15 Kriteria Suami Idaman (2)


Lanjutan dari 15 KRITERIA SUAMI IDAMAN

Taati Orang Tua

Jangan terima lamaran laki-laki yang durhaka. Jika terhadap orang tua yang sangat mulia dan agung jasanya sejak dalam kandungan hingga besar saja dia durhaka, siapa yang akan menjamin bahwa dia akan berlaku baik kepada Anda sebagai istri? Bukankah orang tua lebih layak diperlakukan dengan baik, dan orang baru yang mudah saja diceraikan.

Pastikan hal ini. Jangan main-main. Laki-laki terbaik ialah mereka yang paling memesona dalam memperlakukan orang tuanya, terutama ibu yang telah mengandung, melahirkan, dan merawat hingga dewasa.

Mandiri Secara Ekonomi

Hidup setelah menikah bukan hanya soal uang. Ada begitu banyak hal yang harus diurusi dan dipenuhi. Akan tetapi, tanpa uang, roda kehidupan akan sukar berputar. Papan, pangan, dan pakaian adalah kewajiban. Harus dipenuhi, meski dengan kadar paling minimal.

Seorang laki-laki Muslim yang mandiri adalah idaman. Sebab dia terbiasa mencukupi kebutuhan dirinya, bahkan dia menjadi yang terdepan dalam memenuhi kebutuhan ibu, orang tua, saudara perempuan, dan keluarga besarnya. Jangan mau dilamar oleh laki-laki manja.

Setara atau Lebih Baik dalam Pemahaman Agama

Ilmu amat penting dalam hidup rumah tangga. Tak bisa ditawar. Pengetahuan Islam menjadi sebuah keharusan bagi seorang istri yang mendamba bahagia dalam rumah tangga. Maka, pastikan bahwa suami Anda merupakan orang yang pemahaman agamanya bagus atau memiliki semangat baja dalam belajar dan memperbaiki diri.

Seorang suami yang baik pemahaman agamanya akan membimbing Anda menuju bahagia, berkah, dan surga. Insya Allah.

Punya Jiwa Kepemimpinan

Laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita karena kekuatan dan nafkah yang dia berikan. Seorang suami idaman akan memastikan bahwa dirinya berada dalam jalur kepemimpinan syar’i, dan bisa membimbing istrinya menuju bahagia di dunia dan keselamatan di akhirat.

Laki-laki yang memiliki jiwa kepemimpinan juga sangat berperan dalam pengambilan keputusan di sepanjang perjalanan rumah tangga. Dengan kepiawaiannya dalam memimpin, seorang laki-laki akan dihargai dan ditaati oleh istri-istri dan anak-anaknya.

Bertanggung Jawab

Seorang suami idaman tidak akan membiarkan istrinya bekerja di luar, sementara dirinya asyik menikmati jerih payah sang istri. Ia akan memberikan kemampuan terbaik dalam hal nafkah ini. Jika pun faktanya tak bisa mencukupi, seorang suami idaman akan terus berupaya hingga batas akhirnya. Ia juga akan bersinergi sehingga kelangsungan keluarga tetap berada dalam rel yang disyariatkan.[Pirman/Keluargacinta]

Bersambung ke 15 KRITERIA SUAMI IDAMAN (3)