Shalat Istikharah untuk Memilih Jodoh

ilustrasi shalat istikharah © whatisquran.com

Seorang laki-laki datang kepada orang tua saya dengan maksud ingin memperistri saya. Ini belum lamaran resmi dari pihak keluarganya, tetapi baru sebatas menanyakan apakah saya bersedia jika dilamar. Tentu saja saya tak bisa menjawab hari ini juga. Saya minta waktu untuk shalat istikharah karena saya masih ada ganjalan apakah menerimanya atau tidak.

Perlu diketahui, beberapa bulan yang lalu ada laki-laki lain yang melamar. Tetapi saya menolaknya dengan alasan ia sangat jauh dari kriteria saya. Sebenarnya laki-laki yang sekarang datang ke orang tua juga belum memenuhi kriteria saya, tapi tidak terlalu jauh. Saya khawatir jika menolaknya, akan lebih lama lagi datangnya laki-laki yang akan melamar saya. Sementara usia saya terus bertambah.

Bagaimanakah cara shalat istikharah untuk memilih jodoh sebagaimana permasalahan saya tersebut? Terima kasih.

Jawaban:

Islam adalah agama yang sempurna. Ia mengajarkan dan memberikan tuntunan apa saja yang dibutuhkan oleh umat manusia. Termasuk dalam urusan jodoh.

Ketika seorang muslim atau muslimah harus memilih satu diantara dua atau banyak hal, termasuk dalam hal jodoh, Islam menganjurkan untuk melakukan shalat istikharah. Caranya, shalat dua rakaat sebagaimana shalat sunnah lainnya yang dua rakaat (seperti shalat tahiyyatul masjid atau shalat sunnah rawatib), baik di siang hari atau pun di malam hari, kemudian setelah salam membaca doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.
Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.
Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.”
(HR. Bukhari)

Shalat istikharah tidak dibatasai berapa kali dilakukan. Artinya, jika hari ini shalat istikharah dua rakaat, kemudian besuk shalat istikharah dua raka’at lagi, maka tidak masalah. Justru semakin bagus sebagai bentuk taqarrub kepada Allah dan memohon pertolonganNya. Hingga, kita menemukan jawaban atas pertanyaan kita; kita mengambil keputusan atas pilihan-pilihan yang ada.

Seperti dijelaskan Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah, bacaan shalat istikharah setelah membaca surat Al Fatihah tidaklah ditentukan. Jadi Anda bisa membaca surat atau ayat apa pun setelah membaca surat Al Fatihah.

Bagaimana mengetahui hasil shalat istikharah bahwa kita dibimbing memilih A bukan B atau sebaliknya? Tidak seperti kata sebagian orang bahwa jawaban shalat istikharah dikirim Allah dalam bentuk mimpi, sesungguhnya hasil istikharah adalah kemantapan hati. Yakni hati kita lebih condong ke pilihan mana yang terasa lebih baik untuk kita. Hati kita mantap memilih apa, itulah hasil istikharah kita. Tidak harus berupa mimpi.

Imam An Nawawi menjelaskan, “Setelah istikharah, seseorang harus mengerjakan apa yang dirasa baik untuknya. Di samping itu, hendaknya ia benar-benar bebas dari kehendak pribadi. Jadi jangan sampai ada perasaan ini pilihan terbaik, sebelum mengerjakan shalat istikharah. Karena jika demikian, sama halnya tidak istikharah atau kurang tawakkal pada pengetahuan dan kekuasaan Allah. wallahu a’lam bish shawab. [Keluargacinta.com]

Previous articleLima Ciri-ciri Rumah Tangga Idaman
Next articleIndah dan Romantisnya Pernikahan Kedua

116 COMMENTS

  1. bagaimana jika ketika kita sudah melakukan sholat istikharah
    dan ada sebuah kemantapan hati pada salah satu pilihan, namun kita masih diliputi rasa cemas dan belum bisa memutuskan karena ada rasa takut untuk menyakiti salah satu darinya, ada perasaan khawatir melukai orang lain

    • Kalau belum mendapat jawaban dengan kemantapan hati dalam memilih, lakukan trus istikharahnya sampai datang kemantapan hati (jawaban) yang mana yang dipilih oleh hati.. kalau sudah dapat itu harus di ikuti jangan diabaikan dengan memilih yang lain, sebagaimana sudah disebutkan diatas penjelasan imam nawawi.. ini saran dan yang saya pernah dengar dari tuan gur saya.. mudah2an insya Allah..

      • As’salamu Alaikum Sadaf!Thanks for sharing your hnosechmoliog journey! Alhamdulellah, I am also hnosechmoliog my two children, ages 8 & the other one nearly 7, insha’Allah. And I commend you for mentioning certain things, like not having a TV. We don’t have one either, and any media is limited, and special, like a movie I’ve approved we watch together as a family. They do spend all their free time playing, imagining, being in the yard, doing lots of art, and just being kids. It’s lovely (although I admit, messy at times! Because our home is in constant use, it does mean more clean-up work sometimes!) Looking forward to reading more in the future, insha’Allah

    • Jika sudah minta petunjuk dan Alloh memberinya, kemudian kita masih ragu dengan petunjuknya, bayangkan bagaimana perasaan yang kita mintai petunjuk.

      • mau tanya saudaraku,,
        saya pngen sekali untuk menikah,status hubungan kami hanya bertunangan,tapi saya sangat menyanyanginya..selama 3 tahun saya menjalani hubungan ini,,ada orang ketiga yg ingin menghancurkan hubungan kami,,
        calon suami saya juga menyanyangi wanita lain,selain saya,,
        hati ini rasanya sakit,gag rela kehilangannya,apa yang harus saya perbuat saudaraku,,mohon bimbingannya…

    • Bagai mna ???kita sholat istikharoh identik dengan 2 pilihan..nah kalau kita istikharoh nya 1 pilihan saja itu gimna..tlng bantu jwb..trimks

      • kalau kita hanya punya satu pilihan saja,kita tetap melaksanakan sholat istikhoroh karena sholat istikhoroh itu bisa juga utk menanyakan siapa jodoh kita.

    • Assalamualaikum ya akhi.. Ukhti.. Saya mau minta pendapat dari masalah saya yang belum saya dapatkan kemantapan hati meski beberapa hari ini saya sudah melakukan shalat istikharah.. saya mempunyai kekasih dan umur dia 1 tahun lebih muda dari saya.. Kami sudah 2 tahuun dekat. Kluarganya Juga sudah merestui kalau dia berhubungan dengan saya. Sebenarnya orangtua saya awalnya tidak suka jika saya dekat dengan dia. Tapi tetap saja saya berhubungan secara diam2. Dan sekarang ada seorang laki2 tetangga saya yang menanyakan perihal bagaimana saya jika ingin di nikahinya mau apa tidak.. Bukan hanya dia yang bertanya. tapi bahkan sampai keluarganya. Sya di beri waktu untuk memikirkannya. Saya bingung sekali. Di satu sisi, Saya mau di nikahinya karena saya lihat umur dia lebih tua dari saya. Lebih dewasa dan agamanya pun sepertinya lebih bagus dan siap menjadi imam buat sayaa. Tapi di sisi lain ada kekasih saya yang sudah dekat dengan saya selama 2th dan sdikit banyak sudah mngetahui sifat 1 sma lain. Bagaimana cara saya mengambil keputusan dan bagaimana alasan saya sebaiknya bila ingin memutuskan hubungan dengan kekasih saya dengan alasan yang pas tanpa menyakiti perasaannya dan kalau bisa kami tetap bersahabat. Terimakasih sebelumnya

  2. Teruslah jln kan sholat istikharah nya,dan jngn putus asa perbnyk lah dzikir dan berdoa lah memohon pada Rabb mu,agar diberikan petunjuk dan kemudahan jalan untuk masalah mu.
    Salam santun dan ukhwah fillah ya ukhty @Asih kurniawati

  3. Bagaimana setelah kita melakukan shalat istikarah,kamantapan hati kita adalah dia,sedangkan dia tidak direstui sm org tua sya.

    • kita ttp lakukan sholat istkhoroh mskipun kita sdh dpt kmantapan hati dg ttp brdoa mdh2an ortu km merestui,krn klo dah ad kmantapan ht tu tndax dia jdohmu,tgl nunggu waktu aj.

