Manfaat Sholat Tahajud Bagi Suami Istri, Mulai Wajah Hingga Cinta

Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan, baik berdasarkan Al Qur’an maupun hadits shahih. Selain keutamaan itu, ada pula manfaat sholat tahajud bagi suami istri. Ini penjelasan para ulama.

Wajah Indah Bercahaya

Orang yang rajin mendirikan sholat tahajud dan larut dalam kekhusyu’an, wajahnya akan menjadi indah bercahaya. Meskipun tidak serta merta menjadi “glowing” layaknya skin care, indah dan bercahayanya wajah orang yang rajin tahajud bisa dirasakan oleh sesama muslim yang jernih hatinya.

“Begitu menakjubkan orang yang sholat malam sehingga wajahnya nampak begitu indah dari lainnya,” kata Hasan Al Basri rahimahullah. “Karena mereka selalu bersendirian dengan Ar Rahman maka Dia memberikan di antara cahaya-Nya pada mereka.”

Bahkan Syarik rahimahullah menjelaskan, wajah berseri itu akan langsung bisa terlihat pada pagi harinya.

“Barangsiapa banyak mengerjakan shalat di malam hari, maka wajahnya akan berseri di pagi harinya,” terangnya.

Ibnu Qayyim Al Jauziyah rahimahullah juga mengatakan hal serupa. “Sholat tahajud bisa memberikan sinar yang tampak di wajah sekaligus membuat wajah semakin cantik”.

Keindahan wajah adalah salah satu faktor tumbuh dan menguatnya mawaddah. Cinta suami istri. Maka, manfaat sholat tahajud bagi suami istri akan memperindah wajah mereka lalu dengan demikian mereka akan lebih cinta kepada pasangan hidupnya.

Baca juga: Cara Menarik Perhatian Suami

Allah Menjadikan Belahan Jiwa Mencintainya

Salah satu manfaat sholat tahajud dijelaskan oleh Said bin Musayyab rahimahullah. Beliau mengatakan:

“Sesungguhnya orang yang selalu qiyamul lail, Allah akan menjadikan wajahnya bercahaya, sehingga ia akan dicintai seluruh umat, bahkan orang yang belum mengenalnya sekalipun. Orang akan berkata, ‘aku sungguh menyukai orang ini’.”

Mengapa manusia mencintai orang yang rajin sholat tahajud? Karena Allah mencintainya. Lalu ia jadikan manusia mencintai orang itu.

Nah, jika orang lain bahkan yang sebelumnya tidak kenal saja bisa menyukainya, bagaimana dengan pasangah hidup yang selalu melihat wajah indahnya?

Allah Menurunkan Rahmat-Nya

Allah memberikan rahmat kepada suami istri yang saling membangunkan untuk sholat tahajud. Dengan rahmat ini, keduanya akan terikat dengan rahmah. Cinta kasih suami istri yang bukan hanya karena pertimbangan fisik.

رَحِمَ اللَّهُ رَجُلاً قَامَ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّى وَأَيْقَظَ امْرَأَتَهُ فَصَلَّتْ فَإِنْ أَبَتْ رَشَّ فِى وَجْهِهَا الْمَاءَ رَحِمَ اللَّهُ امْرَأَةً قَامَتْ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّتْ وَأَيْقَظَتْ زَوْجَهَا فَصَلَّى فَإِنْ أَبَى رَشَّتْ فِى وَجْهِهِ الْمَاءَ

“Semoga Allah merahmati seorang laki-laki yang bangun di waktu malam lalu shalat dan ia pun membangunkan istrinya lalu sang istri juga shalat. Bila istri tidak mau bangun, ia percikkan air ke wajahnya. Semoga Allah juga merahmati seorang perempuan yang bangun di waktu malam lalu ia shalat dan ia pun membangunkan suaminya. Bila suami enggan untuk bangun, ia pun memercikkan air ke wajahnya.” (HR. An Nasa’i. Hadits senada juga diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmidzi)

Suami istri yang rajin sholat tahajud, dengan demikian akan semakin saling mencintai. Bukan hanya cinta satu sayap, tetapi cinta dua sayap; mawaddah wa rahmah. Dengan dua sayap cinta itu, suami istri bisa terbang tinggi, memadu kasih dalam rangka menggapai ridha Allah Yang Maha Pengasih.

Demikian manfaat sholat tahajud bagi suami istri. Keutamaan lengkap dan tata cara sholat tahajud bisa dibaca di artikel Niat Sholat Tahajud. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/KeluargaCinta]

Terbaru