Rahasia Dasar Mengelola Keuangan dari Rasulullah

Dengan langkah gontai, laki-laki itu datang menghadap Rasulullah. Ia sedang didera problem finansial; tak bisa memberikan nafkah kepada keluarganya. Bahkan hari itu ia tidak memiliki uang sepeserpun.

- Advertisement -

Dengan penuh kasih, Rasulullah mendengarkan keluhan orang itu. Lantas beliau bertanya apakah ia punya sesuatu untuk dijual. “Saya punya kain untuk selimut dan cangkir untuk minum ya Rasulullah,” jawab laki-laki itu.

Rasulullah pun kemudian melelang dua barang itu. “Saya mau membelinya satu dirham ya Rasulullah,” kata salah seorang sahabat.
“Adakah yang mau membelinya dua atau tiga dirham?” Inilah lelang pertama dalam Islam. Dan lelang itu dimenangkan oleh seorang sahabat lainnya.
“Saya mau membelinya dua dirham”

Rasulullah memberikan hasil lelang itu kepada laki-laki tersebut. “Yang satu dirham engkau belikan makanan untuk keluargamu, yang satu dirham kau belikan kapak. Lalu kembalilah ke sini.”

Setelah membelikan makanan untuk keluarganya, laki-laki itu datang kembali kepada Rasulullah dengan sebilah kapak di tangannya. “Nah, sekarang carilah kayu bakar dengan kapak itu…” demikian kira-kira nasehat Rasulullah. Hingga beberapa hari kemudian, laki-laki itu kembali menghadap Rasulullah dan melaporkan bahwa ia telah mendapatkan 10 dirham dari usahanya. Ia tak lagi kekurangan uang untuk menafkahi keluarganya.

Salman Al Farisi punya rumus 1-1-1. Bermodalkan uang 1 dirham, ia membuat anyaman dan dijualnya 3 dirham. 1 dirham ia gunakan untuk keperluan keluarganya, 1 dirham ia sedekahkan, dan 1 dirham ia gunakan kembali sebagai modal. Sepertinya sederhana, namun dengan cara itu sahabat ini bisa memenuhi kebutuhan keluarganya dan bisa sedekah setiap hari. Penting dicatat, sedekah setiap hari.

Nasehat Rasulullah yang dijalankan oleh laki-laki di atas dan juga amalan Salman Al Farisi memberikan petunjuk kepada kita cara dasar mengelola keuangan. Yakni, bagilah penghasilan kita menjadi tiga bagian; satu untuk keperluan konsumtif, satu untuk modal dan satu untuk sedekah. Pembagian ini tidak harus sama persis seperti yang dilakukan Salman Al Farisi.

mengelola uangKeperluan Konsumtif

- Advertisement -

Untuk soal ini, rasanya tidak perlu diperintahkan pun orang pasti melakukannya. Bahkan banyak orang yang menghabiskan hampir seluruh penghasilannya untuk keperluan konsumtif. Tidak sedikit yang malah terjebak pada masalah finansial karena terlalu menuruti keinginan konsumtif hingga penghasilannya tak tersisa, bahkan akhirnya minus.

Yang perlu menjadi catatan, bagi seorang suami, membelanjakan penghasilan untuk keperluan konsumtif artinya adalah memberikan nafkah kepada keluarganya. Jangan sampai seperti sebagian laki-laki yang menghabiskan banyak uang untuk rokok dan ke warung, sementara makanan untuk anak dan istrinya terabaikan.

Modal

Sisihkanlah penghasilan atau uang Anda untuk modal. Bahkan, kalaupun Anda adalah seorang karyawan atau pegawai. Sisihkanlah setiap bulan gaji Anda untuk menjadi modal atau membeli aset. Menurut Robert T. Kyosaki, inilah yang membedakan orang-orang kaya dengan orang-orang kelas menengah dan orang miskin. Orang kaya membeli aset, orang kelas menengah dan orang miskin menghabiskan uangnya untuk keperluan konsumtif. Dan seringkali orang kelas menengah menyangka telah membeli aset, padahal mereka membeli barang konsumtif; liabilitas.

