Nikmat Terbesar di Dunia dalam Surat Ar Rahman

Dalam Surat Ar Rahman, Allah Subhanahu wa Ta’ala memaparkan demikian banyak nikmat-Nya. Sebab Dialah Ar Rahman (Yang Maha Pengasih) yang tak ada satu pun makhluk yang bisa memiliki sifat ini.

Begitu banyak nikmat-nikmat yang Allah paparkan dalam surat ke-55 ini. Mulai dari nikmat yang dihamparkan di bumi, di langit, hingga nikmat surga di akhirat nanti.

Nikmat di Bumi

Begitu banyak nikmat Allah yang Dia sediakan di muka bumi. Misalnya Allah firmankan dalam ayat 10-13:

وَالْأَرْضَ وَضَعَهَا لِلْأَنَامِ . فِيهَا فَاكِهَةٌ وَالنَّخْلُ ذَاتُ الْأَكْمَامِ . وَالْحَبُّ ذُو الْعَصْفِ وَالرَّيْحَانُ

Dan Allah telah menghamparkan bumi untuk makhluk(Nya). Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang. Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya. (QS. Ar Rahman: 10-13)

Lalu Allah mengiringinya dengan mengingatkan agar manusia bersyukur atas nikmat-nikmat itu. Tidak mendustakannya.

فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. (QS. Ar Rahman: 14)

Nikmat di Langit

Allah juga menyebutkan nikmat-Nya di langit. Langit yang begitu luas, penuh bintang. Allah persilakan manusia dan jin untuk melintasinya jika sanggup.

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. (QS. Ar Rahman: 33)

Lalu Allah mengiringinya dengan mengingatkan agar manusia bersyukur atas nikmat-nikmat itu. Tidak mendustakannya.

فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. (QS. Ar Rahman: 34)

Baca juga: Cara Menarik Perhatian Suami

Nikmat Terbesar di Dunia

Kita hidup di bumi penuh dengan kenikmatan. Mulai dari nikmat hidup dan kesehatan, nikmat berupa makanan dan sumber daya alam, hingga nikmat udara, langit dan bintang gemintang. Demikian banyaknya nikmat Allah, Dia mengingatkan agar manusia tidak mendustakan nikmat-nikmat itu. Bahkan ayat fabiayyi ala irobbikuma tukadziban diulang 31 kali dalam surat ini.

Tapi tahukah kita nikmat apa yang paling besar di dunia ini? Nikmat terbesar di dunia, Allah sebutkan paling awal dari surat ini. Yakni nikmat Al Qur’an.

الرَّحْمَنُ . عَلَّمَ الْقُرْآَنَ

(Tuhan) Yang Maha Pemurah, Yang telah mengajarkan al Quran. (QS. Ar Rahman: 1-2)

Maka ketika kita menjadi seorang muslim yang beriman kepada Al Qur’an, bisa membaca dan memahami Al Qur’an, sungguh ini adalah nikmat terbesar. Jauh lebih lebih besar dibandingkan dengan nikmat materi dan kekayaan. Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban. [Muchlisin BK/KeluargaCinta]

Terbaru

- Advertisment -