Kultum Ramadhan Pelecut Semangat Ibadah di Bulan Penuh Berkah

Ramadhan memiliki banyak nama lain. Selain syahrush shiyam (bulan puasa), syahrul qur’an (bulan Al-Qur’an), ia juga merupakan syahrut tarbiyah (bulan pendidikan).

Dinamakan syahrut tarbiyah karena pada bulan ini banyak sekali sarana tarbiyah yang tersedia. Sarana pendidikan yang menambah keilmuan umat di saat yang tepat. Misalnya ceramah tarawih, kuliah Subuh, kajian menjelang berbuka, dan berbagai kajian lainnya.

Meskipun pandemi belum usai, sarana-sarana tarbiyah ini terus berjalan di masyarakat kita. Dengan mudah kita bisa mendapati ceramah tarawih dan kuliah Subuh di berbagai masjid.

Bagi yang masjidnya tidak ada ceramah tarawih dan kuliah Subuh, di era digital ini banyak sekali ceramah yang bisa kita tonton videonya maupun kita baca tulisannya di website. Salah satunya adalah Ceramah Ramadhan yang dipersembahkan oleh BersamaDakwah.

Langsung saja, berikut ini tema-temanya mulai hari pertama hingga hari ke-30 yang bisa kita baca setiap hari di bulan Ramadhan:

1. Keutamaan Ramadhan

Menjelaskan 10 keutamaan Ramadhan berdasarkan hadits-hadits shahih, mulai dari dibukanya pintu-pintu surga, ditutupnya pintu-pintu neraka, hingga pembebasan dari neraka.

2. Keutamaan Puasa

Menjelaskan 8 keutamaan puasa berdasarkan hadits-hadits shahih, mulai dari pahala puasa yang tidak dibatasi, bau mulut orang berpuasa lebih baik dari minyak misik, hingga menjauhkan dari neraka.

3. Orang yang Boleh Tidak Puasa

Menjelaskan empat golongan orang yang boleh tidak puasa Ramadhan. Disertai cara menggantinya. Yakni orang yang wajib tidak puasa dan wajib meng-qadha’. Orang yang boleh tidak puasa dan wajib meng-qadha’. Orang yang boleh tidak puasa dan wajib bayar fidyah. Serta orang yang boleh tidak puasa, namun diperselisihkan apakah wajib qadha’ atau bayar fidyah.

4. Hikmah Puasa

Menjelaskan 8 hikmah puasa baik dari aspek ruhiyah maupun sosial dan medis. Hikmah puasa ini disarikan dari Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka, Fiqih Puasa karya Syaikh Yusuf Al Qardhawi dan Al Islam karya Said Hawwa.

5. Pembatal Pahala Puasa

Menjelaskan 10 hal yang membuat puasa sia-sia. Mulai dari tidak ikhlas, berkata keji, mengumpat, ghibah, dan seterusnya.

6. Puasa berkualitas

Ceramah ini membahas 6 langkah agar puasa berkualitas. Sebab puasa adalah ibadah yang langsung dinilai Allah dan tidak dibatasi pelipatgandaan pahala 10-700. Pahalanya bisa tak terbatas, tergantung kualitas.

7. Keutamaan Sabar

Ceramah ini mengulas tentang hakikat sabar dan keutamaan sabar. Diawali dengan penekanan bahwa salah satu nama bulan Ramadhan adalah syahrush shabr; bulan kesabaran. Mengapa disebut bulan kesabaran juga diterangkan secara singkat.

8. Ramadhan Bulan Jihad

Kultum Ramadhan ini menjelaskan makna Ramadhan sebagai bulan jihad. Juga dilengkapi definisi jihad, keutamaan dan macam-macamnya. Harapannya, di bulan Ramadhan tumbuh semangat jihad dan produktifitas meningkat.

9. Ramadhan Bulan Taubat

Ceramah Ramadhan ini menjelaskan Ramadhan sebagai syahrut taubah. Bulan taubat. Ia saat menyegerakan taubat yang tepat. Kultum ini dilengkapi keutamaan taubat, pembagian dosa, hingga syarat taubat.

10. Ramadhan Bulan Qiyamul Lail

Kultum Ramadhan ini menjelaskan bagaimana Ramadhan membentuk kebiasaan qiyamul lail. Terutama melalui shalat tarawih selama sebulan penuh tiap malam di bulan Ramadhan. Dijelaskan pula keutamaan qiyamul lail berdasarkan hadits-hadits shahih. Agar memotivasi selepas Ramadhan terjaga kebiasaan qiyamul lail tersebut.

11. Ramadhan Bulan Tarbiyah

Ceramah Ramadhan ini membahas Ramadhan sebagai syahrut tarbiyah, bulan pendidikan. Suasana Ramadhan yang sangat kondusif untuk ibadah juga memudahkan banyaknya kajian Islam. Mulai dari ceramah tarawih, kuliah Subuh, kajian menjelang buka puasa, hingga kajian-kajian lainnya. Ada pula pelatihan intensif atau daurah.

Maka, selayaknya kita perkuat semangat tarbiyah dengan mengetahui keutamaan ilmu dan terus berusaha tafaqquh fiddin. Tak hanya di bulan Ramadhan, semangat tarbiyah harus kita jaga di bulan-bulan lainnya.

12. Ramadhan Bulan Taubat

Kultum Ramadhan ini menjelaskan Ramadhan sebagai syahrut taubah, bulan taubat. Seperti kita tahu, Allah membuka ampunan seluas-luasnya di bulan Ramadhan syahrul maghfirah. Maka ketika kita bertaubat di bulan Ramadhan, kita mendapatkan dua keutamaan sekaligus. Menyegerakan taubat dan keutamaan bulan Ramadhan.

