkan di jalan yg benar (menikah)

  67. Kok di artikel ini antara “GALAU MENIKAH” dengan “ATURAN ISLAM” dipaksakan tersambung ya??!!
    yang harus dilakukan itu bukan minta dicarikan jodoh. Minta dong dipertemukan dengan jodohnya. Minta sama Sang Penyayang bukan minta sama KELUARGA.

    • Ente gagal faham.
      Kisah ini (mungkin) fiksi saja, semacam kisah motivator. Tapi gadis2 tua yang galau karena pasangan hidup nya belum ada itu FAKTA di LAPANGAN. Sekarang ente mikir bujangan ganteng muda dan penghasilan, apa kira2 mau dengan gadis tua? Bisa saja cuma berapa sih persentasenya? Oh bagaimana dengan duda? Oke, tapi belum tentu seorang duda pun mau mengambil si gadis tua sbg istri kalau ada janda yang lebih cantik dan seksi. Ini kenyataan, mbak. Banyak tuh gadis tua dimana2, kasian banget. Kalau para gadis tua ini pakek betingkah anti poligami pula, PARAAAAHHHH!

  68. Jngn ambil kesempatan dalam kesolehan anda untuk berpoligami..msih bnyk cara lain untuk mentaati perintah Allah..jngn melebihi seperti nabi muhamad karna dia cukup adil dan bijaksana..kita cm pengeikutnya..nabi muhamad ad alasan’bkn di rencana atau dan bkn keinginan..poligami memang sunnah’tpi tidak di wajibkan…

    • Omongan anda santun tapi menyesatkan. Kalau anda tahu poligami tidak diwajibkan kenapa anda masih bilang :

      Jngn ambil kesempatan dalam kesolehan anda untuk berpoligami..

      Anda ini santai tapi goblok!

  69. Cerita diatas itu hanya karangan..semata mata biar mau membuka hati seorang istri biar rela tuk dipoligami..sudah bnyk sy baca cerita seperti diatas di artikel lain..dan itu sm dngn cerita diatas yg di postkan..

  70. Aww,wr,wb. Sebelum nya sy ingin bercerita sedikit kisah saya, sy sdh berumur 40 th, kami sdh menikah 14 thn. umur semakin bertambah kemampuan fisik perempuan pun mulai berkurang, walaupun suami juga berumur 41 thn. Tetapi fisiknya masih segar dan kuat. karena sy bekerja dan pulang malam, sehingga saya sdh lelah dan letih, sehingga kebutuhan suami agak terabaikan.. Suami saya suka marah2 bila kebutuhannya tdk tersalurkan. Sampai2 saya berdoa macam2 kepada Allah sambil sedih dan menangis, Dan doa saya pun terjawab.
    Suami ingin berpoligami tetapi saya yg mencarikan… Ya Allah, sungguh amat sangat sedih hati ini. Sanggupkan saya harus berbagi suami dengan wanita lain..? Apa makna dibalik ini semua…? Apakah karena Allah sayang sama saya…? kejadian demi kejadian kami (saya dan suami) lalui bersama dengan penuh argumen dan perdebatan.
    Setiap kali saya merasa tidak sanggup untuk menjalaninya, saya minta cerai. karena tidak ada kamus dalam keluarga saya yg namanya POLIGAMI. Dengan tegas saya mengajukan gugatan cerai kepada suami saya. Tetapi suami saya tidak pernah mengabulkannya. Dia (suami) katakan bahwa ini semua adalah TAKDIR yang Allah berikan kepada kita. Kita sebagai manusia hanya menjalankan perannya di dunia… semua hidup kita sudah ada yang atur…..
    Saya selalu terdiam bila sdh berbenturan dengan ayat-ayat Al Qur’an tentang itu… saya hanya bisa diam dan bisu 1000 bahasa. Rasanya ingin berontak tapi tak mampu…. semakin saya berontak saya merasakan Allah makin menekan dan memojokkan saya pada situasi yang amat sangat sulit, saya harus pasrahhh dan menyerah…..
    Adakah ayat-ayat Al Qur’an yang membela diriku sebagai isteri (wanita) yang tidak mau diPiLOGAMI, sungguh amat tdk nyaman dan sakit rasanya jika hrs berbagi suami dengan wanita lain….
    Allah Maha Besar, Allah Maha Penyayang, Allah Maha Mengetahui segalanya. Mungkin bagi kita itu tidak baik, tapi bagi Allah itu adalah hal yang terbaik buat kita… Mungkin ada hikmah dibalik semua runutan kejadian hidup kita. Tanpa kita sadari…
    Sampai detik ini saya mencari makna dan arti TAKDIR itu sendiri…. bisakah kita merubahnya…. ??? Allahhu Alam bisawab… Hanya Allah yang tahu, dan semuanya hanya dengan ridho Allah….

