Jangan Nikahi 10 Tipe Wanita Ini

Anda mau menikah? Sebaiknya Anda tidak menikahi 10 tipe wanita ini. Sebab hidup Anda bisa runyam, kacau, bahkan penuh masalah. Kebahagiaan di dunia susah didapat, apalagi kebahagiaan di akhirat.

1. Wanita yang suka pamer aurat

Hindarilah menikah dengan wanita yang suka memamerkan auratnya. Selain membuat Anda was-was dan dibakar cemburu ketika menjadi suaminya, hidup Anda juga tidak tenang karena ia akan sering digoda atau menggoda laki-laki lain.

Selain itu, sebagai suami, Anda akan dituntut pertanggungjawaban di hadapan Allah dalam aspek mendidik istri. Jika istri Anda berubah setelah menikah dengan menutup aurat secara sempurna, mungkin itu adalah keberhasilan Anda. Tetapi jika ia tidak berubah setelah menikah dan hingga meninggal dunia, ia tercatat sebagai su’ul khatimah. Bukankah dengan menikah, kita ingin suami istri menjadi pasangan penuh cinta di dunia dan menjadi pasangan abadi di surga?

2. Wanita yang suka pamer harta

Ada wanita-wanita tertentu yang suka memamerkan hartanya. Dan biasanya, selain memamerkan hartanya, ia juga menghina orang lain yang tidak sekaya dirinya atau tidak memiliki barang-barang seperti kepunyaannya. Padahal, apa yang dipamerkannya itu adalah milik atau pemberian orang tuanya.

Misalnya di SMA, ia suka memamerkan HP-nya yang selalu baru. Begitu ada merek yang keluar, ia segera memilikinya. Ia juga mengolok-olok dan menghina teman yang HP-nya jadul.

Contoh lain, saat kuliah ia membawa mobil dan memakai perhiasan. Ia memamerkan hal itu dan tidak mau berteman dengan mahasiswi lain yang hanya naik kendaraan umum atau membawa motor ke kampus.

Wanita yang suka pamer seperti ini, ketika suaminya tidak kaya, maka ia akan membuat suaminya terbebani dengan banyak tuntutan. Kalaupun suaminya kaya, bukan berarti tidak ada masalah. Sebab ia akan menggerogoti harta suaminya demi gengsinya dan membuat suami tidak tenang karena ia menciptakan jarak sosial dengan tetangga, bahkan menyakiti mereka. Suami yang tadinya orang shalih, bisa terbawa dicap buruk atau bahkan dimusuhi.

Di akhirat, orang yang sombong sangat merugi. Disebutkan dalam hadits Nabi, orang yang sombong tidak akan masuk surga. Bahkan, meskipun kesombongannya itu seberat dzarrah; seberat biji sawi atau seberat debu. Nah, jika istri masuk neraka karena kesombongannya dan suami masuk surga karena keshalihannya, bukankah ini berarti tujuan pernikahan tidak tercapai. Sebab kita menikah dengan cita-cita sakinah mawaddah wa rahmah di dunia, berbahagia selamanya di surga.

3. Wanita yang durhaka pada orang tua

Jangan pernah menikahi wanita yang durhaka kepada orang tuanya. Tandanya, ia sering berkata kasar pada orang tuanya, sering menyakiti mereka, sulit diperintah oleh mereka, bahkan sering membuat mereka menangis dan menderita.

Mengapa? Sebab wanita yang durhaka pada orang tuanya, sulit menjamin bahwa ia bisa menjadi istri yang taat pada suaminya. Wanita yang durhaka pada orang tuanya, ia juga dikhawatirkan durhaka kepada suaminya.

Dan yang hampir pasti, kalau kepada orang tuanya saja ia durhaka, ia juga tidak akan bisa berlaku baik pada mertuanya. Maukah kita, saat orang tua kita sudah demikian lanjut usia, justru hati mereka kerap terluka karena istri kita? Maukah kita, tahun-tahun terakhir kehidupan orang tua kita justru menderita karena kita salah memilih wanita?

[Muchlisin BK]

Ilustrasi dua sejoli © pixabay.comBaca kelanjutannya di

Jangan Nikahi 10 Tipe Wanita Ini (Bagian 2)

29 KOMENTAR

  1. alhmdulillah,
    no 1 ,skrang aq dah berhijab dan insya Allah tuk seterusnya..amiin
    no 2. smasa hidup qu aq penuh dngan kemiskinan jadi apa yg mesti qu sombongi ..?ortu pun gk punya hidup pun numpang.
    no.3 aq hidup bersama bibi dari bayi,aq sempet dan sering buat dia menangis karna aq mudah terhasut sma omongan orang,lbih percaya orang yg baru aq kenal ketimbang orang yg dari bayi merawat aq..
    skrang aq sadaar bibi sayaang bngeet ma aq ,i miss 7 bi.

