Jam Berapa Waktu Terbaik “Bercinta” Menurut Islam dan Sains

41
414115
kamar romantis © examiner.com

Salah satu hal penting dalam kehidupan suami istri adalah “bercinta”. Ia menjadi hak sekaligus kewajiban suami-istri untuk saling membahagiakan, sekaligus langkah ikhtiar menghadirkan generasi baru.

Lalu kapankah waktu (jam) terbaik “bercinta” dalam pandangan Islam dan medis? Berikut penjelasannya.

Waktu “bercinta” dalam pandangan Islam

Secara umum, jam berapapun suami-istri diperbolehkan Islam untuk “bercinta.” Namun, perlu diperhatikan agar tidak menabrak waktu shalat jama’ah sehingga suami ketinggalan shalat jama’ah. Selain itu, perlu diperhatikan juga waktu yang tidak kondusif semisal ada anak-anak yang tengah terjaga dan lain-lain.

Secara khusus, ada tiga waktu yang diisyaratkan dalam Al Qur’an; yakni sebelum Subuh, tengah hari dan setelah Isya’.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لِيَسْتَأْذِنْكُمُ الَّذِينَ مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ وَالَّذِينَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنْكُمْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ مِنْ قَبْلِ صَلَاةِ الْفَجْرِ وَحِينَ تَضَعُونَ ثِيَابَكُمْ مِنَ الظَّهِيرَةِ وَمِنْ بَعْدِ صَلَاةِ الْعِشَاءِ ثَلَاثُ عَوْرَاتٍ لَكُمْ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلَا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌ بَعْدَهُنَّ طَوَّافُونَ عَلَيْكُمْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَعْضٍ

“Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum baligh di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum shalat subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah shalat Isya. (Itulah) tiga ’aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebahagian kamu (ada keperluan) kepada sebahagian (yang lain)…” (QS. An Nur : 58)

Ayat di atas memang tidak secara tegas menyebut waktu “bercinta” namun dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa para sahabat menyukai saat-saat tersebut untuk “bercinta.”

Diantara tiga waktu tersebut, mana yang terbaik? Yang paling sering dipilih adalah setelah Isya’.

Waktu “bercinta” dalam pandangan Sains

Pukul 06:00 – 08:00
Pada jam-jam ini, produksi hormon testosteron pada pria naik sehingga gairahnya juga tinggi. Namun, kadar melatonin pada wanita tinggi dan suhu tubuhnya rendah sehingga ia tidak terlalu suka “bercinta.”

Pukul 08:00 – 10:00
Pada jam-jam ini, hormon endorfin wanita mencapai level tertinggi dan membuatnya bergairah. Namun, hormon testosteron paa pria telah kembali ke normal. Jadi pada jam-jam ini, wanita siap “bercinta”, pria tidak begitu siap.

Pukul 10:00 – 14:00
Jam-jam ini adalah jam-jam sibuk dalam kehidupan modern, baik yang bekerja di luar rumah maupun wanita yang mengurusi pekerjaan rumah tangga.

Pukul 14:00 – 16:00
Jam-jam ini adalah saat terbaik sistem reproduksi wanita. Sperma yang diproduksi pria juga memiliki kualitas terbaik sekitar jam 4 sore ini. Dokter umumnya menyarankan memanfaatkan waktu ini untuk pasangan yang ingin cepat hamil. Namun bagi yang bekerja pada jam kerja normal, jam-jam ini termasuk jam-jam sibuk.

Pukul 16:00 – 20:00
Pada jam-jam ini tubuh pria maupun wanita cenderung ingin istirahat dari kesibukan dan kepenatan setelah seharian beraktifitas

Pukul 20:00 – 22:00
Pada jam-jam ini wanita sangat bergairah dan siap berhubungan. Pun, pria dalam kondisi santai. Jam-jam inilah waktu terbaik “bercinta”

Tengah malam – dini hari
Pada jam-jam ini tingkat melatonin wanita sangat rendah, dengan sensitifitas tinggi. Namun, umumnya wanita tidak bersemangat. Pria juga dalam kondisi tenang dan santai. Jadi tergantung kondisi keduanya apakah mau menyempatkan di waktu ini atau lebih memilih istirahat.

Kesimpulan

Waktu terbaik “bercinta” yang beririsan antara pandangan Islam dan sains adalah pukul 20:00 – 22:00. Ini juga termasuk waktu ba’da Isya’ menurut surat An Nur ayat 58 tersebut. Wallahu a’lam bish shawab. [Keluargacinta.com]

41 COMMENTS

  1. Aslmkm Ustadz.
    Ustadz saya ingin menanyakan tentang bumbu rumah tangga.
    Saya baru nikah 1 bulan ini menikah dengan orang saya sayangi.tetapi setelah menikah dia berubah ustadz. Sikap, kasih sayang, dan perkataan sudah berubah.
    terlebih lagi untuk diajak berhungan sering ditolak dengan kasar.
    tolong kasih solusi nya ustadz.