    • Floretha N, ini statement anda : “karena tidak ada kamus dalam keluarga saya yg namanya POLIGAMI”
      Agama anda Islam atau “kamus keluarga??”
      Anda ngotot minta cerai karena suami anda menikah lagi, anda tidak takut jadi wanita tidak mencium bau surga?!
      Cerai itu hanya boleh dengan alasan syarí : Misal
      1. Suami tidak shalat, puasa dll
      2. Suami suka berzina (PSK, WIL dll)
      3. Suami impoten
      4. Suami homo/biseks
      5. Suami mandul
      6. Suami membahayakan istri secara fisik (suka menghajar meninju menendang melempar istri dll)
      7. Suami fisiknya cacat yang dominan (jelek luar biasa, lumpuh, dll)
      Menikah lagi BUKAN alasan syari karena MUBAH hukumnya. Sama saja suami mau makan nasi rendang terus anda minta cerai karena anda benci nasi rendang!

  71. Ngaku dirinya muslim tapi,
    – diperintahkan Shalat, katanya “gak sempet, sibuk, males, nanti aja klo udah kaya”
    – di perintahkan berhijab, katanya ‘panas, gak gaul, gatel, takut gak laku’.
    – di anjurkan, zakat, infaq, sedekah, katanya “gak ada duit, gw aja kurang, emang kalo gw butuh ada yg nolongin”.

    Sungguh Allah SWT pemilik segala maha, Dia ciptakan makhluk bernama manusia yang mulia, sangat tinggi akal & nalarnya. Satu-satu nya makhluk yg diberikan kepercayaan untuk merawat dan menjaga bumi. Dan satu2 nya Makhluk yg beri kemampuan bahkan untuk “MENGGUGAT PERINTAH PENCIPTANYA”.

    Renungkanlah wahai Saudara, bila Dia berkehendak, Dia dapat medatangkan Hujan badai bencana yang tak terduga dalam hidupmu yg kalian anggap cerah ceria tiada awan pertanda hujan. Sadarlah bahwa bila saat ini Anda masih bernafas, artinya Anda masih diberikan KESEMPATAN.

  72. Asal mampu (nafkah lahir bathin, berusaha untuk adil seadil nya dalam taraf kemampuan manusia itu sendiri karena keadilan hakiki/sejati adalah milik allah swt, istri mengikhlaskan dan bukan dilandaskan nafsu semata tapi karena niat menjalankan ibadah di jalan allah swt, insyaallah berkah)..rezeki, jodoh, maut sdah ada yg mengatur..

  73. “Ini hati bukan roti”. Menarik memang jika membahas tentang “Poligami”. Karena dijamin pasti bertabur pro kontra pendapat. Ada yg inilah,ada yg itulah. Silahkan Bebas berpendapat selama bebasnya itu bertanggung jawab. Merujuk pada cerita pendek di atas menurut saya berhasil memberikan pesannya sendiri, nyatanya banyak yg tersentuh secara emosi. Terlebih dari kaum feminis yang mungkin menolak bahkan menentang Poligami. Namun saya kurang begitu setuju jika menikah itu karena alasan takut di sebut tekananPoligami itu sendiri merupakan suatu hal yang tidak dilarang dan diperbolehkan sesuai dengan syarat maupun dalil – dalil yg telah ditentukan, berlaku Adil dan keikhlasan adalah wajibnya. Di luar sana untuk mereka yang berpoligami mungkin mempunyai alasan- alasan tertentu kenapa mereka berpoligami. Dan bagi mereka yang menolak dan menentang poligami pastinya mempunyai alasannya tersendiri pula. Pada prinsipnya segala kehidupan umat manusia di muka bumi telah diatur oleh-Nya Termasuk hidup,mati dan jodoh serta rezeki. Kembali melihat cerita di atas bahwa masih terbatas yg dilakukan si penulis karena

  74. Yang Mau Poligami Silahkan….
    Yang Gak Mau Poligami Silahkan…
    Yang Mau Di Poligami Silahkan…
    Yang Gak Mau Di Poligami Silahkan….

  75. Poligami karena menolong sesama/hal lain utk mngharap ridho Alloh=buaguuuss
    …. eitsss..tapi klo Poligami dengan pacar lama dg dalih ditinggal suaminya=muoduuusss….

    • Lha ketimbang si suami berzina dengan pacar lamanya?? Bukankah lebih baik mengambilnya sebagai istri kedua?? Mikir oi. Wajar aja nickmu bodos. emang lu BODO.

