Cara Mengurangi Nyeri Haid Tanpa Obat Pereda Nyeri

Tidak sedikit kaum Hawa yang mengeluhkan nyeri saat datangnya haid. Sebagian perempuan kemudian menggunakan obat pereda nyeri. Tentu obat itu bukan solusi yang alami. Kalau bisa alami, tentu lebih baik.

Bagaimana caranya? Nah, ini perlu dicoba. Cara mengurangi nyeri haid  tanpa obat pereda nyeri. Disarikan dari buku Kado Pernikahan karya Syaikh Dr Karim Asy Syadzili.

Sebelum Datang Haid

Ada dua kelompok cara mengurangi nyeri haid tanpa obat pereda nyeri. Pertama, sebelum datangnya masa haid.

  • Kurangi makan makanan yang manis-manis. Upayakan menjauhi makanan yang mengandung gula, apalagi pemanis buatan. Kandungan gula dalam keseimbangan rendah akan menjauhkan resiko terguncangnya keseimbangan zat gula dalam darah.
  • Kurangi mengkonsumsi zat garam. Langkah ini akan membantu tubuh mengurangi resiko pembengkakan dan menahan keluarnya cairan tubuh.
  • Kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan coklat.
  • Lakukan olah raga secara teratur untuk memperbaiki siklus darah dalam tubuh.
  • Jauhi alkohol karena bisa menambah racun dalam tubuh. Insya Allah sebagai wanita muslimah, Anda pasti menjauhinya karena minuman keras diharamkan Allah.
  • Sering berhubungan dengan suami. Ini terbukti membantu mengurangi bahkan menghilangkan nyeri di awal haid.

Ketika Masa Haid

Ketika datang masa haid, lakukan langkah-langkah ini untuk mengurangi nyeri haid. Jika nyerinya berkurang, Anda tak perlu lagi mengkonsumsi obat pereda nyeri.

  • Tetaplah tenang dan rileks. Ketenangan dan kebahagiaan jiwa akan berpengaruh pada imunitas dan mengurangi rasa sakit. Sedangkan depresi akan semakin menambah rasa sakit.
  • Letakkan bantalan atau botol berisi air hangat di atas perut. Pijatlah daerah perut secara perlahan. Bisa juga dengan menggunakan tisu hangat.
  • Cobalah tidur terlentang. Ganjil kaki atau lutut diganjal dengan bantal dan diangkat sedikit.
  • Mintalah suami untuk mengelus dan mengusap-usap punggung Anda. Ini bisa menghadirkan rasa nyaman dan mengurangi nyeri.
  • Atur nafas agar teratur dan berirama. Ini juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri.
  • Perbanyak dzikir. Juga doa. Dengan memperbanyak dzikir, hati menjadi tenang dan hadir kebahagiaan sehingga rasa nyeri berkurang bahkan hilang.

Baca juga: Cara Menarik Perhatian Suami

Semoga 11 cara praktis (5 langkah sebelum datang haid dan 6 langkah saat haid datang) di atas bisa mengurangi nyeri haid. Jika Anda punya kiat lain, jangan ragu untuk berbagi. [Ummi Liha/KeluargaCinta]

Terbaru

Nikmat Terbesar di Dunia dalam Surat Ar Rahman

Dalam Surat Ar Rahman, Allah Subhanahu wa Ta’ala memaparkan demikian banyak nikmat-Nya. Sebab Dialah Ar Rahman (Yang Maha Pengasih) yang tak ada...

Tips Mengelola Cemburu Agar Cinta Tak Terganggu

Bagaimana mengelola cemburu agar cinta tak terganggu? Cemburu adalah rasa yang pasti ada dalam jiwa manusia yang punya cinta. Sebab cemburu adalah...

8 Langkah Istri Jika Suami Mengalami Puber Kedua

Puber kedua memang ada. Ia bisa dialami oleh pria maupun wanita. Namun yang paling sering dijumpai, puber kedua ini terjadi pada pria.

Baca Ayat Kursi, Mimpi Buruk Pergi dan Bangun pun Lebih Pagi

“Ummi, Hamzah nggak mau mimpi.” Tiba-tiba anak ketiga kami mengadu. Waktu itu ia masih duduk di bangku Playgroup. Setelah ngobrol lebih lanjut,...