    • Mau Tanya, sy brpacaran sudh hampir mamasuki 1tahun. Dan brniat until k jenjang yg lbh serious. Pcr sy mngnalkan sy kpn kluarga nya. Hasil nya PD saat brtemu, kluarga nya menolak sy mnjdi bagian Dr kluarga nya krn sy TDK memakai hijab. Dan akan stuju klo saya pakai hijab. Saya bingung, APA sy harus lakukan. Kluarga nya tidkbisa menerima sy APA adanya. Klo pun sy berhijab sy ingin Dr hati. Tanpa paksaan sperti ini. Thx.

      • berhijab itu proses mb..
        jadi kalau menunggu dr hati bisa jadi sampai tua jnengan br berhijab..
        mulailah kebaikan itu dg paksaan …sambil memohon petunjuk d bimbingan dr Allah…
        lama kelamaan anda akan merasa nyaman dg hijab…
        krn hijab itu wajib…jadi lakukanlah walau dalam keadaan berat…
        menjadi mslim yg baik itu proses..kalau nunggu baik br berhijab ya bisa jadi umur qt diambil qt blm sempat memperbaiki diri….
        krn yg paling dekat dg qt sbnrnya adalah kematian

  2. Saya kurang sepakat dengan kalimat “Jangan Nikahi”, bukankah setiap orang ada potensi untuk berubah??? saya punya kenalan dan bahkan teman dekat yang menikah dengan wanita yang menurut kami kurang baik, seperti yg dijelaskan diatas. tetapi pernikahan dan kehadiran suami yang baik akan memberikan pengaruh positif terhadap perubahan. Menurut saya baiknya tidak menggunakan kata Jangan Dinikahi, tetapi dengan yang lebih baik.

    • maksud ayat itu begini ; laki² yg baik ‘sebaiknya ato akan lebih baik’ memilih wanita yg baik². jika diartikan seperti diatas, kasian dong orang² shaleh seperti nabi Luth AS, nabi Nuh. AS, Aisiyah istri fir’aun… siapa yg meragukan kesolehan mereka? mereka dijodohkan Allah bukan dng orang shaleh tapi dng pendurhaka itu sebagai ujian bagi mereka. bgtu jg dng kita jika kelak Allah jodohkan dng orng yg tidak sekufu dalam iman, ya bersabarlah dng ujian itu.

  3. istriqu saat ini sllu menolak ajakan berhubungan,tidak menghormati suami,mengeluh jika sedikit dikasih uang,maunya harus dituruti,saat ini sedang marah dgn orang tuaqu gr2 dpt nasihat,ingin rasanya mencerainya tp tidak tega melihat anak yg msh kecil2..

    • Turut mendoakanmu Mas Vandy, semoga Allah memberikan kesabaran buatmu ya? Semoga istrimu bertobat dan kembali ke jalan yg benar. Aamiin!

    • Om vandy, jgn prnah anda mncraikan istri anda klw anda syg dgn ankmu.
      Mngkin hati anda lega klw brpisah dgn istri anda, tp apkah anda berpkir klw hati ank anda gundahh bila salah satu org tua a tdk ad lg di smping a stiap hari.
      Bnyaklah om mnta petunjuk dari Allah SWT.

  4. assalamualaikum.warahmatullahiwabarakatuh…!

    allhamdulilah…
    ana terhindar dr semua perkara di atas,dan ana telah berhijab sempurna dan bahkan bercadar,ana jg tdk pernah pacar 2ran,tp kemaren ana baru dpt musibah besar yg ana angap adalah musibah terbesar ana didunia dan akhirat.selain itu ana jg di gunjing dengan sapa an yg halus tp mengenai ana,dan mengklaim ana sebagai akhwat pemarah meledak ledak dan mudah emosi,belio slu menanyakan ana kepada?

    awal mulanya ana ta ’aruf dengan salah satu tmn di fb.ana ,krn ana sdng tugas di luar negri,belio menyusul ana keluar negri dan mendatangia ana di tmpat kerja
    ana,dgn alasa ingin membicaraka perkawinan kami,usia kami sagat jauh belio 39thn,duda dan memiliki tigaaanak putri,sementara ana 24thn,tp ana iklas menerima belio apa adanya krn Allah,dan mengharap ridho Allah,jk memng beliao jodoh Ana.ana iklas….

    tp setelah sampainya kami bersama dia berusaha berkali kali ingin menzinai ana,tp ana slu menegurnya lembut,dengan menyapanya takutlah kepad allah mas…
    jangan lakukan itu padaku,demi allah aku takut pada tuhanku rabmu jg rabku….