  76. Kita gak akan pernah tau kencangnya arus gelombang samudra tanpa berlayar… Kita juga gak akan tau dalamnya samudra tanpa menyelam… Begitu juga dengan berbuat adil kita gak akan tau mampu atau gak kalo kita gak berpoligami…

  77. Poligami itu halal … Tp menyebabkan ketidak seimbangan ekosistem manusia . . .tuh buktinya laki2 jomblo banyak . . bahkan sampai usia 40 msh aja jejaka . . hahahaha lucu juga ya … Udahlah jodoh itu hanya satu .. Setia pada pasangan itu rejekinya udah cukup buat hidup berdua dn berkeluarga . . . dibagikan pada yg membutuhkan itu lebih baik … Bukan malah poligami … #mau trima koment saya ya syukur ga ya gpp …just i think is imposible

  78. saya sudah punya istri , dengan 3 anak , pekerjaan sekarang pns, ingin…. sekali berpoligami, tapi kayaknya susah nyarinya, bagaimana ya? tolong kalau ada hubungi email saya.:syarifmuhammad656@gmail.com,(082175770987

  79. sayapun sprt mba narasumber, tp bkan krn usia saya menerima.
    karena saya sudah tidak lagi mau memulai segalanya dari awal. perjodohan yg dialami kekasih saya memaksa saya harus merelakan dy untuk menikah dgn pilihan orgtuanya itu. tetapi dilain hal kami pun ingin menikah.
    aku putuskan untuk (insya allah) mengikhlaskan ini terjadi.
    Allah sedang menguji sabar dan ikhlasku. semoga Allah ridho. Aamiin

  80. (“Mana ada wanita yang mau di Poligami? kalo ada, bodoh wanita itu”)
    Istri-istri nabi, istri-istri sahabat nabi, istri-istri para tabi’in/pengikut sahabat dan istri2 orang beriman sd akhir zaman, mereka semua tidak ada yang protes dengan hukum poligami, apakah mereka adalah wanita-wanita yang bodoh? tentu tidak, yang bodoh itu kamu, krn kamu belum mempelajari ilmu fikih atau ilmu poligami, krn kamu belum mendapat ijasah kelulusan pelajaran fiqih poligami, jadi yg bodoh itu yg belum lulus tapi sok merasa pintar.

  81. Jika ingin mengikuti sunah contohlah Rasulullah SAW sepenuhnya, poligami hanya dilakukan Rasulullah SAW setelah Khadijah RA wafat,
    Pada periode menikah dengan Khadijah RA, Rasulullah SAW mempraktekan monogami.
    Khadijah RA berkorban dan mendukung perjuangan Rasulullah SAW dari awal, dari nol.

    Kalau laki-laki pelaku poligami saat ini, istri pertama yang menemani berjuang dari nol, susah bersama, sakit bersama, masih sehat, masih kuat, baik, dan nerimo (apapun alasannya), mentang mentang sudah punya harta, dan ada perempuan yang mau, ya sudah poligami… kata nya ikut sunah Rasul…

    Rasulullah SAW poligami setelah Khadijah RA wafat akhiy…

    • Oi Miko goblok. Mana aturan dalam Quran dan/atau hadits, poligami hanya boleh dilakukan jika istri pertama meninggal? Mana? Bicara pakai ilmu jangan pakai dengkul. Oh otak anda di dengkul ya? Goblok aja sok ngomong lu.

  82. Hukum nikah asal mulanya boleh,dan strusnya terkadang bisa wajib,sunnah,makruh dan haram,tergantung alasannya,karena asalnya mubah alquran dan sunnah membatasinya,..alhasil seandainya menikah lbh dari satu tergantung alasannya,apakah hanya karena keingnan,apakah karna kbthan,apakah karena apa…buat para istri tak perlu punya rasa sakit bila suaminya berpoligami kalau dgn alasan kebutuhan,bkn alasan keinginan..

    • Maksud lo apa goblok? Maksud lo lebih baik cerai jadi janda sampai mati lebih baik daripada dipoligami? Meskipun resikonya di akhirat tidak mencium bau surga? Ngomong pakai ilmu oi

  83. secara umum, mahluq paling kikir di dunia terhadap sesamanya adalah wanita. buktinya kebanyakan wanita tidak mau sharing suaminya dg wanita lain..tapi kalau adanya pelacuran yg meluas..kura2 dalam prahu saja..biarin emang gua pikirin katanya…jdi untuk urusan ini..kebanyakan wanita tidak punya empaty ke sesamanya sendiri…
    salam.

    • Wah jangan memvonis begitu pak?! Dalilnya apakah ada makhluk paling kikir itu wanita? Silakan tampilkan jika ada supaya tidak jadi fitnah…
      Sebenarnya memang sudah kodrat lah wanita itu tidak rela dimadu, tapi jika mereka ikhlas dipoligami, kesabaran mereka dipoligami itulah salah satu sumber pahala/ ridho dari Allah SWT. Istri-istri Rasulullah aja ada yang cekcok, tapi apa ada dari mereka yang mau minta cerai? Lucu ya, istri2 sekarang yang anti poligami suka pakai contoh poligami Rasulullah, tapi anehnya masih minta cerai saat suaminya melakukan poligami. Mau enak sendiri tuh wkwkwk.