  4. Assalamu’alaikum sodaraku kaum muslimin, sy sdg dihadapkan dlm mslh dgn klrg calon suami sy. Mrk trhasut oleh salah satu sodara mrk yg tdk suka akn hubungan kami hny krn tdk ingin didahului menikah. Kmdn dia menghasut org tua calon suami saya dgn mnceritakan fitnah2 yg tdk benar. Kmudian fitnah itu dilontarkan kpd klrg sy, y memang saya sakit hati dgn smua yg mrk katakan. Fitnah, hinaan, dan merendahkan krlg saya. Skg hubungan kami mnjd tidak baik krn hal itu, klrg sy hny ingin klrg calon suami sy meminta maaf kpd kami yg sbnrnya mrk sdh mengakui salah namun menurut mereka meminta maaf itu merendahkan. Namun krlg sy jg tdk ingin jika tidak ada kata maaf nantinya hal2 yg serupa akn tjd kmbli, sya bingung apa yg harus saya lakukan? Saya syg kpd calon suami saya tapi jg tdk suka klrg sy difitnah dan dihina? Sholat dan doa trus sy panjatkan namun blm ada kemantapan hati

    • ttp jlnkan istkhoroh,kl ttp gak dpt kmntapan ht tu tndax dy bkan jdohmu.mntalah ptnjuk sp jdohmu.n jgn lp bacakan surat Alfatihah utk calon mertuamu spy htx lunak

  5. Asslkm.Bagaimana jika setelah melakukan sholat istikharah sudah ada kemantapan hati.tapi khawatir menyakiti hati yang salah satu darinya??

      • Yes, that’s me I do, alhamdulellah. Get your kids into audio books. I LOVE audio books, and so do my kids. This tarins them to have excellent listening skills, and to expose them to vocabulary in context at a higher level then they can read. Because of listening to audio books, which means having to be still, imagine, and focus (in the car, or in their room), and we share it as a family, talking about it later , they are also, masha’Allah, able to sit still in khutbahs, listen, and learn, including islamic lectures. Even if someone is not homeschooling, I would highly recommend training your children to find media entertainment through audio books, and you will find after awhile, they love it, and are pretty disappointed with the limitations of movie remakes of their favorite stories!And although it’s true, homeschooled kids may not always interface the same with public school kids (because they simply don’t know all the latest video game trends, miley cyrus movies, bratz doll releases, or holiday participation and school plays or choir) they ARE very sociable, and often have very pleasant manners, and an ability to be more patient speaking with adults because of a more disciplined ability to listen, focus, and offer give and take. I am in no way criticizing anyone for how the educate their children. Everyone has different choices to make, but I know homeschoolers would love it if everyone would stop assuming they are damaging their kids for life ** and of course, there are exceptions to every rule **

      • Assalamualaikum mau tanya.
        Sya bru skli sholat istkharah.Hbis itu mimpi dapat sms dari pacar saya.Dia bilang kita itu bnyak kesamaanya lo.
        apa kah itu jwaban.Dan apa artiya

  6. Assalamu`alaikum. Sahabat keluarga cinta mohon masukan dan saran atas permasalahan yang sedang saya hadapi. Disatu sisi saya sudah memiliki kekasih hati dan sudah ada niat untuk menikah namun belum ada kejelasan kapan niat itu akan terealisasi dan kami sudah jalan kurang lebih 2 tahun. Disisi lain ada pria lain yang siap untuk menikah dengan saya. Dan dia juga tau kalau saya sudah punya kekasih. Jika saya memutuskan hubungan dengan kekasih saya maka dia akan segera menikahi saya. Lantas sikap dan keputusan apa yang harus saya ambil ?? Terimakasih sebelumnya. 🙂

  7. Assalamualaikum wr.wb
    Sy sdng mnghdpi mslah,kksih sy ingin cpat2 menikah krn d suruh oleh nenekny,tpi skrg ne2kny sdah almarhum.dia mrasa brslah krn kainginan ne2kny blum trpenuhi,seringkali dia sll mlhat ne2kny d pkiran ny.PERMASALAHAN ny sy blum siap dg Kondisi sy yg skrg,,sy blum puny apa2,krj pun blum benar.tpi sya seriuz mnjalani hub ini.

    Mhon solusiny………………makasih

  8. Assalamu’alaikum, terimakasih atas olmu yg disampaikan mengenai sholat istikharoh,,,sbtas menanyakan sj apabila nanti tetap blm mendpt ketetapan hati (jwban). Apakan diperbolehkan menimbang dr segi Islam kriteria suami…

  9. Assalamuallaikum, saudaraku kaum muslimin, begini saya dulu prnh menolak seorang laki laki yg hendak melamar saya hingga 3x karena menurut saya saya blm siap menikah sdgkan waktu itu usia saya baru 18th, setelah yg ketiga kali sya menolaknya dia menghilang, dan sekarang saya ingin menikah namun sjk saat itu tdk ada satupun lelaki yg mandekati saya atau keluarga saya, sya harus bgaimana? Sdgkan usia sya smkin brtambah

  10. Assalamualaikum..
    Saya viany 26 thn.saya sdh menikah dan punya 1 org anak perempuan.sy berpisah dgn suami saat usia anak sy 2 thn.alhamdulillah skrg anak saya sudah duduk di kls 1 sd.bbrapa tahun yg lalu saya bertemu dngan pria yg usianya tak beda jauh dr saya.pria itu tau siapa dan bagaimana keadaan sy.walau sdikit ragu tp sy mlihat ksungguhan nya dan tdk main2.dia mmperkenalkan sy dgn kluarganya.subhanAllah btapa bahagianya sy krn mreka sangat baik.dan brencana melamar saya dipertengahan tahun ini.saya bahagia tp jg takut.sebab kluarganya tdk tau bahwa sy sdh punya anak.dan keluarga sy jg kcewa jk kluarganya tdk mngetahui ini.sy berencana utk jujur dgn mnemui org tuanya tanpa spengetahuan pria ini.dan saya harus siap dngan apa pun jawaban mreka.tp sy masih takut.pasti org tuanya akan kcewa.apa yg harus sy lakukan?mohon solusinyaa…

    • ass. bagaimana kalu sudah menjalankn istikharoh dan sudah mndapat mimpi klw si A dipili.
      tapi dalam hati saya cma milih yg B walau pun dia baru dtg ke khidupan saya tp niat dia baik buat lamar saya. jadi klau saya pilih yg B dan yg A saya tinggalkn gmna.
      walau pun yg A sudah hadir dan di tunjukan slm mimpi saya.
      trima kasih

    • Masha’Allah, I am so happy to hear you are thinking that far ahead, and you don’t have kids yet! That’s wnuredfol, and it’s nice to see your open and flexible, what a beautiful quality! Remember that Allah provides our sustenance every step of the way, and that’s not just in food and money. It’s strength, support, resources, will power, and our iman. Cross those bridges when you come to it

  11. jodoh, maut dan rezeki rahasia tuhan..
    saya pernah dilamar. dengan kemantapan hati saya menerimanya. tapi di pertengahan persiapan bnyak sekali kendala yng datang. baik saya dan dia sudah berusaha keras. namun allah berkehendak lain. ternyata yang melamar, malah membatalkn pernikahan dengan mantab. 🙂
    setelah itu, ada beberapa yang datang. hanya mengutarakan maksud nya. ingin serius. tapi saya masih takut, kejadian akan terulang lagi.
    sangat sangat takut. sampai sekarang kejadian itu masih membekas.

    • Assalamu Alaikum, First of all, I’d like to start off by saying that I ielmnsmey enjoyed this article! I definitely agree with many of the points you came up with about how we need to nurture and stimulate our youth’s young minds without the influence of all of today’s Modern technology. I don’t have children yet but InshAllah I do have one along the way and I want to educate myself in every way possible so that I can begin this journey in the best way from day one. My husband and I have always toyed with the idea of homeschooling since we’re not happy or satisfied with the school systems in our area. I have a few questions. Was your home always a TV-free home or did you make that decision when you started a family? Do you include Islamic Education as part of the daily schedule, like as a separate subject? Or do you integrate it with other subjects? Or do the children go outside of the home to further their Islamic education such as Quran recitation/tajweed etc? (I don’t know if I consider myself very knowledgeable in the area enough to be my child’s sole source of Islamic education.) Can you be a little bit more specific about the types of activities you try to get your children engaged in? JazakiAllahu Khairan for such a wonderful and inspiring read!

