Kesehatan

7 Buah yang Aman Untuk Tipes dan Bisa Membantu Proses Pemulihan

buah yang aman untuk tipes

Penyakit tipes yang mempengaruhi saluran pencernaan mengharuskan seseorang untuk lebih selektif dalam memilih makanan, termasuk buah-buahan. Meskipun buah umumnya bermanfaat bagi kesehatan, tidak semua jenis buah cocok untuk penderita tipes. Meski begitu tetap ada beberapa jenis buah yang aman untuk tipes.

Tipes, atau demam tifoid, merupakan penyakit menular yang menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan akibat infeksi bakteri Salmonella typhi.

Bagi penderita tipes, salah satu hal yang perlu dihindari adalah makanan dengan kandungan serat tinggi. Makanan jenis ini, termasuk banyak buah-buahan, dapat sulit dicerna dan berpotensi mengiritasi usus.

Berikut adalah beberapa jenis buah dengan kandungan serat rendah yang tetap kaya akan vitamin dan mineral, sehingga bermanfaat untuk mendukung proses pemulihan pasien tipes.

1. Pisang

Pisang, terutama yang sudah matang, merupakan pilihan yang sangat baik untuk penderita tipes.

Tekstur lembut dan lembek dari pisang matang memudahkan buah ini untuk melewati saluran pencernaan yang mungkin sedang teriritasi.

Selain itu, tipes seringkali disertai diare, dan pisang kaya akan kalium yang membantu menggantikan elektrolit yang hilang selama diare.

2. Alpukat

Alpukat adalah superfood yang mengandung serat dan berbagai zat gizi penting. Kandungan nutrisi dalam alpukat mendukung pemulihan fungsi pencernaan yang terganggu oleh infeksi bakteri penyebab tipes.

Dalam setiap 100 gram alpukat, terdapat 85 kalori, 6,5 gram lemak, 7,7 gram karbohidrat, dan 0,9 gram protein, yang berkontribusi pada percepatan proses penyembuhan jaringan tubuh yang terdampak.

3. Melon

Melon adalah pilihan buah rendah serat yang cocok untuk penderita tipes. Meskipun seratnya sedikit, melon tetap mengandung berbagai zat gizi penting yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dalam setiap 100 gram melon, terdapat 37 kalori, 1 gram serat pangan, 0,6 gram protein, 0,4 mg zat besi, dan 167 mg kalium.

Kandungan gizi ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses pemulihan.

4. Buah Naga

Selanjutnya dalam daftar buah yang aman untuk tipes ada buah naga. Buah naga memiliki tekstur lembut dan rasa yang tidak terlalu mencolok, sehingga ideal untuk seseorang yang mengalami gejala tipes, termasuk penurunan nafsu makan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomedicine & Pharmacotherapy pada tahun 2019, buah naga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik di usus.

Peningkatan probiotik ini dapat membantu memperbaiki kondisi pencernaan selama sakit tipes. Selain itu, buah naga juga kaya akan vitamin C, yang berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

5. Semangka

Karena mengandung banyak air, semangka memiliki kadar serat yang rendah, menjadikannya sebagai pilihan buah yang baik untuk penderita tipes.

Kandungan air yang tinggi dalam semangka dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat muntah atau diare selama sakit.

Selain itu, semangka juga kaya akan vitamin A dan C, yang berperan sebagai antioksidan dan mendukung proses pemulihan.

6. Blewah

Mengonsumsi buah blewah dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh bagi penderita tipes, berkat kandungan airnya yang sangat tinggi, sekitar 90 persen.

Kandungan air yang melimpah dalam blewah juga mendukung proses pencernaan makanan di usus.

Selain kaya akan air, blewah yang rendah serat ini juga mengandung berbagai zat gizi penting, termasuk 169 mcg vitamin A dan 37 mg vitamin C per 100 gram sajian.

7. Anggur

Buah anggur yang memiliki rasa asam ini kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan resveratrol.

Penelitian dari Linus Pauling Institute mengungkapkan bahwa resveratrol dapat membantu mengatasi peradangan dan mencegah beberapa penyakit, termasuk tipes.

Namun, sebelum mengonsumsi anggur saat sakit tipes, pastikan buah tersebut sudah matang dan manis.

Itulah 7 buah yang aman untuk tipes. Pemilihan makanan yang tepat, terutama buah dengan kandungan serat rendah, sangat penting dalam proses penyembuhan tipes.

Memilih buah yang tidak membebani sistem pencernaan tidak hanya mencegah komplikasi, tetapi juga dapat mempercepat proses pemulihan dari tipes.