  84. Sahabat.. Seandai nya di antara km atau keluarga km ada yg mengalami yg sama dg cerita di atas , terlalu naif jika kalian anti poligami.. Semakin kalian benci poligami semakin kalian akan dapet cobaan yg seperti itu.. Percaya atau tidak itu akan terjadi.. Karna poligami adalah wahyu Allah yg kalian tolak…

    • Subhanallah…..
      Yang ahkwat masih tetap egois walau berbentiran dg al quran, terlepas modus atau apapun yang harus dibicarakan status hukim poligami nya, kalau modus yang pria tanggung tuh derita di akherat nanti , karna kemunafikan ada tempatnya, tapi jika ihlas karna allah bukan hanya wanita saj yang dapat pahala tapi yang lakipun pasti akan jadi amal ibadah, uusan keadilan allah sudah memberi gambaran seperti pendapat pendapat di atas susah memang tuk berlaku adil, seperti hal nya khusu nya sholat karna karna hal hal lain dengan urusan keduniaan, tapi apa lantas karna sholat tidak bisa khusu kita jangan urusin dunia seperti kerja atau sosial lainya? Manusia hanya di minta ihlas tuk menerima semua aturan Nya, berusaha semaksimal mungkn, wallahu bishowab, hanya allah pemilik kebenaran

  85. Semoga yang terbaik buat pasangan tercinta.. kalau perlu Belikan celana katun stretch yg terbaik buat istri2 tercinta cek disini model yg teranyar alestarshop.blogspot.com

  86. Firman Allah … itu jauh sgt dalam dan jauh maknanya dari pada apa yg selalu dibayangkan dan dipikirkan manusia….@BARU SADAR.COM

  87. Di sini komennya macam-2. Semua krn di latarbelakangi ilmu agama yng kurang, egonya yg dominan, dan blm mendapat hidayah. Intinya poligami diperbolehkan. Klu nenentang poligami berarti menentang ayat-2 ALLAH SWT. Ketentuan ALLAH SWT Jangan di otak atik dgn kemampuan otak manusia yg dangkal dan Terbatas.

  88. Subhanallah….

    Sebenarnya saya kurang setuju sama yang namanya “POLIGAMI”. Kenapa?
    Karena saya takut menyakiti hati perempuan, Tapi saya sadar Allah SWT. jauh lebih tau dari ciptanyaan seperti kita manusia.

    Setelah saya melihat artikel ini semakin menyadarkan saya bahwa saya sangat bodoh dan benar bodoh. Allah menyuruh berpoligami kepada setiap muslim yg mampuh berlaku adil kepada istri – istrinya seperti di dalam ayat alquran, namun saya juga menemukan ayat alquran untuk menikahi 1 wanita saja. Maha benar Allah dengan segala firmannya..

    Pada intinya tidak semua orang muslim dapat berpoligami 🙂

    • Akhi jamil,,,mohon anda kasih solusi untuk menafkahi dan memberi martabat bagi janda2 yg punya anak2 yg masih kecil2 yg ditinggal mati oleh suaminya???

    • Anda keliru pak! Dalam poligami itu BUKAN harus adil, tapi harus berusaha adil semampunya. Adil sejati itu milik Allah, makhluk ya mana bisa lah 100%, kalau berusaha adil semampunya ya insya Allah bisa. Istri Rasulullah aja ada yang menjerit, menangis, menampar wadah makanan, dll karena cemburu. “Tidak akan bisa adil maka poligami tidak boleh” itu logika sesat yang sering diulang2 oleh aktivis anti poligami baik feminis maupun kaum liberal yang menjijikkan itu. Sayangnya ada saja ulama yang latah ikut2an menyebarkan pemikiran sesat bin menyesatkan ini, contohnya ada seorang ustazah terkenal yang sudah meninggal.
      Kalau “harus adil” yang diwajibkan maka sama saja nanti semua suami berpoligami dihukum di akhirat! Dan Rasulullah adalah termasuk suami berpoligami…. coba pikir betapa sesatnya pemikiran ini!!

    • Jadi maksud saya, jangan sampai bapak m. jamil salah memahami konsep keadilan dalam poligami. Ayat tentang beristri 1 itu untuk yang TAKUT TIDAK BISA BERLAKU ADIL. Tapi jika memang seorang muslim siap, tentunya dengan mengharap pertolongan Allah SWT kenapa tidak? Toh adil 100% bukanlah yang dituntut, tapi USAHAnya. Makanya ada doa yang diajarkan Rasulullah untuk dibaca tiap malam untuk suami yang berpoligami.
      Kira-kira sama dengan perintah jihad, apakah ada WAJIB MENANG?
      Itu belum menghitung jika seorang suami punya libido yang besar dan takut melakukan berzina maka poligami jadi WAJIB! Tapi para antipoligamists malah mencibir poligami sebagai sarana pemuasan nafsu, lha kalau halal memang kenapa?? Zina dg PSK yang jelas2 sarana pemuasan nafsu YANG HARAM, tidak lah dicibir oleh monyet2 liberal tsb. MIRIS! MEMALUKAN!