    • , as storytelling is such a boost for their imiignataon at this age. And although it’s true, homeschooled kids may not always interface the same with public school kids (because they simply don’t know all the latest video game trends, miley cyrus movies, bratz doll releases, or holiday participation and school plays or choir) they ARE very sociable, and often have very pleasant manners, and an ability to be more patient speaking with adults because of a more disciplined ability to listen, focus, and offer give and take.Totally spot on! I have seen this even in my short homeschooling experience of just over 3 months.There is a very elite and prestigious school in Karachi, called Karachi Grammar School or KGS, which supposedly has the cream of the city’s young brains. However, personal interaction with kids who go to this school has more often than not revealed to me how they tend to stick together in cliques (even at dinner parties where there are adults around) and discuss the things you have highlighted among themselves viz. films, video games, technological gadgetry (Apple in particular), or idols, without as much as a cursory greeting to, let alone a meaningful conversation with, any of the adults around them. (I hope I haven’t offended anyone whose children are in KGS, but this is my personal and admittedly limited observation, and as Megan has said, there are exceptions to every rule!)Allah knows best.

  12. Assalamualaikum wr wb..saya mau tanya apabila seorng suami mengucap (bubar yuk) dg nada emosi ..ap itu berati jatuh talak trimakasih

  13. Bagaimana kalo kita sudah mantap dengan pilihan kita. Dan orang tua pun tidak menyetujui kita berpacaran dengan si …. Tapi kita sudh terljr sayAng

  14. , assalamu’alaikum..
    , saya mau tanya.. jika kita telah melaksanakan istikharah setiap hari.. dan tiba” terjadi keraguan..
    , bahkan hampir saja mundur utk mencari pilhan yg laen..
    , dan saat nie pilihan yg sy pilih itu sdg dket dg yg laen..
    , apakah nie t’masug jwbn dr shalat istikharah sy slma nie?
    , mohon jawaban’ny
    , wassalamu’alaikum ..

  15. semoga semua yang coment, bertanya dan menjawab diberi Alloh kebaikan, dimudahkan urusannya, didekatkan dan disatukan dengan jodohnya, diberi rezeki yang berkah dan diridhoi Alloh SWT. AAMIIN.

  16. Assalamualaikum…. Saya mau tanya am temen2 mungkin ada yg tau ….. stelah sya sholat istiqarah saya bertemu am kekasih saya dan saya di ajak ngaji bersama dgn kekasih saya … Apa itu tandanya ?

  17. Assalamu’alaikum… saya sedang sangat butuh bantuan.. saya seorang wanita berumur 23 tahun, 4 bulan terakhir saya di kenalkan teman ibu saya kepada ponakannya, ikhwan tersebut 5 tahun lebih tua dari saya, beliau bekerja di lain pulau dengan saya, namun selama taarufan tidak ada tanda-tanda untuk melanjutkan ke pernikahan, hanya layaknya teman saja dan kami juga belum pernah bertemu, lalu, datang seorang ikhwan lain yang masih bagian dari keluarga kami juga, dia berniat untuk serius dengan saya, dan saya bersedia untuk bertaarufan dengan beliau. namun, seiring berjalannya waktu, ikhwan yang pertama nongol kembali dan ingin mengajak bertemu dengan saya, pada dasarnya hati saya lebih condong kepada ikhwan pertama, namun saya sedang menjalani taaruf dengan ikhwan kedua… saya bingung sekali harus bagaimana, disatu sisi ikhwan kedua masih keluarga saya… mohon bantuan masukannya… Jazakumullah 🙂

  18. Assalamu’alaikum… saya mau masukan dari admin tentang permasalahan saya… saya sebentar lagi akan dlamar seorang ustad tapi tempat tinggalnya jauh sedangkan ibu tidak mengizinkan saya ikut suami sehabis pernikahan karena takut jauh dari anaknya dan karena alasan pekerjaan juga. Saya harus bagaimana sedangkan pihak laki laki sudah memutuskan bulan depan mau melamar saya, saya belum berani bilang sama orang tua saya??

  19. asalamua”alaikum ” saya mau bertanya ‘ saya janda ada seseorang yg ingin bener” sm saya ingin menikahi tp saya masih takut akan pernikahan ” saya bingung hars gmn ” dan saya takut di sakitin lg “

    • JazakAllah so much for the detailed conemmt Megan. It just seems really tough from my side of the spectrum (er, I don’t have any kids you know and just have experience handling a fiesty nephew ). But the thing is that it seems like the hugest sacrifice ever, in my humble opinion. Here, the fact is that women are expected to study with great grades and all, get a professional degree and all, and have a nice career and all. For Sadaf, its a cool thing that she’s a journalist. For me (who did study engineering, meaning to apply my knowledge to the world and solve problems) this deal (homeschooling I mean) sounds like a full time job. Not to mention the extreme taunts that would be hurled from all over the place for wasting a seat and wasting yourself and your kids are just not going to get along with other kids, you seeee On the flip side, I’m inclined towards this thing (and could sacrifice the whole career and 18+ years education and professional education and heck, Im even going for a Phd :'( *swallows hard*) because 1. The one thing women ARE going to be asked about on the Day of Judgement is their children and their upbringing2. They ain’t going to be questioned about the engineering they did3. Situation in pak is really messy regarding bringing up kids, esp in a joined family system. [who btw would think we’ve gone crazy if we dont have a TV… again, for Sadaf’s its a smooth sailing MA because she doesn’t live in a joined family]4. Hence a mom’s full attention is required to educate (esp in deen matters) and bring up the kid. Nobody else can give them that 100% attention. *totally confused as to what she should do*. This is getting really weird.

  20. aq udah laksanain solat istikarah
    tp belum ada kemantapan hati
    aq selama 6 bulan ini tersiksa bgt antara mau pertahanin dia ap lepaasin dia
    aq sejujurnya sangat menyayangi dia bgt
    ap yg harus aq lakuin ?

  21. Assalamualaikum wr. Wb
    Saya sedang bingung dalam menjalani suatu hubungan. Saya ada niat serius dengan seirang laki2 yang sangat aku cintai, ketika aku sudah bilang mantap dan siap menuju untuk serius dia memaksa untuk dia bisa dengan saya. Dengan alasan dia tidak bisa sayang dengan ku. Memang dulu dia ngajak aki serius tapi aku suruh nunggu 1 tahun dulu. Setelah aku memberi jawaban IYA bisa menikah secepatnya dia malah udah berubah pikiran gak bisa lagi sama saya. Aku bingung dengan semua masalah yang ku hadapi ini.
    Mohon solusiny

  22. Askum. Bagaimana kalo kita shalat istikharahnya meminta agar diberi petunjuk dia jodoh kita atau bukan

  23. Assalamualaikum
    Saya sorg gdis brusia 18thn, 2bln yg lalu sy sudh dlmr olh kksih sy tp hati kurang ykin sm dia , kmrn trjd prtngkran hebat sy dg dia dn smpai akhirnya kluar kata *stopsampaidisini* skrg klg dia mmbnci klg sy , sy sngt ksihan dg orgtua sy ats pristiwa yg trjadi krn posisi itu sy yg salah, disisi lain sy sdg dkt sm sorg laki2 yg ada niat meminang sy nmun dia msh brstatus suami org, entah knp hati sy mrsa nyaman dg dia dbanding dg kksih sy dn bnyak kecocokan antra sy sm dia, smoga stlah sy shlat istiqharah d brikan pntunju mana jalan yg hrs sy ambil,, mhon solusinya trimks:)

    • , the reason I wetand to move it out was because as the kids got older, they wetand to watch things more, and when it’s there, it’s much easier to say yes more often then I wetand too. So I decided we could do without it, plus I was just tired of looking at it sitting in the corner of my room!I didn’t grow up this way, and in my household growing up, if my dad was home, a TV was always on, even if on mute, it was behind us at the kitchen table, or in the living room. What I can recall is that I used to feel I had to compete with the TV at times for attention over the hourly news I think TV divides families more than it brings them together. For Islamic education, I gave up on the idea of a set curriculum because 1) the conversations I have with my kids, alhamdulellah, are usually more advanced than what the reading level Islamic textbook curriculums provide. Kids comprehend faster than they can do reading comprehension on a subject. So, I am currently sticking with the principal that one must LIVE Islam to teach it. For Arabic, right nowthey are in private lessons with a shaykh for Qur’an reading progressing to memorization insha’Allah.My weaknesses that are more a part of m personality are that I would like to incorporate the memorization of more du’a into our life something that comes more naturally to others at times when they grew up in an Islamic background, or have a natural grasp for understanding Arabic but alas, these are still excuses, and simply requires more effort on my part. There is no lack of nice kid friendly resources in this area. The beauty of homeschooling is that you can explore subjects right along with your kids. For example, you could read tafsir together, and discuss it, and you both learn, but your ability to comprehend and break things down for a child will be easier. Homeschoolers don’e educate for test taking information to be thrown back on a piece of paper. With the exception of math at higher levels, or an inability to teach in a way that your child grasps (get at tutor here) there is nothing wrong with you exploring subjects together, and creating projects, reading, writing, etc. all around that subject. I mean most of us vaguely know all subjects, right? As for friends, alhamdulellah, they see them often throughout the week at various classes or get togethers, like Quran class, martial arts class, and there are other options I’ve turned down for the moment like writing classes, art classes, because I don’t want a cluttered schedule.Hope this helps