Aset adalah modal atau barang yang menghasilkan pemasukan, sedangkan liabilitas adalah barang yang justru mendatangkan pengeluaran. Barangnya bisa jadi sama, tetapi yang satu aset, yang satu liabilitas. Misalnya orang yang membeli mobil dan direntalkan. Hasil rental lebih besar dari cicilan. Ini aset. Tetapi kalau seseorang membeli mobil untuk gengsi-gengsian, ia terbebani dengan cicilan, biaya perawatan dan lain-lain, ini justru menjadi liabilitas. Robert T Kiyosaki menemukan, mengapa orang-orang kelas menengah sulit menjadi orang kaya, karena berapapun gaji atau penghasilan mereka, mereka menghabiskan gaji itu dengan memperbesar cicilan. Berbeda dengan orang yang membeli aset atau modal yang semakin lama semakin banyak menambah kekayaan mereka.

Jangan dianggap bahwa aset atau modal itu hanya yang terlihat, tangible. Ada pula yang tak terlihat, intangible. Contohnya ilmu dan skill. Jika Anda adalah tipe profesional, meningkatkan kompetensi dan skill adalah bagian dari modal, bagian dari aset. Dengan kompetensi yang makin handal, nilai Anda meningkat. Penghasilan juga meningkat.

Sedekah

- Advertisement -

Jangan lupa sisihkan penghasilan Anda untuk sedekah. Mengapa? Sebab ia adalah bekal untuk kehidupan yang hakiki di akhirat nanti. Baik sedekah wajib berupa zakat maupun sedekah sunnah.

Apa yang dilakukan Salman Al Farisi adalah amal yang luar biasa. Ia bersedekah senilai apa yang menjadi keperluan konsumtif keluarganya. Jadi kita kita punya gaji atau penghasilan tiga juta, lalu kebutuhan konsumtif keluarga kita satu juta, kita baru bisa menandingi Salman Al Farisi jika bersedekah satu juta pula. Namun karena ada hadits Rasulullah yang menyebutkan bahwa sedekah satu bukit tidak dapat menyamai sedekah satu mud para sahabat, kita tak pernah mampu menandingi sedekah Salman Al Farisi.

Harta sejati kita yang bermanfaat di akhirat nanti adalah apa yang kita sedekahkan. Lalu mengapa kita membagi penghasilan kita menjadi tiga bagian; konsumsi, modal dan sedekah? Mengapa tidak semuanya disedekahkan? Sebab konsumsi dan modal sesungguhnya juga pendukung sedekah kita. Jika keperluan konsumsi kita terpenuhi, maka fisik kita relatif lebih sehat. Dengan fisik yang sehat, kita bisa beribadah dan bekerja yang sebagian hasilnya untuk sedekah. Mengapa perlu mengalokasikan untuk modal/aset? Karena ia akan semakin memperbesar pemasukan kita dan dengannya kita menjadi lebih mudah untuk bersedekah dalam jumlah lebih besar dan juga lebih banyak beramal. [Muchlisin BK]

- Advertisement -

77 KOMENTAR

  1. Yg wjib dulu prioritasin .. Zakat posisinya diatas sdekah .. Dn zakat adalah wajib … .. Jika dpet penghasilan .. zakatkan 2,5 % .. (Zakat mal)

    • A Spoonful of Federalism | Conservative Hideout 2.eti8230;Som0&#mes we get caught up in the events of the day and lose our way.  It’s easy to do in this current political climate when one issue after another is…

    • Olyannal tatzl¡koÃolt valaki, hogy update-nél kiírja a gép, hogy update not succesful, és utána restartol? Mindent úgy csináltam, ahogy a leírásban szerepelt.