  89. Kok disini terkesan poligami hanya sbg pelarian krn belum mendapat jodoh. Many other things to do,,, life just once,, make it worth – lah.. kalo blm berjodoh ya berkarir aja dulu, sambil ikhtiar n tawakkal.

    • Kisah itu mungkin cuma fiksi, motivator untuk para wanita agar bersedia dipoligami, atau minimal jangan menolak. Sepertinya anda ini lebih setuju seorang gadis tua berkarir sampai katakanlah, menopause (!) sambil kekeuh menunggu bujangan/duda melamar but keep saying NO to married man karena anti poligami.
      Tai kucinglah logika anda itu.

  90. susah yaa jadi perempuan….
    Mumpung masih muda, nikmatin masa muda dulu ahh….
    kejar impian. gak mikir laki-laki apalagi nikah…
    lagian aku gamau berbagi laki laki. ambil saja kalo mau…

  91. kita hidup cuman sekali,dan matipun sekali dan nikah pun cuman sekali, dan jangan mau dipoligami oleh suamimu. wahai pria jika istrimu punya suami yg lebih dari satu apakah kamu setuju? pasti jawaban TIDAK!!! jadi jangan memikirkan kepuasan diri sendiri tapi hargai istrimu karna istrimu itu bukan seorang pelacur yg bisa gonta ganti pasangan.

    • Oi monyet tolol ngaku ustad! Istri bersuami lebih dari satu itu, TIDAK SAH, HARAM DAN ZINA! Suami beristri lebih dari satu HALAL! (maks. total 4 istri).
      Makan tai saja kau! Oh sudah kenyang makan tainya? Ya sudah tunggu lapar terus lanjut makan tai lagi sana!

  92. Hai, om om semua. Saya anak hasil poligami. Tolong jangan berpoligami ya. Jangan hanya memikirkan perasaan istri atau keadaan finansial, pikirin juga perasaan anak. Gimana kalau anak hasil poligami kalian udah dewasa, apa sebelum poligami kalian pernah mikirin itu? Saya anak dari hasil poligami. Asal om om tau aja ya. Seikhlas ikhlasnya istri, pasti mereka ada sedihnya juga dipoligami atau menjadi perempuan hasil poligami. Sering saya menjadi teman cerita ibu saya soal rumah tangga poligaminya, dan sebagai anak saya tersiksa secara mental. Sisi buruk lainnya, saya tidak dapat kasih sayang dari papa. Coba om om bayangkan, bagaimana perasaan saya ketika dulu kelas 2 SD disuruh menggambarkan pohon keluarga kemudian saya gambarkan keluarga poligami saya? Saya… Malu. Jadi, om om skalian kalau mau poligami pikir lagi ya. Jangan ada anak seperti saya lagi^^

    • Kalau bapak kau yang bodoh tak bisa urus istri-istri dan keluarga dengan adil, jangan salahkan syariatnya. Kalau kau naik motor pakai helm tapi tidak kau ikat talinya kemudian kau ngebut helm kau terbang dan hantam muka orang sampai benjol, apa aturan wajib helm yang salah?
      Mikir!

  93. Anda bisa berkata demikian krn anda adlh istri kedua. Coba anda tanya pada istri pertama, bagaimana perasaannya, saat mengetahui suaminya akan poligami. Hatinya pasti sakit dan hancur, karena pada dasarnya tdk ada wwanita yg mau berbagi suami dgn orng lain. Butuh keimanan tingkat tinggi untuk istri pertama menerima dgn ikhlas madunya. Untuk para suami, coba pikirkan dan bijaksana dlm mengambil keputusan, jgn sampai niat poligami yg tadinya akan mengantar anda ke surga malah akan membawa anda ke neraka, karena ada istri yg tdk ikhlas, dan anda yg berlaku tidak adil terhadap istri” anda. Masih bnyk sunnah Rasulullah yg lain yg bisa dilakukan tanpa menyakiti pasangan, dan masih bnyk cara utk membantu janda” dan perawan tua tanpa harus menyakiti hati istri anda.

    • Istri tidak ikhlas terus suami masuk neraka itu maksudnya dalam arti apa? Kalau suami sudah berusaha adil secara maksimal, dan juga berdoá agar usaha nya utk adil dalam berpoligami diterima Allah (bahkan ada doá untuk suami yang berpoligami sebagaimana diajarkan sang manusia terbaik yaitu Rasulullah), maka cukuplah dan berserah saja kepada Allah. Omongan anda meskipun santun tapi menyesatkan secara halus.