  24. Bagaimana kloo sudah solat istikharah dan juga sudah mntap hatix dgn si dya.tapi dipisahkn oleh jarak dan orang tua si dya tidak menginginkan calon menantu yang jauh tempat tinggalnya

  25. Askom mentemen sy mau nanyak sy punya pacar tpi dia nggk mau cepet2 nikah karna dia bilang nggk ada uang untuk menafkahi istri dan anakx nanti,tpi sy berapa kali ngajak dia ttp nggk mau, ,ya karna ortu sy nggk merestui hubungan saya dan dia , ,tolong jawab ya tmn2

    • Wa Alaikum Ussalam Baraka,I can give you the link to that really chgeand the way my own husband regarded homeschooling. It is by , a successful life coach and homeschooler in America, who regularly gives talks in schools in colleges. Hope it helps!The fact that sister Zohra’s daughter is already writing books at such a young age showed my husband real-life, practical results of successful homeschooling.May Allah help us in all our endeavors. Ameen.

  26. ass,..saya Bingung ngk ketemu” sama bakal calon jodoh saya,.slalu di tinggal nikah oleh kekasih…sy udah sllu shalat istkhara tp blum dapat petunjuk,..mohon coment nya,.trimakasih,.wasalam

    • Oh yes MashaAllah I started doing pre shoocl 2 and a half years ago or so MashaAllah. I love it so much a group of sisters and I run a group on facebook, and I have a website for homeschooling Muslimah Mommy’s (click above if you want to join for free) as well. I really enjoy it!!! InshaAllah I can do it as long as possible!

  27. sy mau bertanya saya sdh punya suami dan sdh berjalan 5thn tp sy tdk prnh bhagia. trs sy mengenal lelaki mualaf tp blm tau ajaran islam. dia ingin serius menjalin hubungan dgn sy krn dia tau rumah tangga saya mulai retak n udah ada niat pisah. tp saat suami sy tau jalinan sy dgn lelaki tu suami sy mohon tuk ttp bertahan n ingin merubah kesalahannya tp udah terlalu sering blg gt tp ttp gk ada yg berubah. mohon bantuan hrus ttp bertahan dgn penderitaan atau pilih lelaki yg baru.

  28. Ass, saya wanita brumur 22 thun, saya skrg sdng bingung, krna skrg saya mau dilmar sesorg laki2 yg sdh mapan berumur 26 thun, sbnrny banyak wanita pilihannya, tpi wanita yg dipilihnya adalah saya, karena ibunya lebih memilih saya, dan tetap menganjurkan shalat istikharah. Saya dan laki laki ity sdang mmbcarakan pernikahan trsbut, tapi saya galau, karena saya sudah tidak virgin lagi,diawal dia brtanya apa saya msh virgin atau gak, krna jjur diawal lbih baik, tp sya takut khilngan dia,saya blg aja msh, krena saya jnji dgn dri saya sndri saya hnya mmbrti thu kpda org yg bnr2 ingin jd suami saya dan skrg dia niat serius ingin melmar saya, saya bngung hrus bgaimana mnjlaskan dia saya berbohong,saya tkut dia tdk bisa menerima saya . Mohon pendapat dan bantunanya, terimakasih

  29. Aq punya masalah. Aq suka pada teman kelas saya. Prasaan ini aq pendem slama 2 tahun lamanya. Setelah 1 setengah tahun yang lalu aq ungkapi. Tapi dia menolakku begitu saja. Sedang hati ini berkata klo si dia jugak mencintai saya. meski saya pernah di tolak kita berdua semakin dekat. Seakan kita sudah memiliki ikatan batin. 1 bulan yg lalu. Dia di lamar laki laki lain. Diapun tak menjawab apa apa. ketika dia mw kasih tau saya dia meneteskan air mata. Beberapa minggu kemudian dia menjawab terserah ibunya saja. Alasan dia bilang seperti itu. Dia gak mw kecewain org tuanya. Pas 2 hari setelah itu. Saya kirimi dia surat yang ber isi pernyataan perasaanku. Dan dia menjawab dia jugak merasakan hal yang sama. Ini menjadi haru tangis antara kita berdua. Dia bilang “knp gak dikatakan dari dulu”. saya jawab “aku katan ini dari dulu tapi baru kali ini aq mendapat jawaban yang aku ingin”. Tapi kini saya mendapat jawaban knp dia tidak pernah menjawab iya. Dia dikunci persaannya sama orang lain dengan ilmu gaib. Supaya tak mencintai orang lain. Dan dia jugak menuturkan sebenarnya dia mencintaiku jugk dari dulu. kunci itu di lepas orang tua laki laki yang melamarnya. Informasinya orang tuanya orang alim gtu… Mohon bantuannya……

  30. Assalamu’alaikum,,,
    saya lagi bingung,pacar saya mnta nikah,karna mengingat usia bapaknya yang sudah tua,keinginan bapaknya adalah menunggu2 pernikahan anaknya yang terakhir,tp saya lagi bingung dngan permasalahan ini,soalnya saya msih pengen kerja n cari uang buat pernikahan nanti.mnta tolong solusinya,
    trimks.

  31. asalamualaikum saya minta solusi gimna cara’y klo suami kit blng dr awal nkah gk sayang ma kita pa yang harus aqu laku kan???

    • You know what, it may be harder to have kids ruinnng around without a T.V., but since I never had the option available, a few things happen.s 1) I learn different ways to keep the kids busy 2) the kids learn ways to keep themselves busy.I did have a few select DVDs on hand that when I really most desperately needed them to be quiet, in one spot, and safe, like being sick, with no one around to help me out, I could let them watch a nature program, or Islamified cartoon. I used it sparingly, and even when they did watch something, and still do today, 95% of the time I am sitting with them, and its a family space.The catch is that once kids get used to that level of stimulation and instant gratification such as T.V., it’s MUCH harder (thought no impossible) to back track to children who simply love to explore the mud in the yard, build with blocks, and draw. Their ability to focus changes. So while it may seem like an easy way out from the beginning, down the road, you now have kids on their hands that can’t handle down time, quiet time, and bored time, because their minds are addicted to TV stimulation.It makes me sad to see small children glued in front of a TV. They are meant to be mobile, crawling, exploring, touching, babbling. No judgment on anyone, because most of us never have close family around to help out with the kids, so what mother with a few young ones doesn’t get exhausted and need a break. I totally feel that .But if one has a choice, then let’s focus on natural play rhythms. As Sadaf and others will agree from her own experience, my house on a daily basis doesn’t look picture perfect, because I’ve always had active kids, alhamdulellah. Something has to give with busy little bodies all over the place

  32. assalamualaikum wr wb
    saya dan pacar saya skrg sedang bingung..kami barusan aja balikan dlu sempat pisah kurang lbih 2thn..kurang lbih satu bulan yg lalu balikan..inti dr permasalahannya dy sudah punya niatan serius dan sampai menanyakan hub kami d kyai dan dy juga shlat istikharah tp hasilnya sama2 nihil,kata pak kyai tdk ada jalan buat kami bersatu dan mimpi shlt istikharahnya, saya d seret ibu saya untuk pisah sama dy dan menyatuhkan saya dengan laki2 pilihan ibu saya dan mimpi itu sudah 3x nya..
    padahal kami sudah punya niatan serius dan skrg pacar saya down entah harus bagaimana lagi

  33. Assalamualaikum…
    Saya lagi bingung diantara 2 pilihan. Saya ampir 1thn dkt dgn pria lwt sosmed pd bln agsts kmren saya ketemuan dgn dia, dia lgsng mnunjukan keseriusannya dan meminta kpd ayah saya utk melamar saya. Tp setelah dia pulang ke jawa, mantan saya yg menjalani hub dgn saya bertahun2 tau klo ada pria yg dtg meminta saya kpd ayah saya. Tiba2 dia ingin dtg ke ayah saya untuk meminta dan melamar saya skalian meminta maaf atas kesalahan dia kpd saya. Dr sana dia mulai menunjukan keseriusannya kpd saya menebus kesalahannya kpd saya. Saya mulai merasa bnr2 bingung hrs bagaimana saya sdh menjalani shalat istikharah tp hati saya masih bingung dan bila hati saya sdh mantap dgn 1pilihan saya tkt menyakiti salah satu diantara mereka..