    tp ia tak menghiraukan aku hingga ahirnya ana sempat marah 2dan berteriak triak mengancamnya klu ana akan bertriak triak minta tolong pd orang lain,bahkan jg smpat
    kasar menendangnya,agar ana tdk terpedaya oleh iblis,
    yg berusaha menguasai nafsu manusia,
    dan kmudian ana melihat raut wajahnya yg merah mngkin krn malu dgn cacian dan gunjingan ana yg
    slu mengejeknya dgn kt 2yg mengingatnya kpda allah,bhkan ana jg smpat menginjingnya dgn kt 2
    tidak kusangka mas..km datang jauh 2hnya untuk berbuat zina (menzinaku)???

    kemudiaan belio marah dan kecewa pd ana,ktanya tdk azza…terlalu mahal klu untuk itu…!semenjak itu belio menganggap ana adalah sebagai akhwat yg sk marah dan mudah meledak ledak emosinya,

    yg ana tanyakan…?apa ana bersalah melakukan demikian ,krn ana mencintainya tulus krn allah..
    tdk memndang usianya,rupa dan hartanya ,tapi semata mata hnya mengharap ridho allah.
    yg membuat ana kecewa,knp belio lakukan semua itu pdahal dia mendalami agama,dan yg membuat ana tertarik dan ridha di pinang adalah agamanya,imunya
    tp knpa dia tega melakukan itu pd ana walau dgn alasan apapun tdk ana benarkan dan ana yakin allahpun demikian,walaupun dia ingin neminang dan ingin menikahi ana tentunya bkn halal dan ana kecewa dan marah 2,ana takut kpda allah,dan belio mengirim imel pda ana sungguh membuat ana merasa malu pd allah dan terhina krn apa yg ia tulis sngguh jauh dr pribadi ana yg se benarnya ,ana marah,kecewa krn merasa gagal menjaga fitnah diri pdahal ana merasa tlah sempurna berhijab,ana mencintainya krn allah mknya tdk ingin belio menjadi golongan orang2 yg berdosa,dan jg diriku menjadi golongan orang2yg merugi serta lakNattullah.
    ana di suruh intropeksi dgn belio,jujur ana memng salah
    dan bnyak kekuranga n seb makluk Allah.
    tp apa ana salah dgn kmrahan ana dan emosi ana hnya untuk melindunginya dr fitnah diri dari dr ana cndr?

    • kalo menurut aku si,wajar aja kamu marah teh…emang belum resmi jadi suami istri kok ngajak berzina.bersyukurlah teh karena Tuhan telah menunjukan siapa dia yang sebenarnya.kalau orang yang bener-bener baik agamanya…dia tidak akan melakukan hal-hal yang udah pasti di larang agama.dan kalu orang bener-bener tulus sayang,aku fikir dia akan mengerti alasan kamu menolak berzina.jadi…kalu dia justru menyalahkan kamu teh…mungkin ada baiknya kamu berfikir lagi untuk menikah dengannya.maaf ini cuma pendapat aku aja. hehhe…

    • Alhamdulillah q senang mendengarnya……anda seperti kebalikan cerita dari Nabiyullah Yusuf AS……..moga Allah merohmati Mu……

      • Aamiin ya allah istajib lana ya rabbi….!wa iyyak

        sukron kasiran,saudara/i ku,salam.ukuwah fillah brbalut kasih karenanya

  5. aqu Dah menikah dgan orang yordania Adat &kultur nya beda tpi kita sma Muslim dlam Islam sitri gak boleh ngelawan tpi dia klu ego nya gak bisa nahan &gak mau mengalah
    Malah sampai mukul & aqu balik mukul/nyakar sebisa mungkin tuk ngelawan &menyelamat kan diri apa tindakan aya jga salah,? Yg ad di pikiran Perceraian tpi 2 Anak yg sllu bikin aqu tuk diem

  6. Setuju sbnr nya…
    ane nikahin janda beranak 1….dah dan slaliu berusaha sambil pasrah kpd Allah
    begitulah kisah nya….

Comments are closed.

Terbaru

Tips Mengelola Cemburu Agar Cinta Tak Terganggu

Bagaimana mengelola cemburu agar cinta tak terganggu? Cemburu adalah rasa yang pasti ada dalam jiwa manusia yang punya cinta. Sebab cemburu adalah...

8 Langkah Istri Jika Suami Mengalami Puber Kedua

Puber kedua memang ada. Ia bisa dialami oleh pria maupun wanita. Namun yang paling sering dijumpai, puber kedua ini terjadi pada pria.

Baca Ayat Kursi, Mimpi Buruk Pergi dan Bangun pun Lebih Pagi

“Ummi, Hamzah nggak mau mimpi.” Tiba-tiba anak ketiga kami mengadu. Waktu itu ia masih duduk di bangku Playgroup. Setelah ngobrol lebih lanjut,...

Meski Sudah Berkeluarga, Jangan Pernah Lupakan Ibu

Jika ada 1000 orang yang mencintaimu, akulah yang pertama.Jika ada 100 orang yang mencintaimu, akulah yang pertama.Jika ada 10 orang yang mencintaimu,...