    • Nahh..itu udh tau jawabnnya sbnrnya..butuh keimanan tingkat tinggi..lalu apa yg harus diresahkan oleh sang istri? Yang bener emang perbaiki imannya aja..tawakal dan ikhlas. Jangan selalu beranggapan istri kedua mendapatkan posisi yg lbh enak atau sbg sosok perebut suami orang..itu jelas salah kaprah.. Intinya kan mau istri yg no berapa pun ya memang harus berbagi dan ikhlas.. Kalau sampai terjadi hal hal yang tidak ssi dgn hukum poligami itu sndr ya brarti pelakunya yg ngawur

  94. Al Quran adalah Sunnahtullah dan poligami atau ta’addud di atur dalam al quran di surah annisa ayat 3 dan ayat 129,jadi tidak usah berpolemik dan repot2 diperdebatkan karena Sunnahtullah hanya untuk orang2 yang bertaqwa yang sami’na wa’ato’na terhadap Sunnahtullah dan Sunnah Rasulullah,,,,untuk yang tidak setuju poligami atau ta’addud silahkan saja,,,Allah Subahanahuwata’ala lah yang memilih diantara hamba-hambanya yang mendapatkan hidayah NYA

  95. Sedihnya ya mba yg satu ini… Sampe2 mau jadi istri ke2/3/4…
    Coba luruskan niatnya dulu mba, nikah itu untuk apa? Salah jika hanya untuk memiliki seorang suami… Seorang imam… Nikah itu pada Hakekatnya adalah spt tercantum dlm Al Qur’an surat Ar Rum 30:21= Tujuan pernikahkan adalah untuk menciptakan ketentraman (sakinah) dalam hati suami-istri.
    Jadi… Jika tidak ada lagi ketentraman yg dirasakan Oleh istri maka ia berhak menolak piligami dan minta ditalak saja jika suami kekeh hendak poligami.
    Ingat loh… Fatimah RA putri Rasulullah saja menolak untuk dipoligami oleh Ali suaminya, meski maksud Ali baik dgn melamar putrinya Abu Jahal (ingin menyelamatkannya dari kejahatan ayahnya) akan tetapi niat poligami itu menyakiti putri Rasulullah hingga saat Fatimah mengadukan hal ini kepada Rasulullah maka Rasul pun langsung ke masjid dan naik ke mimbar mengatakan bahwasannya Fatimah adalah sebagian dari diriku, yg menyakitinya maka juga menyakitiku, sungguh aq tidak mengizinkan putriku untuk dipoligami oleh Ali kecuali Ali terlebih dulu menceraikan fatimah…
    Cerita jelasnya silahkan subscribe…
    Jadi memang tidak ada dalil shahih dan tercantum di Al Qur’an mengenai istri akan masuk surga jika mengizinkan suaminya menikah lagi…
    Di Al Qur’an hanya dikatakan…
    Sabar dalam ketaatan terhadap suami dan Allah memberikan pahala-Nya hingga tak terbatas…
    Jelas toh…
    Poligami dibolehkan dlm islam
    Tujuan Menikah adalah untuk mendapatkan kerentraman hati (sakinah) terhadap suami dan istri.
    Yang mengatakan:
    Berfikirlah kalo dunia ini byk sekali perempuannya ketimbang lelakinya maka bolehkanlah para suami untuk poligami… Hadeuuh…
    Lupa ya? Bahwasanya Rezeki Mati dan Jodoh itu sudah tercatat dlm Lauh Mahfuz… Jadi jangan takut hingga menghalalkan diri untuk menyakiti hati sendiri menjalankan pernikahan dgn lelaki beristri… Itu namanya anda tidak percaya dgn Ketetapan Allah!

    • Jangan tolol oi. Kisah itu toh bisa saja fiksi. Cuma sebagai contoh motivator para istri agar mau dipoligami.
      Kau pakai contoh Ali bin Abi Thalib RA, oke. Tau kah kau, bahwa ada dua pendapat ulama ttg hal tsb:
      1. Karena Ali RA dilarang keras menyatukan satu wanita suci (Fatimah) dan wanita anak musuh Islam dalam satu keluarga!
      Hadits :
      Sungguh aku tidak mengharamkan yang halal, tapi demi Allah, tidak akan bersatu putri Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dengan putri dari musuh Allah dalam satu tempat, selama-lamanya“
      2. Kekhususan Siti Fatimah sebagai putri dari manusia termulia sepanjang zaman!
      Sekarang aku tanya, apa kau anak Nabi???? Kalau suamimu mau poligami dengan monyet2 betina dari rombongan JIL maka aku dukung kau menolak dia berpoligami! Tapi kalau kau bukan anak Nabi, dan suamimu mau berpoligami dengan seorang muslimah baik2, apa hak kau melarang?? BODOH!