  34. saya sudh mnjlin hub m pcr 3buln,sudh dpt restu dri ort kita,dsaat kita udh bnr2 serius mnjlin hub ad org yg mrusak hub kmi,menfitnah kmi,hingga kmi berpisah,,aqu ingin dia kmbli kpdku ,aquingin dia bisa nrimaaqulaghi,krna aq u sudh mntap dngan dya,,ap doa yg harus aku panjatkan ,n ap aku hrus salat istkhoroh agar dya kmbli,,

    • Assalam Alaekum SisterI have arrived to your blog by senchriag about homeschooling. Currently my son goes to a school in Karachi. However, I am not satisfied by the progress. I have scanned some other good schools but am really reluctant about them due to their environment / curriculum etc.During my search and discussions I have noted the biggest argument against homeschooling is that the child get less amount of social networking and peer interaction compared to school going children. What are your observations on this? especially for a child of around 11 years of age?Also, what are future study options for children when they complete homeschooling up to grade 8? especially in Karachi.Jazak’Allah Khair for your timewasalam

  35. Ass..
    Sya sudah menjalin hubungan 7th dg pcr sya,akan tetapi slma brjlnnya hubngn itu sya mrasa tak ada sdkitpun masa depan sosok kpemimpinan di pcr sya itu,tpi kita saling menyayangi ,walpun sering kali kita slalu bertengkar dan putus nyambung,di akhir kjadian prdebatan yg bgtu memuncak sya sudh mrasa lelah dg hubungan yg sya jlani slama 7th itu dan sya memutuskan sungguh tak ingin meneruskan hubungan itu
    Sampai ketika masa dimna sya sudah putus datang lah se0rg laki2 yg mna dia mantan teman sekelas wkt di skolah dahulu,awalnya sya hnya brprasaan tman brasa mngulang msa2 di sekolah,tp lambat hari prsaan yg lebih muncul dan sungguh sya mengagumi sosoknya yg sngat nyata,kpemimpinannya sbg laki,kematangan msa depan yg jelas,religius,smpai pd akhirnya syapun menjalin hubungan dekat dg dia tpi msh blm besetatus pacrn/tmn yg hanya sya tau di antara kita sma2 mrasakan kenyamanan sejak di awal prtmuan itu
    Stelah mngobrol panjang tntang msalah2 mantan pcr di antara kita masing2,yg sya tau dia sudh sndiri dan bgtu pun sebaliknya
    Tiba2 kdekatan sya pun cuma brthan dlm 2 bln,sya sngat sedih dan kcewa entah apa yg salah pd diri sya tiba2 sya mendpt bbm dr dia tak sprti biasanya yg bgtu lembut,namun yg sya trima kala itu cacian dr se0rg prmpuan yg mngaku kekasihnya
    Sungguh sya msh tak prcya entah itu bnar pcrnya/hanya cara dia menghindari diri syaa
    Seketika itu hilang kontak lah di antra sya dg dia tanpa ada sepatah kata penjelasan yg baik dr Dia,sya mrsa sedih kcewa brkpnjangan dan dlm doa sya slalu minta kpd لِلَّهِ di bri kejelasan dr smuanya,sungguh sya masih mengagumi apa yg ada dirinya yg slama ini tak prnah sya dpt kan dr mantan 7th sya itu
    Dan skrg mantan 7th sya dtng kmbali di kehidupan sya ingin serius menikah dan melnjutkan hubungan yg lalu
    Sdngkan prsaan sya rsanya sudah sngat tertutup utk menjalin hubungan yg membuat sya sungguh lelah atas 7th yg sya alami dan ktraumaan yg luar bisa
    Dan Sedangkan hati sya msh trus mnunggu dan mngharapkan mantan tmn sekolah sya itu kembalii
    Apa yg harus sya lakukan untuk saat ini mohon solusinya..
    Makasih

  36. Assalamualaikum wr wb
    Saya menjalani hubungan selama hampir 2 thn, kami berdua bnyak kecocokan tapi akhir2 ini dia berubah, jadi cuek dan mengabaikan saya. Ternyta pacar saya ini menjalin hubungan dgn orang lain, sudah 2 x dia melakukannya dgn orang yg berbeda. Tapi selalu gagal karena faktor dari ceweknya ini. Entah kenapa saya tak bisa membenci dan meninggalkannya. Perasaan saya sangat kuat seperti ada ikatan batin dgn dia. Sampai skrg saya masih menyayanginya walaupun dia sering membuat saya terluka. Mohon solusinya apakah bisa dgn sholat istikaroh, saya bisa mendapatkan jawaban atas masalah saya ini

  37. assalamualaikum.
    aku lg binggung nih aku punya pacar dia orang surabaya, saya pun blm tau orangnya seperti apa dan keluarganya seperti apa. dia jg orang nonmuslim. skrg saya sudah menjalani hubungan hampir 1th pacaran. dia sangat ingin sekali menikah dengan saya dan orang tuanya pun setuju dia juga mengatakan ingin jd mualaf. tp kedua orang tua saya sudah tau, ternyata respon mereka urang baik. mereka menentang hubungan kami. saya harus bagaimana.

  38. Assalamualaikum, saya mau tanya, pacar,q lebih percaya omongan teman” nya di bandingkan q, tman” dia menjelek”an q dgn alasan q hanya ingin buat pacarku plampiasan/cadangan,, tapi semua itu yg di katakan teman nya tidak benar,, terus pacar,q sholat istikharah, ttapi dia memutuskan lebih baik putus, dan lebih percaya omongan orng yg salah, tapi q sangat menyayanginya, q sanggat tidak ingin di tinggalnya,

  39. Sya mw minta pendapat ni kak,saya suda tunangn,lalu ad orang yg ingin melamar saya lgi, dlm hal ini saya bingung memutuskan yg mn,sama tunangan saya sya memeng kurang nyaman

  40. saya mempunyai masalh berkaitan jodh.. saya bingung harus gi mana.. soalnya orang tua tidak restu pilihan saya.. jadi apakah sy lakukan isthrh?

  41. Apa dngan shalat istikhorah juga bisa mndekatkan jodoh…
    Dari mana kita tau jodoh itu sdang mnghampiri kita
    Trimaksih

  42. Assalamualaikum saudaraku .. Boleh kah minta saran sm kalian , saat ini saya sedang mnjalani hubungan dg pcar saya baru 2tahun ,tp 6bulan terakhir ini kami sering sekali bertengkar dan sering sekali mengucap kata2 ptus , karena dlm 6bulan itu pcar saya sdang pendidikan utk bekerja dijepang besok , sbelum itu hbungan kami harmonis jikapun bertengkar tak pernah terucap kata2 pisah , hari ini pun kami sdang brtengkar dan kmrin pacar saya memutuskan dan berjanji tdk akan kembalii dan memafkan saya , apakah ini hanya dr masing2 baru menjalani hubungan jarak jauh atau memang kami sudah tak cocok ? Saya sudah pernah melakukan isstikharah dulu swaktu sblm pcran dengannya dan kemantapan hatipun berkata dia baik utk ku tapi kenapa sekarang jadi berubah ?