    • กาแฟแบบเก่านี่หาดื่มยากแล้ว พวกรถเข็นกาแฟโบราณที่เห็นตามข้างถนนในกรุงเทพฯนี่เป็นแบบตั้งใจย้อนยุคทั้งนั้นจะหาเจ้าเก่าดั้งเดิมของแท้ก็ยากเต็มทีภาพที่ถ่ายมาเป็นสีนะ แต่พี่มาเปลี่ยนเป็นขาวดำ เพราะคิดถึงอดีต หน้าเก๋งนี่ไม่เงียบหรอกครับ กำลังดี . . . กำลังเพลินๆ

  2. Salman Al Farisi aja bisa kenapa kita tidak mencobanya,
    makasih atas motivasinya insya allah saya akan jalanin walau sedikit terlambat 🙂

  3. Saudaraku “MUCHLISIN BK”, insya Allah postingan anda ini menjadi amal ibadah. Sangat bermanfaat. Terimakasih dan sukses selalu ya?

    Nur Ahmadi / Kak Mad (Penemu Metode Baca Ajaib Tercepat Abad 21, SUBACA – 1 Jam Bisa Baca)
    SMS: 0823 3100 8817 / 0857 1344 8745.

  4. knp setelah menikah saya merasa rizky saya surut dan bnyk sekali pengeluaran yg mengakibatkan saya berhutang….gaji saya dan suami hanya untuk menutupi hutang lalu untuk makan sehari2 kami hrs berhutang …lalu bagaimana kami bersedekah….kami benar2 butuh solusi..

    • Nebeng sharing ya mbak….salam kenal….
      Waktu anak sy umur 21hari suami sy keluar dr pekerjaannya yg akibatnya sy pun jg hrs keluar kerja. Sy terpaksa nebeng ortu dl sambil menunggu kbr baik dr suami yg mengadu nasib di ibukota. 6 bln kami tdk berpenghasilan. Alhamdulillah asi sy lancar, jd tdk perlu beli susu. Ada hutang? So pasti…. jd lbh sering berantem? Ya iya lah….. tp kami jadi lbh kuat, lbh jarang mengeluh, fokus mencari solusi, dan bersyukur dg yg tjd kpd kami…. apa yg sering kami pikirkan, bisa jadi itu yg sll akan dikabulkan, shg kami sll berupaya utk berpikir positif agar yg diberi-Nya yg baik2…. 🙂
      Lalu bgmn kami bersedekah? Bukankah senyum saja sdh tmsk sedekah?

    • Maaf bukan menggurui, pernah saya terima saran dari kawan (Mujhidul-Muzhid = Bersungguh2 – Berhemat) maksudnya kita bekerja dengan sungguh2 di niati dengan ibadah untuk menafkahi keluarga dan berpola hidup yang hemat bersahaja.

      • Right now we only offer the spsdeerheat breakdown for past monthly expenses. Chart views for previous months is something we plan on doing at some point, though I don’t have a hard date for you. Sorry!

      • Change – you hit it! There are plenty of middle class black folk (and white folk too), who aren’t all that far from ‘the cheese line’ as you put it.With gas at $4, (I’m dreading the electric bill already!!) many folks are one paycheck away from it. Which is why I’m always suspect of folks who slam the “Sha-queens and LaTanyas” of the world. I think they know that ‘there but for the grace of God, go I'(And God ain’t all that graceful sometimes – no respecter of persons, and all that shiggety) (GnatnySrand – don’t get me…)

    • Masalah mbak sudah sering dibahas oleh uatadz yusuf mansur.,., silahkan cek di youtube.untuk mendengarkan ulasannya., insyaalloh masalah mbak akan beres,.,.

  5. Mohon bimbingan nya
    Andaikata kita memulai usaha dgn modal 10 juta
    Setelah ditotal seluruh untung + modal 11 juta
    Nah yg harus disedekahkan 1/3 bagian itu yg 11 juta nya atau yg 1 juta(keuntungan) nya saja…?
    Sedangkan modal yg 10 juta tersebut tidak bisa diuangkan(dalam bentuk barang/ alat)
    maaf saya masih awam…:)

    • Yang wajib dengan besaran tertentu (setelah mencapai nishab dan haul) adalah zakat mal. Sedangkan untuk sedekah, hukumnya adalah sunnah. 1/3 itu contoh yang dilakukan oleh Salman Al Farisi. Tidak harus sebesar itu, yang paling penting adalah membiasakan sedekah. Wallahu a’lam bish shawab