  96. intinya harus ikhlas lahir batin kalau dipoligami kalau tidak ya bisa menyeret si lelaki ke neraka.

    lagipula untuk Weny,
    islam mengajarkan kita untuk tidak terlalu mencintai dunia
    mencintai suami itupun karena disuruh Olehnya
    tidak boleh melebihi mencintai Yang Maha Menciptakan kita
    Wallahualam bishawab

  97. Adil adalah bukan suatu perbandingan yg sama..
    Adil adalah dimana kita mampu meletakkan sesuatu sesuai dengan tempat dan manfaatnya..
    Ikhlas pasti bs d peroleh, semua dr batin sang istri jika minim tuntutan pd suami inshaaallah Ikhlas akan tertanam..
    Bukankah Allah akan selalu meringankan beban d pundakmu yg memberatkan punggungmu..
    Segala sesuatunya adalah hanya Pada RidhoNya..
    Diserahkan padanya..
    Rizky, btw dlm pembagian Rizky wahai para istri yg berpoligami jangan tkt akan kekurangan Rizkymu sudahkah kalian melakukan tugas mu sebagai Sayap Suamimu untuk menjemput Rizkynya -Berdhuha -Bertahajud-Berhajat..
    Semua Janji Allah dalam pernikahan adalah akan menjamin kehidupan untuk anak anak dan istri istrimu..
    Trimakasih para wanita yg siap d poligami siaplah menjadi sayap Bagi Suamimu sayap menuju SurgaNYA kelak, Lakukan semua sesuai syariat tundukan hati oleh gemerlap dunia…
    Semoga selalu dalam lindungan Allah

  98. Hahaha…gokil2 bgt comentnya semua.
    Asli,,bikin aku ketawa setengah mati. Tapi yg jelas guys, poligami itu sah2 aja kok asalkan prianya bs adil. Dan kita wanita hanya perlu ikhlas jalaninya. Ikhlas itu sulit selama kamu belum mencoba dan belum tau hikmahnya. Tapi aku uda mencoba, dan itu indah banget..Aku mencintainya ikhlas karna Allah. Walaupun ia sudah memiliki istri. Tapi rasa cinta ini tulus, aku juga tak cemburu jika ia bersama istrinya sebab sudah ada keikhlasan dlm diriku.. Well, buat para wanita, ikhlas jika suami kamu memutuskan poligami, niscaya bahagia untukmu dunia akhirat..

  99. Untuk orang muslim ingat ALQURAN itu pasti benar…kalo tidak mau di poligami itu benar, tapi kalo menentang poligami itu menentang ayat ALLAH SWT…pikir dan renungkan ini para muslimin dan muslimah. Dan untuk non muslim tolong jangan komen yg anda sendiri tidak punya kitab yg jadi pedoman beragama kalian.

  100. Aku bahkan pernah menawarkan poligami pada suamiku untuk menghindarinya dari zina terhadap wanita lain itu.. rumit sekali jika dijelaskan..
    Aku ikhlas.. dan aku bisa mengerti…

    • Ya benar mbak.. lebih baik dia berpoligami daripada dia berzina. Semoga keikhlasan mbak dibalas Allah SWT dengan pahala dan ridhonya….

  101. Gw sih netral ajalah, puyeng liat orang koar2 pro kontra.
    Apalagi sampe bawa2 al quran dan hadist2nya, ilmu agama gw masih perlu bnyak2 belajar sih

    • Mksdnya apa bawa2 Al Quran dan hadits? Dimana salahnya mendasari statement pakai dalil? Jadi maunya ente apa, jangan bawa2 Quran dan hadits tapi bawa2 ayat2 bible? Tripitaka? Veda? Quote Carl Sagan?
      Galau ente….

  102. Gini aja… siapa yg mau dipoligami saya… hub 081293383269… ga usah banyak komen, pro dan kontra. Yg pro coba saja dan yg kontra jangan terlalu “berperasaan” nanti Allah kasih cobaan ttg hal ini. Poligami adalah pilihan hidup dan mubah bagi laki2. Allah Maha Tahu ciptaannya. Maka jangan berperasaan dg hawa nafsu bahwa poligami menyakitkan atau perlu adil. Berperasaanlah dg petunjuk Allah. Allah kata boleh ya boleh. Mukmin cukup kami dengar kami taat. Semua manusia tdk ada yg sempurna dan tak luput dosa.