    • Mungkin karena jalan yang anda pakai salah.. Solat ishthikhoroh itu ajaran islam.. Dan islam tidak pernah menganjurkan hambanya berpacaran.. Jika memang dia jodohmu dia akan datang kembali dengan cara Allah yang jauh lebih indah

  43. Assalamualaikum ukti saya menyukai seseorang dan sementara itu dia tidak mengetahui bahwa saya menyukainya, saya menyukai kepribadian org itu, dia lelaki yg soleh dan bagus ibadahx dan pada saat berbica dg dia mrasa nyaman dan nyambung dg dia.tp saya tidak berani mengungkapkan perasaan saya kpd dia. Bolehkan saya minta ptunjuk solat istikharah apakah dia jodoh saya?pilihannya yakni” kalau dia jodoh saya mohon d dekatkan pda saya namun, apabila bukan tolong di jauhkan pada saya”

  44. Assalamualaikum..
    saya sudah bertunangan dengan seorang pria yg telah berjalan 3th, tetapi datang org ke 3, dan tunangan saya sangat menyayangi wanita itu.. hingga pada akhirnya saya memutuskan untuk meninggalkan dya karena selama ini saya selalu dibohongi, dibelakang saya mereka terus menjalin hubungan..
    tp kini tunangan saya kembali, dan langsung mengajak menikah ..
    ada rasa takut hal tersebut terulang kembali..
    tetapi kita takut akan hal yg blm tentu terjadi sbelum pernikahan itu dilarang.. sama hal nya seperti kita takut menikah krn takut bercerai..
    lantas bagaimana ??
    mohon pendapatnya..
    terima kasih
    wassalamualaikum

  45. Assalamualaikum….
    Saya cwe, thun ini umur sya 31 thn..dalm bbrp hari ini sya dknal kn dgn seorang cwo yg umur nya sdah ckup matang, setelah mlhat foto sya iya lngsung suka dan pengen serius ngajak nikah sehabis lebaran thun ini, sementra hati ini msh ragu dan blm bsa mnjawab nya krn kmi blm prnh bertmu scra lngsung,, jd sya hrus bgaimna???mohon pendapat dan masukannya…terima kasih…wassalammualaikum

  46. Assalamu’alaikum..
    Saya cewek umur 28thn, saya punya rencana menikah insyaAllah di tanggal 29 mei 2016, keluarga kedua belah sudah setuju walau pebedaan umur kami beda 6thn lebih tua saya, tp mendekati hari H masalah muncul di calon suami saya. Dia mulai tergoda dengan wanita lain walaupun akhirnya dia sudah jujur kepadaku, hatiku serasa sakit, dia malahan menyalahkan aq karna kita berdua selama beberapa bulan terkhir ini sering bertengkar jadi membuat kesempatan cewek itu masuk ke dlm hatinya. Saya mohon arahan apa yg harus saya lakukan, di saat semua persiapan pernikahan sdh 90%, tp kenyataan dalam hubungan kami seperti ini, mohon arahannya haruskah saya lanjut walaupun saya merasa sakit, ataukah saya berhenti sampai disini dengan resiko nama baik ibuk saya tdk bagus di mata masyarakat sekitar.. Mohon arahannya…terimakasih

  47. Assalammualaikum..
    pancar sy udah 6thn tp dia msih cinta pd si mati yang udah lama meninggal.
    Dulu lamanya dia penah bertunang tp orangnya itu udah tiada. Sesiapa yg dia kawan semuanya dia tidak suka. Dia masih baik dgn sy sampai sekarang. bila d tanya jodoh dia bilang tak tahu. KALAU dia meninggal bole kah dia jumpa kekasihnya yg meninggal itu ?dan kawin d akhirat nanti?

  48. Assalammualaikum..
    Knpe hati sy kuat pd A sedangkan A tak cintakan sy. Hari2 msg. Pasal jodoh, dia tidak tahu. Dh 6thn knl. B baru kenal 1thn, msg dia suka marah n mendesak sy kwin dgn dia tp hati sy tak bole terima B. Dh buat solat istiqarah A dan B lebih 7kali tapi istiqarah kuat pd A. family sy suka dia sudah lama kenal A. Skrg sy cari idea supaya A bawak sy jumpa family dia kata A ibunya garang suka recjet doakan d permudahkan..

  49. Assalamualaikum
    Saya dekat dengan wanita selama 1 tahun tapi karena orang tua si wanita tersebut kurang setuju dengan hub qt ber2 karena ada pria lain yang lebih mapan dari saya sehingga akhirnya saya berusaha mengikhlaskan wanita itu semata mata karena saya tidak mau mengecewakan hati orang tua wanita tersebut saya mengalah dan berusaha menjauh, meskipun saya ingin sekali dia jadi pendamping saya, setelah 1 bulan berlalu saya tau kalau wanita itu sudah dekat sekali dengan pria yg disetujui orang tuanya sakit rasanya mungkin manusiawi hal ini terjadi tapi saya ikhlas mungkin dia lebih baik dengan pria itu.
    Sampai dengan saat ini saya belum bisa membuka diri untuk wanita lain.
    Apakah hal ini wajar atau saya belum bisa melupakan wanita itu, mohon bantu jawabannya.

  50. Assalamualaikum..
    saya mau tanya tentang sholat Istikharah,sebab saya sendiri bingung,sya menjalin cinta dengan pria yang beda agama tp hati n budi pekerti dia baik n itu berjalan hampir 5 thn.
    tp..memasuki 2 thn,ada sosok duda yg blh di bilang bagus dr agama n sering juga ingatkan untuk rajin sholat.naah…dari situ sya pernah amalkan sholat Istikharah tp yang saya daptkan petunjuk dr mimpi saya orang yg kedua,yg baru sya kenal.
    tlng berikan penjelasan pada saya.
    wassalamualaikum…

  51. Asamu’alaikum ..
    Saya mau bertanya. Dulu saya pernah di lamar tapi sebulan pas hari H saya batalkan . Karena ada masalah yg tidak untuk saya teruskan untuk ke jenjang tersebut .
    Apakah benar kalau kita menolak atau membatalkan suatu lamaran atau pernikahan itu menunda/lama jodoh ???

  52. Assalamu’alaikum
    Saya mau bertanya,,
    Saya sekarang lagi dekat dg seorang cewek,, dan mempunyai niat untuk menikah,, tapi saat ini pasangan saya ini sedang bingung antara 2 pilihan,, saya dan “dia”. . . Saya menyuruhnya untuk shalat istikharah,, dan setiap habis shalat selalu yang di mimpinya itu saya,, selalu saya… Tetapi orang tuanya malah menyuruhnya untuk menikah dengan “dia”…
    Pertanyaan saya, apa yg harus dilakukan pasangan saya, supaya orang tuanya mengerti tentang pilihan hatinya dan kemantepan hatinya..
    Terima kasih,
    Wassalamu’alaikum …

  53. Assalamu’alikum. Sya sdang di bingungkan dengan 2 mslah. Sya sdah punya suami, awalx ortu kami sma” setuju tpi krna ad mslah ortu suami sya benci pda sya dan ortu sya benci pda suami sya. Sya bingung hrus memilih siapa. Ortu atau suami.sdangkan kami sdah punya 1 ank.

    • Ada yang suami lupa… bahwa ridho Allah ada pada Ridho orang tuanya….

      dan ada yang istri lupa bahwa Ridho Allah ada pada Ridho suaminya….

  54. Mohon dijawab..

    Saya punya kekasih.. kita sudah niat menikah. Dia juga begitu. Tpi bnyak sekali kejadian atau masalh yg timbul untuk mempersulit niat kami.
    Akhirnya bapaknya dia sholat istikharah dan jawabannya bertentangan.
    Sedangkan dianya blm istikharah.
    Saya sudah istikaharah tapi blm ada jawaban.
    rasanya sakit bgt, mengenai hubungan ini yg sudah 1 tahun dan saya mantap dengan pilihan saya, tapi malah akhirnya putus hanya dengan alasan jawaban istikharah bapaknya..
    Apakah saya harus istikharah mengenai kemantapan hati saya memilih dia Sedang bapaknya dia sudah punya jawaban istikharah.?
    Apa saya harus rela bgtu saja melepaskan dia?

    Mohon jawabannya…

  55. asalamualaikum wr wb, saya ingin bertanya, saya dikenalkan dg seorang laki2 oleh teman saya, laki2 itu adalah sahabatnya teman saya jg, dia udah hampir 15th jd mualaf, dan saya sangat mengagumi agamanya, dr awal saya kenal, dia udah berniat serius sama saya, keluarga saya jg deket sama dia, semenjak saya kenal dia, orang2 disekitar saya bilang kalo saya sekarang lebih baik, dan saya pun merasa seperti itu, saya merasa lebih dekat dengan Allah, tp saya belum pernah bertemu dg dia, sebenernya dia pengen kerumah saya, tp karna dia berkerja diluar negeri, dan terikat kontrak, dia belum bisa menemui saya dan keluarga, dia udah mengutarakan niat menikahi saya kepada ortu saya lewat telfon, dan sehabis saya sholat hati saya selalu mantap sama dia, sekarang udah 1th saya dekat dengan dia, tp setiap dia berniat bertemu, selalu ada saja tugas2nya, seolah2 kita dipersulit untuk bertemu, saya sudah sholat istikharah, saya tidak tau apa saya sudah mendapat jawaban apa belum, tp hati saya merasa lebih dekat dg Allah kalo sama dia,.. saya ingin bertanya, apakah perubahan saya menjadi yg lebih baik dan mantapnya hati saya setelah sholat2 sunah itu petunjuk dr Allah bahwa dia jodoh yg baik buat saya, atau malah sulitnya kita bertemu itu petunjuk dr Allah bahwa dia bukan jodoh saya? mohon penjelasannya

  56. Asslm wr wb, saya ingin bertanya. Saya gadis berusia 28th sudah da niatan tuk menikah dan calon pun jg sdh da. Tetapi terhalang restu keluarga krna lelaki ni statusnya duda beranak 1. Yg dikhawatirkan keluarga jika terulang lg kegagaln dlm berumah tangga.padahal saya sdh mantab memilih lelaki ni krna dliat dr sisi agama dan kepribadiannya yg baik. Mohon penjelasannya

  57. Assamu,alayqum. Saya mw tanya saya mau menikah tapi saya belum mendapatkan calon istri jadi bagai caranya mencari calon istri menurut islam…?