    • @dado , sma2 sharing ja, sy prnh tnya ttg zakat dr hsil pnjualn, yg diambil zakatny laba/keuntungnny ja, kalo modal g dhitung.. Bwt zkat yg dihitung stlh mncapai nisab, admin jg udh mnjlaskn ya. Jka belum smpai nisab mka lbh baik dsedekahkn.
      Jka keuntungnny 1jt dr 10juta, brrti lom smpe 1/3, msh 1/10. Kalo 1/3 dr 11juta dsedekahkn, untuk modal lg jd tinggl sktr 4jt, sdgkn mdal awl ja 10jt, jd 1/3 ny lbh baik dr hsil keuntgnny yg 1jt. Mhn maaf klo ad ksalahn, wallahu alam bi shawab

  6. Subhanallah sebuah ilmu yang di turunkan oleh suri tauladan umat sejak1400 tahun yang lalu, yang jarang di ketahui oleh kita sebagai umat islam, terima kasih banyak sangat bermanfaat sekali

    dari saudaramu motivasi

    • iis your temporary time off to craecntonte for Ramadhan…..i hold my orderremember me?i ordered 4 cakes with you beforethey are superb fantastic delicious :)Happy Ramadhan dear Yani 🙂

  7. Sedekah 1rbu terasa lebih berat dari beli es degan 4rbu. Astaghfirullahal’adziim. godaan Syaitan mmang begitu kuat.

  8. Waw. Motivasi yg bgus trimakasi.bismillah insya اَللّهِ akan. ̣̣̣̇̇̇S̤̥̈̊@̤̥̣̈̊̇γ̲̣̣̥ǎ̜̣̍ jalani?

    • Rasulullah tidak memiliki tabungan, Setiap kali dapat harta (termasuk ghanimah), beliau langsung mensedekahkannya. Sahabat yang tidak ‘bisa’ menabung misalnya Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu. Beliau juga begitu dapat harta, segera disedekahkan.

      Sebagian sahabat tentu saja memiliki tabungan. Namun seperti Utsman dan Abdurrahman bin Auf, sifat tabungan itu adalah bagian dari investasi. Wallahu a’lam bish shawab.

      • one thought: in the glraely window settings the thumbnail options are link thumbnail to image file or attachment page . It sounds like this is overwriting what the plugin should do: changing the image displayed. Also I noticed that the little colored rectangle associated with the thumbnail get stuck on the first one even when you hover on the other ones ?

    • Once you are jailbroken again, you install Cydia, then your apps can all be installed on a one by one basea.@Disn, Yes blackra1n will jailbreak your officially upgraded (3.1.2) 3GS

    • February 3, 2011 – 7:07 pm despite being an article from 09, still very relevant. Maybe even moreso now than before especially on points like #2, since google’s localisation etc.time or money, more you spend more success you get – so simple! Great read, cheers.

  9. Mamah dede@klw bayar hutang aja gk mampu jgn dipaksa bersedekah,krn brsedekah bagi yg mampu,tp lbh baik ada uang 10rb yg seribu disedekahkn utk menambah berkah harta kita,

  10. INSHA ALLAH…SUBHANALLAH.. sungguh mumbuat inspirasi dan motivasi untuk perubahan mengelola Wang yang baek

  11. Sya mngalami sm perciss spt al farisi…smpai saya n kluarga ga punya uang bhkn beras untuk mkn…sya cm mnangis n sholat…Alloh berikan sya jln jadi sales panci….alhamdulillah panci pertama yg laku saya sedekahkn….setelah itu Alloh ganti rzki sya mlimpah ruah… Tanpa prnah klaparan lagi …Allohuakbar

  12. Maaf saya mau nanya, misalnya kita punya gaji, dan menyisihkan 2,5 persennya untuk keperluan sedekah apakah itu dibenarkan, dan apakah setelah sedekah itu kita jg berkewajiban membayar zakat mal lagi yaa? Mohon maaf saya masih belum tahu mengenai hal ini. Terimakasih.

  13. sebelum nya sangat berterima kasih ini sangat berguna banget dan menjadi inspirasi bagi semua orang yg membaca nya. Artikel ini sungguh memberikan pelajaran kepada kita dan mengingatkan kepada kita gimana cara untuk memanagemen financial dengan efektif dan efisien, gunakan financial dengan sebaik2 nya karena dengan izin Allah SWT klu kita pandai menata secara administrasi insya Allah hidup akan tertata dan terarah amin.