13. Puasa Perut

Ceramah Ramadhan ini menjelaskan puasa perut bukan sekedar mempuasakannya dari lapar dan dahaga. Puasa perut artinya juga mempuasakan perut dari makanan haram, makanan syubhat dan makan yang berlebihan.

14. Berusaha menerapkan Islam kaffah

Di bulan Ramadhan, suasana hidup masyarakat kita berubah tiba-tiba. Jauh lebih religius daripada biasanya. Suasana ini perlu kita jaga. Dengan berusaha menerapkan Islam kaffah sepanjang tahun. Sehingga Allah pun menurunkan rahmat dan berkah-Nya untuk negeri kita. Bahagia di dunia, bahagia di akhirat dan masuk surga.

15. Amr bin Jamuh

Kultum Ramadhan ini mengisahkan Amr bin Jamuh. Seorang sahabat yang kakinya cacat namun ia sangat bersemangat ke medan jihad. Kesungguhannya dalam mujahadah akhirnya membuatnya syahid dan dikabarkan Rasulullah masuk surga. Bahkan lebih cepat dari sahabat-sahabat lain yang lebih dulu masuk Islam.

Baca juga: Gombalan untuk Istri

16. Abdullah Dzul Bijadain

Ceramah ini mengisahkan Abdullah Dzul Bijadain, sahabat sederhana yang tidak punya rumah tak punya pakaian bagus namun kematiannya membuat sahabat yang lain iri.

17. Nuzulul Quran

Ceramah ini membahas Nuzulul Quran mulai dari arti, tanggal terjadinya hingga kewajiban kaum muslimin terhadap Al Quran.

18. Waktu Mustajab

Kultum Ramadhan ini membahas 10 waktu mustajab untuk berdoa. Mulai dari sepertiga malam terakhir, setelah sholat lima waktu, antara adzan dan iqomat, hingga ketika minum air zam-zam.

19. Manusia paling bermanfaat

Di bulan Ramadhan, kepedulian sosial masyarakat kita meningkat. Berbagi kebaikan dan kemanfaatan. Ini bagian dari berkahnya Ramadhan sekaligus indikator manusia terbaik, yakni yang paling bermanfaat bagi sesama manusia.

20. I’tikaf

Sepuluh hari terakhir merupakan waktu paling utama dari Ramadhan. Sunnah utama di masa ini adalah itikaf. Sehari sebelum tiba sepuluh hari terakhir, ceramah ini menjelaskan keutamaan itikaf.

21. Lailatul Qadar

Kultum Ramadhan ini membahas lailatul qadar mulai dari arti lailatul qadar, keutamaannya, kapan terjadinya, tanda lailatul qadar, doa lailatul qadar, hingga ciri orang yang mendapatkannya.

22. Mencetak generasi islami

Zaman terus berubah. Generasi pasti berganti. Tantangan ke depan semakin besar. Maka selayaknya kita menyiapkan generasi mendatang yang kokoh, bukan generasi lemah, bukan generasi home service. Spirit Ramadhan menginspirasi kita untuk mencetak generasi Islami.

23. Menebar kebaikan

Ramadhan penuh dengan kebaikan dan keberkahan. Bagaimana kita bisa membawa semangat berbagi kebaikan itu. Berbuat ihsan kepada sesama manusia. Karena Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik.

24. Merindukan surga

Di akhirat kelak, hanya ada dua tempat kembali. Surga dan neraka. Surga adalah tempat penuh kenikmatan dan kebahagiaan. Di bawah naungan ridha Allah, bahkan kita bisa bertemu dengan-Nya. Nikmat di surga tak pernah terlihat mata, belum pernah didengar telinga dan tidak terbersit dalam pikiran sebelumnya.

25. Berlindung dari neraka

Hidup di dunia ini sementara. Setelah meninggal, kita akan memasuki alam barzakh. Lalu setelah kiamat terjadi, kita memasuki akhirat. Jangan sampai masuk neraka, apalagi abadi selamanya. Percayalah, kita takkan kuat, bahkan meskipun sebentar saja mampir di sana.

26. Ramadhan dan perubahan

Ramadhan merupakan bulan pendidikan. Selama 30 hari kita ditempa oleh tarbiyah Ilahiyah. Banyak yang berubah di bulan Ramadhan, jangan sampai kembali terjungkal di bulan berikutnya. Semangat perubahan di bulan Ramadhan perlu kita jaga.

27. Meramadhankan seluruh bulan

Saat kita hanya baik di bulan Ramadhan, kita masih berada di level Ramadhani. Saat kita bisa membawa kebaikan itu di bulan-bulan berikutnya, jadilah kita generasi Rabbani. Meramadhankan seluruh bulan.

28. Istiqamah

Amal yang paling Allah cintai adalah yang kontinyu meskipun sedikit. Terus menerus meskipun tidak banyak. Istiqamah dalam kebenaran, istiqamah dalam kebaikan.

29. Zakat Fitrah

Amal khusus di bulan Ramadhan selain puasa adalah zakat fitrah. Bagaimana hukumnya, berapa besarnya dan bagaimana ketentuannya, tema ini menjelaskannya. Termasuk bolehkah membayar zakat fitrah dengan uang? Bagaimana jika melalui lembaga amil zakat?

30. Jika Ini Ramadhan Terakhir Kita

Bertepatan malam terakhir Ramadhan, bayangkan jika ini Ramadhan terakhir kita. Bayangkan jika malam ini merupakan malam Ramadhan terakhir Ramadhan sepanjang hidup kita. Apa yang akan kita lakukan?

Bagi yang ingin membaca langsung di BersamaDakwah, silakan klik Ceramah Ramadhan 2021. Semoga bermanfaat. [KeluargaCinta]

Terbaru

- Advertisment -