    • wa;alaikumsalam
      (jadi ustad)
      bumbu dalam berumah tangga adalah komunikasi.
      bagaimana tidak, jika masalah kadang timbul karena miskom terkadang malah maslah bisa terselesaikan juga karena komunikasi.
      Dalam rumah tangga harus saling komunikasi karena dengan demikian akan tahu apa2 yang dimau keduanya atau apa2 yang dibenci keduanya.
      komunikasikan dengaN keduanya.
      Ingat laki2 sedikit bicara daripada wanita jadi saling memahami itu perlu.
      Bisa jadi ketika itu ada masalah atau sebagai nya

      salam

  2. Assalamualaikum,,, ustad saya mau tanya,, boleh kah jika istri sudah selesai datang bulan/hed boleh langsung berhubungan atau istri nya mandi hadis dulu baru berhubungan.

      • Thanks for shar­ing, this is a great advice and a very good exÂao­nlp­tian! I tell myself every Mon­day that I have to start to com­ment on blogs and to stop leav­ing my pos­i­tive emo­tions about beau­ti­ful things only for myself! -)) Maria De Faci Photographer´s last [type] ..

  3. Belum nikah Ustadz.. tapi belajar dulu juga gapapa kan? Ngomong-ngomong ada baiknya bagian sebelah kiri keluarga cinta.com ini diperlebar, dikarenakan dalam tampilan layar PC saya cukup menganggu.. kecuali bila saya zoom, baru hilang iklannya. Terimaksih..

  4. Assalamu’alaikum…ustadz mau nanya nih apa sih kriteria utama untuk mencari suami,saya lagi nyari pasangan menurut syariat islam

  5. Ass ustad…. Sy mo nanya.. Apa hukum ny klo kita mnikah tp bkn dgn wali kta sndri n bkn jg wali hakim.. Mlain kan dgn org lain… Yg sbnrny bkn saudara kandung kita….. Mksh ustad… Jawaban sy tunggu…

  6. Asallamuallaikum pak ustad, terus terang saya bosan dengan kehidupan rumah tangga saya,karna sikap suami saya yg tak mau berubah,yg tdk pernah perhatian &memberikan perhatianx kpda saya,sebagai seorang istri &seorang wanita,saya sangat inggin bisa di sayang &di perhatikan,tpi itu tdk pernah saya dpat kan,saya berusaha bertahan demi anak kami,bagaimana solusix pank ustad

  7. Assalamualaikum…pak ustadz… ana mnta doanya utk semua tmn disini amga kita yg masih lajang bsa melepas masa lajang ditahun ini… mdh2an dpt imam yg terbaik amin

  8. Saya sudah membaca memahami,dan mencoba menarik ke simpulan.dari beberapa koment teman-teman.
    Inti nya..dalam hal ber cinta.hendak lah dengan ke ihklasan.

  9. Assalaamu alaikum Ustadz…z udah nikah ustadz…tpi blum bisa mnjaga pandangan trhadap lawan jenis…apa ada solusinya ustadz???

  10. Bagi suami ato istri yg bermasalah dengan kurangnya perhatian/kasih sayang,,,
    Cobalah unt memulai dr diri sendiri unt memberikannya. Jika sudah memulai namun belum ada tanggapan maka komunikasi solusi terakhir. Kalo n kasih sayang/perhatian tidak diucapkan tapi dilakukan.

  11. Assalamualaikum….salam kenal buat sohib keluarga cinta…, sya baru gabung meskipun sering nyimak..alhamdulillah…bertambah ilmu yg td tidak tau…sekrang udah ngerti makasih buat ustad ustadzah pengasuh keluarga cinta atas informasi atau ilmunya.. o iya lewat rubrik ini saya ingin mencari pasangan hidup muslimah tentunya…bagi sohib keluarga cinta mohon bantuannya..silahkan hub : 081253235365 chandra arianto…terimakasih sebelumnya..wassalam

  12. Ku yakin , Allah akan memberikan yang terbaik buat hambanya. Manusia diciptakan berpasang-pasangan … Laki2 baik akan mendapatkan wanita yang baik pula….

  13. Welcome back 巔巔兄I was able read several blogs at last after 24 hours or more and eeyvrone BLOGGED about the Internet failure.We are TOO OVER relied on Internet these days.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here