    • Yes, I was referring to the code for the sufrepish nav, down the page. But strangely enough, now it works for me (with the test page I have created), even when the code is on . I will investigate it further, and will let you know.

  14. Assalaamu’alaykum..maaf mau tanya klo utk zakat mal 1 nisab itu setara dgn brp rupiah ya ustadz??trus maksudnya haul itu ap??syukron

  15. Salman Al-farisi salah satu sahabat Rasulullah yang saya kagumi karna kesederhanaan nya..luar biasa bahkan ketika beliau d angkat jadi pejabat..masih hidup sederhana

  16. Lovely plugin. I’ve been loikong for something like this! One suggestion for an improvement would be to have a way to display individual photo descriptions from the Alt tag. Then it would be super perfect!Thanks

    • yeah i know :3puffs of air. Stacy was a perfect opportunity to get comfortable. Let’s! That’s a beautiful womans breasts jean stated, whilst pulling off my cock as she jiggled beneath

    • earlier that the company is looking into it, but did not say when the service may be back up.Twitter appeared to be completely down starting 9 a.m. PT, according to monitoring site Down Right Now, but some users seemed to be able to access it as of 10 a.m. PT though not consistently.« Users may be experiencing issues accessing Twitter. Our engineers are currently working to resolve the issue, » the Twitter’s status blog posted early.According to the stats on Pingdom, this looks to be Twitter’s worst crash in months. We’ll update as we get more information.

    • Vale;thanks for the follow, i will follow back Sara;buhat shukria janab thanks for admiring..always Love your words!!Nilda;thanks, so sweet of YOU actually I just try *(*

    • been waiting for this all day. I go for very long walks and your long podcasts have been a big help. with cinemaslave on break this week, with movie blog only doing mail bags, with filmspotting not up till tomorrow, i needed you guys YEDTARSEYanyways i’m assuming to hear some things about transformers from Kurt that i’ll probably agree with based on some of his comments on other boards. man, that was one of the worst movies i’ve ever seen in my life. i’m amazed at the free pass people are giving this piece of shit.

    • slm kardeÅŸim banada davetiyr gönderirmisiz bir kaç tane terent sitesine üyeyim ama iÅŸimi görmüyorlar çok geç torentleri veriyorlar yani güncel deÄŸiller arena tr güncel olduÄŸunu duydum ve öneriler aldım eÄŸer elinizde varsa banada gönderirmisin çok iÅŸime yarar teÅŸekkürler mail adresim

    • Unfortunately, the internet has not eliminated greed and power-lust from the human psyche. The desire of those who control the automation and information empires to gain ever more power is a major problem as we move toward a labor-free world. My real fear is that we eventually end up with a world where a person’s value is determined solely by whether their ideas are marketable. Scary stuff ahead….

Comments are closed.

Terbaru

Keutamaan Membaca Ayat Kursi di Malam Hari

Ada dua waktu istimewa di malam hari untuk membaca ayat kursi. Kedua-duanya memiliki fadhilah alias keutamaan yang istimewa. Dua...

Pengakuan Bantal, Saksi Bisu Gersangnya Hubungan

Judul Pengakuan Bantal ini mengadopsi tulisan Dr Karim Asy Syadzili dalam bukunya, Kado Pernikahan. Isinya telah dikembangkan agar lebih relevan dengan kondisi...

Mengapa Muslimah Dilarang Cerita Kecantikan Teman pada Suaminya?

“Mas, temanku si Anita itu cantik banget. Ia rajin facial. Pakai skincare mahal..” Pernah mendengar kalimat seperti ini? Atau jangan-jangan Anda sendiri pernah ngomong...

Ini 32 Dosa Suami yang Meresahkan Hati Istri

Pernikahan adalah ibadah paling panjang waktunya. Jika sholat hanya sekitar 6 menit, sehari semalam hanya setengah jam. Puasa yang sehari 14 jam pun, hanya...