Kiat Menemukan Pasangan Sejati (Bagian 2)


ilustrasi @chichaouapress
ilustrasi @chichaouapress

Sambungan dari Kiat Menemukan Pasangan Sejati

Setelah seseorang membiasakan diri dengan doa, istighfar dan aktivitas tobat lainnya, kiat berikutnya dalam menemukan pasangan sejati adalah ibadah dan berpikir positif.

3. Ibadah

Ibadah dalam hal ini terbagi dalam dua hal; ibadah ritual dan ibadah sosial. Keduanya memiliki peran yang amat penting bagi kualitas hidup seorang hamba. Ibadah menjelaskan tentang bagaimana seharusnya seseorang menjalin kedekatan hubungan dengan Allah Swt. Mudahnya lagi, Allah Swt telah memberikan aturan dan kiat yang jelas melalui Rasulullah Saw tentang bagaimana cara dalam beribadah.

Terkait ibadah ritual, ada banyak hal yang mesti dilakukan. Mulai dari pembiasaan, peningkatan kualitas hingga optimasi untuk menjalankan ibadah unggulan.

Pembiasaan dimulai dari ibadah yang wajib sesuai dengan kemampuan terbaik. Shalat lima waktu menjadi yang utama dalam hal ini. Bagi laki-laki, prioritaskan untuk berjamaah di masjid. Selain mendapat pahala berlipat, dalam shalat berjamaah terkandung siar Islam dan upaya mempererat hubungan persaudaraan sesama muslim.

Selanjutnya adalah mengupayakan ibadah sunnah unggulan. Mulai shalat rawatib, membaca al-Qur’an, dzikir sepanjang waktu, puasa senin kamis, ayyamul bidh atau daud, dan sebagainya. Dalam hal ini, lihat kapasitas diri untuk mencapai keistiqamahan. Karena jiwa setiap orang memiliki titik kejenuhan dalam tahap-tahap tertentu.

Jika hal ini sudah dibiasakan, selanjutnya adalah mengupayakan optimasi kualitas dan menggapai derajat unggulan.

4. Berpikir Positif

Banyak kasus ketika jodoh belum didatangkan, meski upaya sudah optimal. Dalam tahap ini, diperlukan kondisi keimanan yang prima agar seseorang tidak menghakimi dan terkesan menyalahkan Allah Swt. Dengan kualitas keimanan tersebut, keadaan belum datangnya jodoh justru akan membuat seorang hamba semakin dekat dengan-Nya.

Berpikir positif sendiri bermula dari kelapangan hati. Bahwa Allah Swt memiliki takdir yang terbaik untuk seluruh hamba-Nya. Dia sama sekali tak pernah berlaku zalim. Bahkan untuk mereka yang bermaksiat sekalipun, kemudahan kehidupan senantiasa diberikan. Apalagi bagi seorang yang taat dan mematuhi aturan dan perintah-Nya.

Berpikir positif akan membuat kehidupan seorang hamba semakin ceria. Meski hatinya berkabut, keyakinannya kepada Allah Swt amatlah sanggup untuk menghilangkan kabut itu. Apalagi ketika upaya mereka telah optimal. Mereka amat sadar bahwa yang terpenting adalah proses mengupayakan sebelum akhirnya mendapatkan hasil.

Berpikir positif, cepat atau lambat pasti membuahkan hasil yang amat menyenangkan. [Pirman]

(Insya Allah) Berlanjut ke Kiat Menemukan Pasangan Sejati (Bagian 3)