  58. Assalammualaikum kak.. kak saya mau curhat nih mengenai seseorang yang special buat saya…. dulunya sih saya benci banget sama dia.. tapi lama kelamaan saya menyukainya karena… dia bisa di bilang agamnya lebih dari saya… disisi lain saya juga satu pekerjaan dengan dia bisa di bilang sih (cinlok). Dan pada waktu puasa kemarin aku mengungkapkan perasaan itu… kemudian dia pun merespon saya dengan baik… hingga berlanjut sampai hari ini… tapi semakin kesini dia yang mulai suka sama saya… dan kenapa rasa suka saya ke dia justru mulai pudar…. padahal waktu itu saya yakin dia yang terbaik… meakipun sampai saat ini dia juga masih baik… dan justru lebih baik.. tapi perasaan ini g bisa di bohongi.. kadang2 takut sih.. soalnya dulu sifatnya kasar,tempramen,urakan,egois,posesif dll tapi sekarang dia mulai berubah… dan lebih baik.. tapi kenapa justru saya yang meragukan dia… kak… apa yang harus saya lakukan???? Thx

  59. Assalamualaikum, saya perempuan 22thn. Orang tua saya sangat mengharapkan agar saya cepat menikah tetapi saya belum ada keinginan untuk menikah. Suatu hari ada seorang lelaki yang mengatakan ingin meminang saya, lelaki tersebut adalah lelaki yang baik agamanya dan sudah dewasa. Bahkan orang tua saya mengatakan bahwa lelaki tersebut adalah lelaki yang sangat tepat untuk saya. Mereka sangat mengharapkan agar saya menerima pinangannya begitu pula orang tua lelaki tersebut sangat mengharapkan agar saya mau menjadi menantunya. Setelah saya pikir matang matang, melakukan sholat istikharah, dan demi kebahagian orang tua saya memutuskan untuk menerima pinangannya meskipun masih ada keraguan dalam hati saya. Tetapi seiring berjalannya waktu keraguan itu menghilang dan saya mulai menerima keberadaannya.
    Satu hari sebelum diadakan lamaran secara resmi tiba tiba dia mengatakan belum siap dan meminta waktu untuk menunggunya sampai hatinya benar benar mantap dengan alasan masih sering kepikiran tentang mantan kekasihnya. Saat itu saya sadar bahwa selama ini saya tidak benar benar tahu apa isi dalam hatinya, apakah dia meminang saya karena cinta atau hanya paksaan dari kedua orang tuanya yang menginginkan dia agar segera menikah. Orang tua saya sangat syok mendengar kabar tersebut dan mereka berubah menjadi murung, saya sangat tidak tega melihat kesedihan orang tua saya. Saya juga masih diliputi berbagai pertanyaan dalam hati, harus berapa lama saya menunggunya ataukah ini berarti dia membatalkan pinangannya kepada saya karena setelah itu dia tidak pernah mengatakan apapun dan dari keluarganya meminta saya agar menunggu. Apakah saat saya melakukan sholat istikharah saya salah dalam mengambil keputusan? Apa yang harus saya lakukan sekarang? Apakah menunggunya atau melepaskan?

  60. Assalamu’alaikum…
    Saya mempunyai kekasih,dan dia sudah mencakup kriteria saya,agama x kuat berpendidikan dan berakhlak, saya sangat menyayangi x, dan dia pun demikian, awal x orang tua lelaki tsb merestui hubungan ini, tetapi setelah orang tua tsb mengetahui bahwa kita sama2 anak terakhir, orang tua tsb melarang kekasih saya berhubungan lg dgn saya, padahal janji lelaki itu akan serius dg saya, tolong kasih solusi agar bisa terpecahkan msalah ini..
    Syukron katsir

  61. Saya sering bermimpi kalo dia lah jodoh saya.. bahkn tiap kali saya sholat & berdoa selalu trlintas wajah dia… karena keyakinan saya & mimpi saya suatu hari saya mencobak mengungkapkn isi hati sya ke dia.. dia jawab klo dia sdh punya pilihn hatinya.. bibir saya bisa ngucap klo sya bisa menerima kenyataan itu tp hati msih blom ikhlas dg kenyataan itu…. lalu malam itu jg sya mlksanakn sholat tahajud,sholat istikharoh dan sholat tasbih… lalu sya bermimpi klo memang dia lh jodohku… yang saya pertanyakn… apakah sya hrus mempercayai mimpi ku klo memang dia lah jodohku sdgkn dia sndri sdh pnya pilihan hati sndri

  62. assalamualaikum, ukhti dan akhi, sy ingin tanyakan masalah saya, sy telah menjalin hubungan dengan seorang pria dia agak dewasa dri sy, kami mejalani hubungan kurang lebih 5 tahun tpi sudah 9 Bulan ini kami berpisah tapi bukan karena ada pihak ke 3 melainkan dia balik ke kampung halamannya, dan tiba** kemarin dia tlp katanya mau mengakhiri hubungan kami tanpa ada alasan yang kurang pasti, katanya dia sedang bertanya kepada orang tua** di kampungnya mengenai hubungan kami dan katanya jikalau sampai kami jadi menikah maka di antara salah satu dri kami akan meninggal, karna hanya alasan itu dia memilih untuk mengakhiri hubungan kami, terus sy beristikara memohon petunjuknya tapi sy belum dapat tanda** petunjuknya, sy minta tanggapan dari ukhti dan akhi menurut kalian dengan alasan tersebut pantas di jadikan alasan atau tidak???

  63. Assalamualaikum wr.wb. Akhi &ukhti saya ingin bertanya, ketika saya dihadapkan 2 pria yg melamar saya kpd ayah saya, saya melakukan shalat istikharah dan mantap memilih pria yg satu ini, tapi beberapa bulan kemudian hati saya ragu dan kembali memikirkan pria yg dulu tidak saya pilih. Apakah itu berarti pilihan saya salah?

  64. Assalamualaikum.. buat kakak semuanya. Saya mau curhat sedikit tentang masalah yang saya alami saat ini.
    Saya punya seorang kekasih, dia mu’allaf. Saya sudah dua setengah tahun menjalani hubungan dengan dia. dan kami berniat ingin menikah.. kami sama sama punya kemantapan hati.. dan sama sama yakin satu sama lain.. perasaan kami sangat besar.. Tapi dia punya sodara perempuan yang suka sama dia.. dan sodara perempuan nya itu berniat untuk menghancurkan hubungan kami.. sodara perempuan nya itu baru beberapa waktu yang lalu menjadi mu’allaf juga seperti dia.. hubungan saya dan kekasih saya sudah sangat di restui oleh orang tua kami.. Tapi ketika sholat istikharah, kekasih saya itu justru malah mendapat gambaran sodara nya itu terus, dan katanya sodara nya pun demikian.. Tapi dulu saat saya sholat dan minta di pertemukan dengan jodoh saya, saya pun kenal dengan kekasih saya ini. Dan sekarang, kami sedang di landa kegundahan, karena sodara perempuan nya itu mempersiapkan acara pernikahan.. Dan selama ini hanya kekasih saya yang di inginkan.. dan saya ataupun kekasih saya tidak di beritahu siapa calon suami sodara perempuan nya itu.. saya khawatir jika persiapan itu untuk pernikahan kekasih saya dan sodara nya itu.. saya harus bagaimana sekarang?? sejak awal kami kenal, hati kami sudah sangat mantap, dan sebenarnya ingin menikah saat itu juga. Tapi saya masih sekolah dan harus menunggu sampai saya lulus. dan sekarang saya sudah lulus sekolah, tapi ujian hubungan kami semakin berat.. tolong nasehat nya ya kakak semua.. Terimakasih sebelum dan sesudahnya..