  103. rame ya klo mslh poligami ,ga hbs2 komenya,apalgi klo debatnya sama perempuan,,wah ga kelar2,,klo saya usul bagi para suami yg mau polygami,,cb maximalkan dulu amalan sunnah nabi yg lain dulu,kaya shlat tahajud,syaum sunnah,sholat jamaah,baca quran,sodaqoh,,klo sdh maximal,merasa sdh ga ada sunnah nabi yg blm dilakuin kecuali poligami,,baru lakukanlh itu sbagai penyempurna sunnah.saya akin itu akan lebih indah,berkah,,contohnya kaya us Arifin Ilham…

  104. Miris melihat masih saja ada yang selalu beranggapan “miring” tentang istri kedua.. Terlebih dalam konteks pernikahan poligami yang sebenarnya memiliki tujuan mulia sesuai syariatNya. Apakah salah bila istri kedua lebih muda? Apakah salah bila istri kedua lebih cantik? Lantas apakah sebagai istri kedua kmdn itu menjadikan dia half-woman? Yang mungkin memiliki kadar hati nurani dan rasa cemburu dibawah rata-rata wanita pada umumnya?? Kodrat kami sbg wanita pun sama, tidak ingin dimadu dan memimpikan memiliki seorang pasangan yang akan tetap bersama sampai dengan maut memisahkan. Namun ketika takdir berbicara bahwa kita adalah sebagai istri kedua bgm??
    Apakah masalah berbagi dan mengikhlaskan hanya milik istri pertama? Apakah masalah mengurus anak dan melayani suami hanya milik istri pertama? Apakah cemburu dan rindu menggebu hanya dirasakan oleh istri pertama?
    Tolong jangan pandang dan perlakukan kami sebelah mata, kami ada untuk melengkapi dan saling menjaga, bukan utk “merebut” suami orang.. Menjaga kehormatan dan menjauhi zina adalah hal yang sangat berbeda dari konteks “merebut”.. Kami tidak lebih dari seorang wanita yang secara naluri ingin dilindungi, ingin melayani dan mencari ridha suami..kami pun menanggung tanggungjawab yg besar utk menjaga diri dan merawat serta mendidik anak2 kami..kami juga adalah seorang IBU.
    Kami ditakdirkan seperti ini bukan utk dihakimi..nyatanya,persepsi negatif ttg Istri Kedua dst nya itulah yang pada akhirnya menodai konsep poligami itu sendiri.
    Jangan tanya apakah kami tidak kasihan atau tidak peduli dgn perasaan istri pertama..bahwasanya ini bukanlah cita-cita kami selain apa yang sudah digariskan..

    • iya mba, saya setuju sekali dengan komentarnya. apa yang salah menjadi istri kedua dan memang lebih muda dr pada istri pertama? apabila ini memang perihal yg sudah digariskan oleh Allah. Tapi mba, yasudahlah biarkan saja apabila banyak yang skeptis dengan istri muda atau posisi istri kedua, tiga atau empat. Toh yang penting rumah tangga harmonis

  105. Gampang dibaca tapi buat diamalkan susah. Saya buktikan sendiri, sampai hari ini istri pertama saya tetap ngotot minta saya ceraikan istri kedua, dia bilang masih banyak cara lain buat berbakti pada suami dan taat pada tuhan

  106. Subhanallah, bagus sekali ceritanya. Saya juga seorang calon istri yang akan dipoligami tepatnya menjadi istri kedua dari suami saya. Alhamdulillah saat ini sudah dikhitbah dan menunggu walimah. Dulu, saya juga anti dengan poligami. Bahkan hingga saat ini apabila ditanya rela atau tidak menjadi yang kedua, tentu sebagai wanita, perasaan ini tetaplah ingin menjadi yang satu2nya. Tapi sepertinya ini sudah jalan dari Allah, bahwa jodoh saya memang sudah beristri. Memang benar kalimat love is blind. Saya yang anti menjadi pro. Mau bagaimana lagi kalau ini adalah jalannya. Alhamdulillah pasangan saya sangat adil, dan beliau paham adab2 dalam berpoligami. Insya Allah, apabila suami mengerti dengan adab dan aturan berpoligami rasanya seperti kita adalah wanita satu satunya yang dimilikinya, tidak terasa apakah kita yang kedua atau ketiga. Poligami bukanlah suatu penjajahan terhadap wanita yang seringkali digemborkan oleh para anti poligami, apabila suami adil dan faham begitu pula istrinya.

  107. Wanita :Kalo gak mau dipoligami ya sudah itu hakmu gak mau dipoligami jangan main sok benar sendiri toh yang mau aja banyak kok dan gak repot
    Lelaki : kalo km ga bisa dan gak berani poligami ya sudah gak sah cari pembenaran toh banyak lelaki yg berpoligami

  108. Abaikan manusia manusia yang belum merasakan apa yg telah dirasakan para lelaki poligami dan para istri muda

    Wanita yg gak mau dipoligami bersumpahlah kuatkan prinsipmu tidak akan pernah mau dipoligami sampai mati

    Lelaki bersumpahlah tidak akan mau berpoligami sampai mati

    Apapun yg terjadi itu baru keren

    Kalo gue sendiri mau banget poligami
    Cuman kan Allah belum kasih
    Toh kalo bukan jodoh tetap bae istrinya satu sampe matipun istrinya tetap bae satu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here