Persiapan Ilmu Sebelum Menikah

0

Siapa saja yang ingin menjalani kehidupan pernikahan yang dipenuhi keberkahan, maka ilmu adalah salah satu sarana amat penting untuk menggapainya. Ilmu ibarat jembatan yang mampu mengantarkan seseorang menuju tempat yang ditujunya. Ia adalah sarana efektif yang mesti dijalani bagi tercapainya suatu hajat dalam kehidupan. Pun dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Ilmu adalah petunjuk. Ia akan menunjuki seorang laki-laki agar bisa menjadi pemimpin yang baik bagi istri dan anak-anaknya, juga membimbing seorang wanita agar menjadi seorang istri yang patuh dan menyejukkan mata sang suami serta seorang ibu yang menjadi teladan dan mampu melahirkan generasi yang memperjuangkan agama Allah Ta’ala.

Sebab agungnya keutamaan ilmu ini, maka jalannya pun tidak semudah membicarakannya. Seorang yang menghendaki pernikahannya diberkahi hingga akhir hidupnya harus senantiasa bersemangat mencari ilmu-ilmu yang dibutuhkan di sepanjang perjalanan rumah tangganya.

Hal itu dimulai sejak dirinya bisa menggunakan akal dengan baik, lalu bertambah kadarnya setelah hasrat menikah mulai timbul, dan akan terus bertambah setelah dirinya resmi menjadi suami atau istri. Setelah itu, semangatnya pun akan semakin melimpah dengan mengajak pasangannya untuk melakukan hal yang serupa, untuk menjadi pasangan dan saingan dalam melakukan kebaikan.

Apalagi, Islam sangat apresiatif terhadap kaum Muslimin yang senantiasa menuntut ilmu. Akan semakin bertambah agung jika semangat menuntut ilmu terkait pernikahan ini diarahkan kepada niat meneladani sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Dalam Islam, mereka yang menuntut ilmu layak diganjari dengan pahala jihad hingga dirinya pulang. Para penuntut ilmu juga menduduki kedudukan yang tinggi, bahkan disebut sebagai salah satu orang terbaik di antara yang lainnya. Mereka juga dicatat sebagai sosok yang lebih baik dari ahli ibadah yang tidak menggunakan ilmu. Bahkan, dalam kasus tertentu, mereka yang menuntut ilmu diganjari dengan pahala yang jauh lebih utama dari ibadah ritual selayak shalat sunnah.

Maka, ilmu tentang rumah tangga harus menjadi prioritas seseorang. Apalagi, rumah tangga menjadi permulaan pendidikan generasi yang memperjuangkan tegak tingginya Islam dan kaum Muslimin. Bersungguh-sungguhlah untuk mempelajarinya. Kelak, manfaatnya akan kembali kepada mereka yang telah bersusahpayah mempelajari dan mewakafkan sekian banyak potensi untuk mendapatkannya.

Jangan malas. Sebab ilmu akan membuat Anda semakin merasakan indahnya hidup berumah tangga. Lalu, ilmu apa saja yang harus disiapkan sebelum menjelani kehidupan bernama rumah tangga? Inilah jawabannya. (Baca: Ilmu yang Harus Dipelajari Sebelum Menikah) [Pirman/Keluargacinta]