  65. Saya ingin bertanya, saya ingin memantapkan hati pada seseorang, saya sudah lamaran tahun ini tetapi dibatalkan oleh keluarga saya karena calon suami saya sifatnya keras. Kemudian dia minta maaf dan ingin memulai kembali, tetapi dalam hati saya ada rasa ragu dan takut. Saya benar benar ragu dengan dia ttp mengapa hati saya malah lbh percaya kepada orang yang jauh dr sekitar saya padahal dia blm ada niat mengkhitbah saya

  66. saya istiqarah tapi dua hari kemudian saya memimpikan melamar dia apakah petunjuk itu bagus dan emang petunjuk dari Allah atau mugkin itu diubah oleh setan yang menghasutkita dalam mimpi,.?? dan saya sebelumnya mskpun istiqarah belum pernah mendapat petunjuk baru kali ini,.

  67. assalammualaikum wr wb..
    saya ingin bertanya, saya sudh 2 thun dekat dg sesorang dan dari awal dia sudh berniat menikahi saya namun saya menundanya karena pekerjaan kami msih belum jelas.
    dan sekrang dia sudh ingin dberi kepastian apakah saya dan kelurga menerima dia atau tidak. saya sudh melaksanakan istikharah dan saya tetp melanjutkan rencana semula. masalahnya kadang saya mersa yakin dan kadang bimbang dan cemas. sebenarnya ortu saya sudh merestui tetapi kelurga dari ibu spertinya kurang setuju. karena ibu saya sudh meninggal dari sya kecil dan saya dirwat kelurga ibi dari kecil, sehingga merasa perlu meminta restu dari mereka. Dia juga sudh berani datang kerumh dan menanyakan kepada papa saya mengenai hubungan kami. sebaiknya saya harus bagaimana? mohon jawabannya. terima kasih.

  68. jika benar sholat istikhara akan didengar oleh Allah ,dengan tanda apa Allah memberi jawabn kita ???
    dan bila lewat mimpi,apakah kita percaya??
    sedangkan islam tidak memperbolehkan kita percaya selain kepada NYA,
    bukan kah setan juga mendapat peluang besar untuk masuk dan memperdaya kita lewat mimpi??
    lantas apa yang kita temukan jawaban nya???

  69. Istikhoroh itu adalah meminta keberkahan dari sebuah pilihan….. Sebab mau tidak mau atau percaya tidak percaya… setiap pilihan pasti ada sisi pahit dan manis….. tetapi biasanya dari istikhoroh kita akan lebih tenang dalam menyikapinya…

  70. Saya sdh brpacaran dgn pcr saya sdh 4 tahunna, dia belum memiliki pekerjaan. Dan dia ingin serius dgn saya mau melamar saya, tp ortu saya seperti tdk merestui hubungan kami, dan sempat bilang mau menjodohkan dgn pria lain. Di satu sisi restu ortu sangatlah penting, di sisi lain kalau saya memutuskan hubungan sya dgn pcr saya, saya kasihan sm dia takut dia bersedih dn kecewa dgn keputusan saya. jadi saya harus bagaimana ? Sampai saat ini saya bimbang sekali. Mohon solusi nya

  71. Assalamualaikum
    Saya ingin brtanya bgaimana jiga sudah mengenal seorang pria dan brpacaran dngnnya dngn mksd ingin serius tp di sisi lain ortu tdk merestui dngn alasan yg tdk ornh d beri tahu . Selama ini saya brpacaran sudah 5thn tanpa restu . Namun bbrp tahun k brlakang saya sering main dngn tmn2 saya dngn ijin dan ada juga tdk ada ijin dri pasangan saya . Stelah pasangan saya tau ada yg dia terima ada yg tdk dia terima (skt hti) sudah 2x dia berusaha memutuskan saya tp saya tetap dngnnya krna mantapnya hati saya . Tp skrng saya sudah brpisah dngnnya tp dia memberi alasan dngn tdk d beri restu oleh ortu . Namun sudah 3 x saya mendengar dia brkata bohong dan menemukan klo dia brtemu wanita lain . Prtama saya suudzan dngn wanita itu tp skrng entah hrs suudzan ato engga .akhirnya saya menjalankan sholat istkharah yg dmn saya brdoa bhwa jika dia adalah jodoh saya (dekatkanlah) tp jika bukan jodoh (jauhkanlah) tp mimpi slalu dtng stelah sholat istkharah dmn dia yg selalu ada d mimpi itu . Saya ingin penjelasannya dri ukhti bagaimana pendapatnya . Terima kasih

  72. Assalamualaikum
    Ngeliat semua permasalahan diatas saya tiba” neteesin air mata,ya semua permasalahan yg saya hadapi sekarang bukan saya saja yang merasakan.saya sedang berada diantara 2 pilihan ialah seseorang yg dulu dekat dengan saya kini datang lagi ,tapi datang bukan ke saya dia datang kepada orang tua saya memberikan segala bentuk perhatiannya kepada orang tua saya cuma maksudnya tersebut bukan meminang saya tapi menjenguk orang tua saya, dia sosok laki” yang dewasa baik dan sampai detik ini mencintai saya dan keluarga saya dia menerima setiap kekurangan saya Krena dulu ada permasalahan ego masing” kmi menjauh dan tidak saling komunikasi. sampai detik inipun dia tidak berkomunikasi dengan saya saat saya memintanya untuk bertemu ia mengungkapkan alasan iya tidak berkomunikasi dgn saya krena dia tidak ingin saya mersa terganggu.
    Disatu sisi saya mempunyai kekasih yang menyayangi saya begitupun saya juga menyayanginya saat saya menceritakan ada laki” yg lebih baik dan lebih serius dari pacar saya pacar sayapun tidak bisa menerimanya dia kembali kemasa lalunya yg kelam disini perasaan saya bimbang dan berat.saya ingin memilih salah satu dari mereka dengan meminta petunjuk dari Allah melalui shalat istikharah tpi sampai saat ini belum ada jawaban.semoga Allah bisa memberi petunjuk secepatnya
    Aminn..

  73. Assalamu’alaikum…
    Saya mau nanya nih..
    Kan sya punya mantan dulu dia putusin sya krna dia menduakan saya. Nah udah gitu setelah beberapa bulan saya pacaran sama tmn nyh skrng kmi pcaran udah satu thun lebih. Dn mantan sya itu datng lgi ke sya,dia ngajakin sya nikah,sya bingung hrs jwb apa sedangkan posisi sya sekarng pcaran sma tmn nyh.. Tpi sya jga masih punya perasaan sma mantan sya.. Trs kata mantan sya,sya d suruh solat istikharah dn kata sya “kmu jga solat istikharah biar kmu tau siapa yg cocok untuk kmu” dia bilang katanyh dia udh solat beberapa kali dn jwban nyh datang d mimpi nyh dn orang itu adalah sya.. Mangkanyah dia ngajak nikah sma sya… Jadi sya harus bagai mana tolong di jawab yah…!!!
    Terima kasih..
    Assalamu’alaikum

  74. assalamualaikum .
    saya ingin bertanya solusi ke para pembaca yg baik hati , saya ingin meminta saran terbaik dari anda semua .
    ini permasalahan nya .
    saya seorang pria menjalin hubungan dengan seorang wanita perbedaan kita lumayan jauh hampir 5 tahun bagi saya tidak masalah karena cinta tidak memandang jarak . yg menjadi masalah itu ini , orang tua pasangan saya khususnya yg cewe (mama nya) itu tidak suka dengan saya padahal saya belum pernah bertemu untuk sekedar mengobrol / silaturahmi , kalau bertemu tatap muka pasti pernah saya itupun saya bertatap muka dengan mamanya saat saya mengajak keluar pasangan saya tadi , sekedar minta izin buat keluar doang atau pas saya nganter pasangan saya pulang saya cuma ngomong basa-basi karena faktor waktu , sudah malam hehe .
    jujur saya ini orang tua dia (mamanya) tergolong orang tua sosialita dan memandang materi .
    nah saat inj juga saya sedang memperiapkan untuk menghadapi mamanya dengan cara saya sendiri ,
    dari sekian cerita di atas , hal apa saja yg dapat saya lakukan untuk kedepan nya .

  75. Assalamualaikum…saya mau curhat sedikit
    Saya dan calon saya tentang kamatapan hati udah kokoh tak ada keraguan sedikit pun.dari pihak keluargapun udah setuju
    Saya mau nanya apakah harus solat istikharah dulu atau lanjutin aja dalam pertunangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.