Wanita Hamil Boleh Berhubungan? Ini Jawaban Ulama dan Dokter Muslim

Apakah wanita hamil boleh berhubungan dengan suaminya? Adakah dalil dalam Al Qur’an atau hadits yang menyatakan boleh atau haramnya? Bagaimana pula pandangan medis mengenai hal ini?

Jawaban

Dalam Fatawa al Mar’ah pertanyaan serupa dikemukakan oleh seorang penanya dan kemudian dijawab sebagai berikut:

Boleh bagi seorang suami berhubungan dengan istrinya yang hamil karena Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

نِسَاؤُكُمْ حَرْثٌ لَكُمْ

“Istri-istrimu adalah seperti tanah tempat kamu bercocok tanam” (QS. Al Baqarah : 223).

Juga firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ

“Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka…” (QS. Al Mu’minun : 5-6)

Allah menyebutkan istri-istri secara umum. Tidak ada batasan kecuali nash yang melarangnya. Misalnya wanita haid dan nifas yang dilarang. Karena tidak ada larangan, demikian pula dalam hadits, maka wanita hamil boleh berhubungan.

Sedangkan dalam pandangan medis, seperti dijelaskan dr Abu Hana El-Firdan dan Ummu Hana El-Firdan dalam buku Konsultasi Kehamilan secara Medis dan Islam, sebaiknya pasangan suami istri menunda berhubungan pada trimester pertama kehamilan istri. Mengapa? Sebab pada saat itu kondisi ari-ari belum terbentuk sempurna sehingga bisa mengakibatkan keguguran bila terjadi kontraksi yang dahsyat, khususnya pada kehamilan yang beresiko tinggi. Misalnya pernah keguguran, atau pernah melahirkan prematur, atau pernah terjadi flek maupun pendarahan dan kram. Pada kasus ini lebih baik berkonsultasi dengan dokter.

Namun demikian, secara umum berhubungan tidak membahayakan janin asal tidak memberi beban ke perut ibu hamil.

Ditambahkan, kondisi paling aman untuk berhubungan adalah setelah umur kehamilan trimester pertama hingga tujuh bulan. Pada waktu ini, ibu hamil sudah rileks dan kondisinya sudah jauh lebih nyaman. Bahkan, hasratnya juga meningkat.

Wallahu a’lam bish shawab. [Keluargacinta.com]

Terbaru

Nikmat Terbesar di Dunia dalam Surat Ar Rahman

Dalam Surat Ar Rahman, Allah Subhanahu wa Ta’ala memaparkan demikian banyak nikmat-Nya. Sebab Dialah Ar Rahman (Yang Maha Pengasih) yang tak ada...

Tips Mengelola Cemburu Agar Cinta Tak Terganggu

Bagaimana mengelola cemburu agar cinta tak terganggu? Cemburu adalah rasa yang pasti ada dalam jiwa manusia yang punya cinta. Sebab cemburu adalah...

8 Langkah Istri Jika Suami Mengalami Puber Kedua

Puber kedua memang ada. Ia bisa dialami oleh pria maupun wanita. Namun yang paling sering dijumpai, puber kedua ini terjadi pada pria.

Baca Ayat Kursi, Mimpi Buruk Pergi dan Bangun pun Lebih Pagi

“Ummi, Hamzah nggak mau mimpi.” Tiba-tiba anak ketiga kami mengadu. Waktu itu ia masih duduk di bangku Playgroup. Setelah ngobrol lebih lanjut,...